Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua Tombol Berbahaya di Laptop/Komputer Kita

Dua Tombol Berbahaya di Laptop Kita

CAHYOGYA.COM - Media berita aneka tips dan pengetahuan baru terlengkap. Tahukah anda bahwa ada 2 tombol berbahaya di dalam keyboard komputer kita?. Mungkin anda tidak sadar selama ini karena memang tidak terbiasa bersentuhan dengan dunia jurnalistik atau penulisan, tapi tahukah anda 2 tombol tersebut sering anda gunakan ketika mengetik atau menulis sesuatu. Jika anda bukan seorang jurnalis, penulis atau copy writer sebenarnya tombol ini tidak terlalu berbahaya, tapi jika dua tombol ini salah digunakan oleh seorang jurnalis atau copy writer akibatnya akan sangat fatal seperti apa yang sudah terjadi pada rekan saya berikut ini.

Selama menjadi wartawan ‘’Jawa Pos’’ sejak 1991, saya pernah satu kali merasakan pengalaman didemo massa karena sensitivitas rasa keagamaan masyarakat Surabaya.

Pengalaman itu terjadi pada 1991. Waktu itu, saya baru bekerja sebagai wartawan pemula sekitar dua bulan. Malam itu, saya tidak pulang ke rumah kos. Saya tidur di kantor karena harus mengetik feature hingga lepas subuh.

Sekitar pukul 10.00, kantor ‘’Jawa Pos’’ di Karah Agung, Surabaya Barat, sudah didatang sekitar 100 orang bersorban dan berbaju serba putih. Mereka bergerombol di depan pintu gerbang.

Jumlah demonstran terus meningkat setelah dzuhur. Hitungan saya lebih dari 3.000 orang. Kantor ‘’Jawa Pos’’ betul-betul terkepung. Halaman kantor penuh dengan demonstran.

Tanpa bertanya kepada mereka, saya segera tahu. Rupanya mereka sedang berdemonstrasi karena ada sebuah artikel yang terbit pada hari itu yang dinilai menyinggung rasa keagamaan umat muslim.

Saya masih ingat. Saat itu menjelang hari besar Maulid Nabi. Redaksi ‘’Jawa Pos’’ menurunkan sebuah artikel opini. Ternyata, ada kesalahan ketik pada artikel itu. Huruf ‘’n’’ pada kata ‘’nabi’’ terketik dengan huruf ‘b’’.

Memang posisi ‘’n’’ dan ‘’b’’ pada keyboard komputer berdampingan. Posisi kedua huruf itu memaksa semua wartawan, editor dan korektor harus ekstra hati-hati. Salah ketik bisa menimbulkan bahaya besar.

Demonstrasi akhirnya bubar menjelang magrib setelah Pak Dahlan Iskan sebagai direktur utama sekaligus pemimpin redaksi berdialog dengan pengunjuk rasa. Keesokan paginya, ‘’Jawa Pos’’ membuat berita klarifikasi ‘’kecelakaan’’ dalam pengetikan itu.

Secara internal, klarifikasi dianggap Dahlan belum cukup. Dahlan minta semua mencari solusi bagaimana cara mencegah agar peristiwa yang sama tidak terulang lagi. Dahlan menegaskan harus bisa mencari solusi karena tombol ‘’n’’ dan ‘’b’’ di komputer seluruh dunia memang berdampingan dari pabriknya.

Setelah berpikir keras, akhirnya ditemukan juga solusinya. Wartawan sebisa mungkin menghindari menulis kata ‘’nabi’’ dalam pemberitaan. Kata ‘’nabi’’ diganti dengan ‘’rasul’’. Kelima huruf itu, letak tombolnya tidak berdekatan. Kalau salah ketik juga tidak menimbulkan pengertian yang kontroversial.

Demonstrasi tahun 1991 itu masih terus saya ingat sampai sekarang. Pemilihan kata ‘’rasul’’ juga terus saya utamakan sampai sekarang. ‘’Selama pabrik komputer masih menempatkan tombol ‘n’ dan ‘b’ bersebelahan, risiko salah ketik yang fatal akan tetap terjadi. Semua wartawan harus ingat ini,’’ kata Dahlan yang terus terngiang sampai sekarang, setiap kali saya mengetik.

Rasa keagamaan setiap orang menjadikan tema agama menjadi tema yang sensitif dalam pengelolaan redaksi media massa. Hal ini sering luput dari perhatian para wartawan dan redaktur media, sehingga menimbulkan ketegangan dengan masyarakat.

Sudah beberapa kali terjadi ketegangan antara pengelola media massa dengan kelompok masyarakat, karena ketidakpekaan pengelola media tersebut terhadap rasa keagamaan masyarakat. Namun kasus serupa seakan terulang dan terulang lagi.

Kasus terbaru menimpa ‘’Jakarta Post’’. Koran berbahasa Inggris terbitan ‘’Kelompok Kompas Gramedia’’ yang berkantor di Jl Palmerah Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pada edisi 3 Juli 2014, ‘’Jakarta Pos’’ menurunkan sebuah karikatur editorial yang menyulut sentiment keagamaan umat Islam.

Pada hari yang sama, karikatur itu langsung menuai protes. Berawal dari protes perorangan melalui media sosial, kemudian berkembang menjadi protes kelompok masyarakat dan organisasi keagamaan.

Setelah menerima protes bertubi-tubi, pada 7 Juli 2014, redaksi ‘’Jakarta Post’’ menyatakan salah telah menerbitkan karikatur yang menyudutkan umat Islam. Redaksi ‘’Jakarta Post’’ akhirnya menyatakan mencabut karikatur itu.

Meminta maaf saja tidak cukup. Tanpa mau belajar tentang ”rasa keagamaan” masyarakat, kasus yang sama bisa terulang lagi. Bila ini terjadi, biaya sosial dan bisnisnya akan sangat mahal.



Hallo, cah yogya! Mari bergabung dengan kami di www.cahyogya.com. Kami mengajak anda untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam penyebaran informasi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Anda bisa mengirimkan artikel tentang potensi wisata atau informasi terkait dengan desa anda atau tempat yang menurut anda menarik. Artikel bisa dikirim via Email ke andy2dsd@gmail.com atau bisa menghubungi saya via menu contact. Trimakasih..


Update News By : Andy2dsd


2 comments for "Dua Tombol Berbahaya di Laptop/Komputer Kita"

  1. Iya, bener juga ya.
    saya juga sering salah dalam pengetikan n dan b

    ReplyDelete
  2. Emang, mesti hati2. Karena salah ketik bisa saja terjadi. Apalagi sekarang jamannya touchscreen, kemungkinan salah ketika jadi lebih besar lagi. Harus cek-cek ulang kalau beres ketik :D

    ReplyDelete