Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Homestay dan Wisata Rumah Budaya Tembi, Yogyakarta

Homestay dan Wisata Rumah Budaya Tembi, Yogyakarta


CAHYOGYA.COM - Media berita aneka tips dan pengetahuan baru terlengkap. Hari masih pagi. Anak-anak sedang sibuk berangkat ke sekolah, beberapa ibu mulai berbelanja di pasar, dan para petani mulai bekerja di sawah. Pagi itu, di pertigaan jalan setapak desa, sepasang wisatawan asing, lengkap dengan perlengkapan backpack sedang asyik mengamati peta Desa Tembi. Tangan mereka menunjuk beberapa gambar rumah, dan melihat ke arah jalan. Mereka sepertinya ingin jalan-jalan mengelilingi Desa Tembi. Apa ya yang mereka ingin nikmati? Keteduhan, keasrian, dan nuansa ndeso Jowo yang khas-lah yang ingin dinikmati mereka. Itulah kekhasan Desa Tembi yang teduh. Kawasan wisata di Bantul, Yogyakarta yang mulai dilirik dan diminati untuk dinikmati.


Desa Wisata Tembi terletak di Jalan Parangtritis km 8-11, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Sepintas, desa tersebut sama dengan desa lainnya. Suasana desa yang dihiasi sawah sana-sini, jauh dari kebisingan, dan teduh karena banyak pepohonan. Namun, saat menengok lebih dalam ke Desa Tembi, akan ada beberapa hal yang unik dan khas dari Desa Tembi.

Salah satunya adalah rumah limasan. Rumah adat Jawa tersebut memiliki atap berbentuk limas, dengan beberapa tiang di depan rumah. Bentuknya sederhana, tetapi sungguh njawani. Mayoritas penduduk Tembi mempunyai rumah bentuk limasan. Hal tersebut dapat terjadi karena ada niat untuk melestarikan rumah limasan. Selain itu, rumah limasan sudah menjadi ciri khas di Desa Tembi, sehingga saat ada pengunjung datang, langsung dapat merasakan aura Jawa yang hadir dalam rumah-rumah limasan.

Keunikan kedua adalah homestay. Desa Tembi memiliki 55 rumah homestay non AC dan tujuh rumah homestay AC. Para pengunjung dapat menginap di rumah penduduk dan dapat mengikuti kegiatan/pekerjaan tuan rumah. Semisal, tuan rumah homestay A bekerja sebagai petani, maka pengunjung dapat ikut ke sawah dan merasakan bekerja sebagai petani. Selain itu, kerahaman dan pelayanan penduduk menjadi pelengkap dalam wisata desa di Tembi. Makanan khas Desa Tembi menjadi suguhan kuliner bagi pengunjung.

Banyak hal yang ditawarkan oleh Desa Tembi. Ada homestay, outbond, kerajinan batik, art shop, berbagai upacara adat (wiwitan, ruwahan, selikuran, momongan, dll), monumen gempa, dan makam Kyai Diposono. Semua tawaran wisata tersebut dibalut dalam kerahaman penduduk, keasrian lingkungan, dan harga wisata yang terjangkau.

Akhirnya, Desa Tembi, Bantul, Yogyakarta menjadi alternatif wisata Anda selama liburan ini. Maka, ayo nikmatilah keteduhan dan keramahan Desa Tembi yang dibalut dalam homestay di rumah penduduk. Berikut adalah contac person yang dapat dihubungi 081392133205 (Pak Dawud). Jadi, Ayo Wisata ke Desa Tembi! Kenalkan budaya Jawa ke Anak-anak anda...





Hallo, cah yogya! Mari bergabung dengan kami di www.cahyogya.com. Kami mengajak anda untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam penyebaran informasi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Anda bisa mengirimkan artikel tentang potensi wisata atau informasi terkait dengan desa anda atau tempat yang menurut anda menarik. Artikel bisa dikirim via Email ke andy2dsd@gmail.com atau bisa menghubungi saya via menu contact. Trimakasih..



Update News By : Andy2dsd


Incoming search terms:

  • wisata yogyakarta
  • Desa tembi bantul Yogyakarta
  • rumah budaya tembi
  • homestay tembi
  • wisata jawa desa tembi

Post a Comment for "Homestay dan Wisata Rumah Budaya Tembi, Yogyakarta"