Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Baru UGM Bentuk Lambang Negara Raksasa


CAHYOGYA.COM - Dalam acara penutupan PPSMB UGM yang berlangsung selama 7 hari ribuan mahasiswa baru UGM berkumpul di lapangan Grha Sabha Pramana untuk membentuk formasi garuda pancasila berukuran raksasa.





Perbedaan merupakan hal yang wajar dan kerap kali ditemui di Indonesia, mulai dari perbedaan agama, ras dan suku bangsa hingga bahasa. Kemajemukan seperti ini bukanlah merupakan suatu penghalang ataupun alasan bagi bangsa Indonesia untuk semakin bersatu dalam kesatuan NKRI. Semangat persatuan inilah yang coba dimunculkan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai kampus terbesar dan tertua di Indonesia untuk memupuk rasa persatuan dan persaudaraan di kalangan mahasiswa yang terdiri dari putra dan putri terbaik Indonesia. Sebuah ajang Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) yang digelar dari tanggal 18 hingga 24 Agustus 2014 ini ditutup dengan Parade Bhineka Tunggal Ika pada hari Minggu 24 Agustus 2014.

Kegiatan orientasi mahasiswa baru (ospek) di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, ditutup dengan atraksi pembentukan formasi burung Garuda Pancasila berukuran raksasa di lapangan Grha Sabha Pramana, Formasi yang dilakukan oleh 9.133 mahasiswa baru itu pun segera menyebar di media sosial.


Mahasiswa Baru UGM Bentuk Lambang Negara Raksasa, cah yogya

Mahasiswa Baru UGM Bentuk Lambang Negara Raksasa, cah yogya

Mahasiswa Baru UGM Bentuk Lambang Negara Raksasa, cah yogya

Mahasiswa Baru UGM Bentuk Lambang Negara Raksasa, cah yogya



Parade Bhineka Tunggal Ika ini diikuti oleh 9.133 mahasiswa baru UGM yang berbaris rapi di Lapangan Pancasila depan Graha Sabha Pramana UGM. Mahasiswa baru tersebut membentuk lambang Garuda Pancasila yang pada sisi-sisi sayapnya terbentang merah putih. Bentuk Garuda Pancasila yang tersusun rapi ini merupakan buah kerja keras mahasiswa baru UGM yang rela berdiri di atas rumput yang gersang dan terik matahari untuk membentuk formasi lambang garuda ini. Sedangkan untuk membedakan warnanya mahasiswa baru ini mengenakan topi caping atau topi petani yang melambangkan kesedarhanaan kaum petani yang notabene adalah mata pencaharian utama penduduk Indonesia sehingga Indonesia disebut sebagai Negara agraris.


Tujuan dari diadakannya kegiatan pembentukan formasi garuda pancasila raksasa oleh mahasiswa UGM ini tidak lain yaitu ingin menanamkan nilai kebangsaan yang lebih, sehingga  sebagai seorang mahasiswa nantinya bisa menjaga nilai-nilai pancasila tersebut di hadapan gempuran globalisasi yang semakin deras.




Update News By : Andy2dsd

Incoming search terms:

  • ppsmb ugm 2014
  • mahasiswa ugm 2014

2 comments for "Mahasiswa Baru UGM Bentuk Lambang Negara Raksasa"

  1. Replies
    1. gk hanya kreatif saja sob..
      namun menyatukan orang untuk bisa menjadi sosok garuda itu bukan hal yang gampang.. :D

      Delete