Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Trending Topic Twitter Ala Film #RepublikTwitter

republik twitter, cahyogya.com


CAHYOGYA.COM - Media berita aneka tips dan pengetahuan baru terlengkap. Twitter siapa yang tidak kenal Jejaring sosial microblogging ini, keterbatasan 140 karakter kata justru membuat setiap orang selalu ingin menulis disetiap kesempatan dan moment yang ada. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas fenomena yang sangat menarik di kalangan masyarakat Indonesia, yakni fitur Trend atau Trending Topic yang ada di Twitter dan tidak dimiliki oleh social media lain. Untuk itu saya akan mengupas tentang Cara Membuat Trending Topic Twitter Ala Film Republik Twitter yang dalam konteks sekarang ini Trending Topic di Twitter digunakan sebagai sarana Kampanye mulai dari Marketing, Branding hingga Politik.

Di dalam film Republik Twitter karya sutradara Kuntz Agus yang tayang tahun 2012 lalu dikisahkan ada seorang pemuda asal Jogja bernama Sukmo (Abimana Arya) yang tergila-gila pada twitter, berkenalan dengan Dyah Hanum (Laura Basuki) ketika sedang asik menggunakan media 140 karakter tersebut. Hubungan keduanya yang semakin dekat membuat Sukmo rela pergi dari Jogja ke Jakarta demi sebuah komitmen.

Saat itu, Sukmo harus menemui kenyataan bahwa dunia maya yang selama ini ia geluti berbanding terbalik dengan dunia nyata. Hanum sendiri merupakan seorang gadis cantik yang elegan, sementara dirinya hanya ganteng di timeline. Bekerja di warnet milik Belo Harahap (Edi Oglek) yang disebutnya sebagai kantor konsultan komunikasi, Sukmo berusaha menjadi laki-laki yang dipikirnya pantas mendampingi Hanum. 

Kisah di balik sebuah warnet itulah yang menjadi sebuah awal mula dari dibuatnya berbagai macam Trend atau Tranding Topic Twitter sesuai pesanan klien mereka. Dalam film Republik Twitter warnet tersebut milik Belo awalnya dia adalah pengusaha warnet yang bangkrut karena maraknya smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses Internet kemudian ia bekerja sama dengan Kemal Pambudi (Tio Pakusadewo) seorang praktisi dan Konsultan komunikasi. Bersama Kemal inilah Belo kemudian merubah warnetnya menjadi Biro Jasa Pengelolaan Akun Twitter dibawah kendali Kemal, dengan dibantu beberapa pekerja. Dalam beberapa waktu warnetnya pun berkembang sangat pesat.

Mendengar Sukmo yang sebelumnya dia kenal lewat twitter sedang berada di Jakarta, Belo langsung menghubungi dan meminta Sukmo untuk bekerja dengannya. Menurut Belo, Sukmo adalah salah seorang yang betah 24 jam bermain twitter selain itu dia sangat pandai mengolah 140 karakter kata sehingga bisa membuat pembaca tertarik dengan setiap tweet yang dia buat. Awalnya Sukmo hanya menjadi admin dari akun-akun penting mulai dari Selebritis, Pejabat, Politisi dll. Hingga Kemal meminta mereka untuk membuat Trending Topik Twitter dengan Hastag #ArifCahyadi. 

Arif Cahyadi merupakan pengusaha sukses yang tidak mau terjun ke dunia politik namun secara tidak langsung Kemal mempengaruhi Arif Cahyadi untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta melalui twitter yang disebutnya "Suara Twitter, Suara Rakyat".

Nah, cara membuat trending topic twitter yang digunakan Sukmo dkk. dalam film ini yaitu dengan berternak akun anonim, yang mencapai ribuan ditambah dengan menggunakan Jasa Buzzer di berbagai daerah. Modusnya Sukmo membuat tweet-tweet menarik dengan Hastag #ArifCahyadi kemudian akun anonim yang mereka buat me-reply dan me-retweet setiap tweet yang dibuat Sukmo dkk. Sehingga para pengguna twitter juga terpancing untuk mengetahui dan me-retweet kata-kata tentang #ArifCahyadi.  Memang fenomenal dan terlihat simpel, bahkan di Film tersebut hanya butuh waktu semalam untuk bisa membuat suatu hastag berada di urutan pertama Trending Topic di Twitter.

1. Daftar Buzzer pembuat Trending Topic Twitter

republik twitter, cahyogya.com

2. Kordinasi dengan Buzzer 

republik twitter, cahyogya.com


3. Ternak Akun Twitter Anonim

republik twitter, cahyogya.com


4. Warnet Tempat membuat Trending Topic

republik twitter, cahyogya.com


Setelah sukses dengan Trending Topic Twitter pertama dengan hastag #ArifCahyadi mereka kemudian diminta untuk membuat Trending Topic lagi dengan hastag #ArifCahyadi4DKI 1 dengan cara yang sama Sukmo dkk, membuat hastag ini menjadi trending topic di twitter lagi.

Beberapa waktu lalu saat masa kampanye Pilpres berlangsung secara tidak sengaja saya menemukan  kejadian semacam di Film Republik Twitter ini, Salah satu Hastag dukungan terhadap salah satu Capres muncul di Trending Topic. Memang sah-sah saja kampanye di twitter namun yang membuat lucu adalah hastag tersebut ternyata salah atau typo dalam menyebut capres tertentu. Suatu Hastag tidak mungkin tembus Trending topic jika yang membuat tweet hanya satu atau dua orang typo dalam menulis, tapi tidak masuk akal jika semua orang yang menulis hastag tersebut adalah ratusan bahkan ribuan orang melakukan kesalahan yang sama, kecuali hanya dilakukan beberapa orang dan dibantu akun twitter anonim/BOT seperti yang dilakukan Sukmo dalam film Republik Twitter. Saya tidak tahu apakah ada kesamaan tujuan atau tidak yang jelas hampir setiap Trending Topic yang ada di twitter saat ini adalah hasil dari sebagian orang untuk memenuhi pesanan klien mereka.






Hallo, cah yogya! Mari bergabung dengan kami di www.cahyogya.com. Kami mengajak anda untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam penyebaran informasi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Anda bisa mengirimkan artikel tentang potensi wisata atau informasi terkait dengan desa anda atau tempat yang menurut anda menarik. Artikel bisa dikirim via Email ke andy2dsd@gmail.com atau bisa menghubungi saya via menu contact. Trimakasih..



Update News By : Andy2dsd


Incoming search terms:

  • cara membuat trending topic twitter
  • trending topic twitter
  • membuat trending topic twitter
  • tren twitter

1 comment for "Cara Membuat Trending Topic Twitter Ala Film #RepublikTwitter"

  1. wuih mantep banget triknya ane jad pengen coba nih biar jadi trending topic..
    thanks triknya :)

    ReplyDelete