Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Drama 'Licik' Pemerintah Mengatur Kelangkaan BBM

Drama 'Licik' Pemerintah Mengatur Kelangkaan BBM

CAHYOGYA.COM - Mengapa BBM saat ini langka? permainan apa yang sebenarnya sedang dilakukan oleh pemerintah dibalik kelangkaan BBM subsidi bahkan Non subsidi pada akhir-akhir ini, berikut merupakan sebuah pandangan sederhana mengenai permainan yang sedang di mainkan pemerintah dalam isu kelangkaan BBM ini.




Luar biasa pemerintah licik juga yah mengatur "drama" kelangkaan BBM .. Polanya pukul rata kalo BBM itu jadi langka.. bukan lagi soal harga, spbu Shell banyak yang tutup.. bbm non subsidi ikut-ikut dibuat "terbatas" agar orientasi harga di hilangkan dari pikiran jadi orientasi yang penting ada!!. Saat bbm jenis apapun langka, menaikkan harga BBM berapapun akan tetap diterima warga, bahasa jawanya : "masih untung naik Rp xxx". Saya masih ingat saat beberapa tahun lalu pemerintah juga lakukan akal-akalan menggiring rakyat berpindah ke bbm non subsidi lewat campuran belerang di dalam premium.

Mesin-mesin mobil pada jebol (fuel pump) karena gunakan premium.. cara-cara seperti ini menurut saya terbilang kasar lah.. masa sama rakyatnya sendiri akal2an. Perbedaan harga BBM subsidi dan non subsidi dikisaran 40%, bbm non subsidi milik swasta ambil margin sekitar 15 % berarti gapnya 25%. Jika harga bbm non subsidi (pertamax) dikisaran 11 ribu/liter maka Harga dasarnya dikisaran 9500/liter dikurang harga subsidi 6500 =3000/ltr. Harga bbm non subsidi adalah harga keekonomian/standar pasar yang berlaku umum di pasar singapura, jadi mau berapapun kebutuhannya BBM dalam negeri pasti ada.

Jadi seharusnya jika pemerintah (mau jokowi or sby) berani naikkan bbm sekelas premium 9500/liter maka dipastikan stock akan melimpah Angka 9500/liter kita asumsikan pemerintah tidak keluarkan lagi subsidi langsung.. tetapi bertindak hanya sebagai fasilitator non profit tanpa mengambil untung!! Konsep penyediaan BBM di indonesia sebenarnya bisa belajar dari kasus kuota impor daging sapi.. buka aja krannya tanpa perlu kuota-kuota lagi. Tidak seperti kondisi sekarang, harga bbm dibiarkan menjadi liar.. keseimbangan harga pasar gelap didiamkan oleh pemerintah masuk kantong calo.

Saya sendiri gak habis pikir kalo nanti ada juga yang jualan bbm shell/pertamax menggunakan botolan dipinggir jalan.. mirip seperti premium subsidi. Jualan Pertamax botolan/eceran sangat beresiko karena nilai oktan yang tinggi sangat mudah terbakar.

Kalo modus pembatasan seluruh bbm ini gak selesai hingga 2-3 hari kedepan saya yakin rakyat bisa marah.. lebih baik permainan stock dihentikan!! Kita akui lah, kita sudah nyerah dgn paksaan pemerintah mengganti bbm subsidi kelak.. lebih baik pemerintah segera berhenti di permaianan ini. Jangan lagi rakyat dibodohi membeli bbm non subsidi dengan harga pasar gelap (botolan).. pemerintah tau tapi sengaja mendiamkan kejahatan ini pemerintah naikkin harga 1000-3500/liter efeknya tetap sama.. pasti ada aja yg demo protes.. jadi ngapain takut hajar aja ke kenaikan tertinggi. 

Mengenai kebijakan pemerintah dalam membatasi stok pasokan BBM ini saya rasa hanya akan memperburuk citra pemerintahan SBY jika terus dibiarkan sampai akhir tahun. Jabatan SBY sendiri habis pada pertengahan oktober saat rakyat mulai panik dengan kelangkaan BBM. Artikel ini akan saya sambung lagi mengenai sikap apa yang seharusnya diambil pemerintah Baru Jokowi kedepan dalam mensiasati kelangkaan BBM ini. 






Update News By : Andy2dsd

Incoming search terms:

  • kelangkaan BBM
  • strategi pembatasan stock bbm

Post a Comment for "Drama 'Licik' Pemerintah Mengatur Kelangkaan BBM"