Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Cara Hemat Baterai Asus Zenfone Dengan Underclock

Trik Cara Hemat Batre Asus Zenfone Dengan Underclock

CAHYOGYA.COM - Apa itu underclock? underclock yaitu merupakan suatu metode untuk menurunkan kecepatan performa dari suatu processor biasa dilakukan pada PC atau ponsel Android. Underclock adalah lawan dari Overclock, dimana pada Trik Cara Baru Hemat Batre Asus Zenfone ini akan kita gunakan metode Underclock agar konsumsi baterai Asus Zenfone 4 5 6 menjadi lebih hemat dari sebelumnya.


Cara Hemat Baterai Android Asus Zenfone 4 / 5 / 6 



Perlu diketahui sebelumnya dengan melakukan proses Underclock ini berarti kita secara langsung menurunkan performa kecepatan dari processor Asus Zenfone 4 / 5 / 6 dari kondisi standar. Kita semua tahu kemampuan dan spesifikasi Asus Zenfone 4 / 5 / 6 ini sangat unggul di kelasnya masing-masing, namun keunggulan Zenfone ini ternyata terdapat pula kelemahannya, yang paling terasa yaitu pada kapasitas sumber daya atau baterai yang cukup kecil untuk mengimbangi keganasan performa dari smartphone canggih ini. Maka dari itu jika anda mencari cara untuk menghemat konsumsi baterai Asus Zenfone anda salah satunya adalah dengan cara melakukan underclock, seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.



Tips Menghemat Batre Zenfone dengan underclock

Langkah-langkah:

1. Kondisi Zenfone anda harus sudah di root ( Aplikasi "no frill cpu control" perlu akses root)
2.  Instal aplikasi "no frill cpu control" bisa di unduh di playstore
3. Pengaturan:
 - Set max nya dari 1.6ghz jadi 933 mhz (Untuk Asus Zenfone 5, 1,6 Ghz) Tipe lain menyesuaikan.
 - Governor nya pilih menu "interactive"
 - I/O nya jadi "noop"
 - Centang "apply on boot" agar kalo HH di restart tidak perlu setting ulang lagi.
klik apply dan akan muncul notif "success" jika sudah berhasil.



Hasilnya pada kinerja ponsel smartphone secara normal tetap smooth, scroll menu dll, bahkan untuk main game needforspeed tidak ada penurunan kualitas grafik yang berarti. Underclock ini salah satu cara menghemat batrai zenfone 5 yang sudah hemat menurut saya namun banyak yang mengeluh batrai boros inilah solusinya.


Trik Cara Hemat Batre Asus Zenfone Dengan Underclock


Trik Cara Hemat Batre Asus Zenfone Dengan Underclock


Untuk mengembalikan performa CPU ke default setting kembali seperti langkah-langkah diatas dengan default nya max: 1.6 Ghz (Zenfone 5)  | governor: ondemand | I/O: CFQ .

note: underclock ini akan menurunkan nilai antutu dan dan fps.

Kalau yang mau tau penjelasan tentang pengaturan dalam aplikasi "No Frill CPU" berikut saya jelaskan.

Governor
Dalam pengaturan governor, terdapat beragam opsi scalling yang bisa dipilih. Adapun masing-masing opsi tersebut memiliki fungsi yang bermacam-macam,

Recommended Pilihan Menu setting Governor :

Untuk Hemat Baterai gunakan opsi scalling ini: Interactive, Smartass, SavagedZen , PowerSave.
Untuk performa maksimal, gunakan opsi scalling ini: Minmax, Smartass V2, Lagfree , Perfomance
Untuk Perfoma Seimbang: SavagedZen, Ondemand, InteractiveX, Scary.


I/O Schedulers tidak begitu banyak menawarkan pilihan dan hanya sedikit yang terlihat, tapi percayalah mereka ada. Perbedaan yang bisa anda rasakan misalnya ketika membuka dan menutup aplikasi.

Nah, itu merupakan salah satu Trik Cara Hemat Batre Asus Zenfone Dengan Underclock yang bisa anda coba dan gunakan untuk menghemat konsumsi baterai smartphone Asus Zenfone 4 / 5 / 6 anda. Banyak yang sudah mencoba cara ini terutama para pengguna Zenfone 5 berikut sebagian testimoninya :

- "Kalo ane awal nya pmakaian normal 12 jam, skarang jadi 24 jam". Aldo-

- "Ni tips jitu bngt ane pun ngerasain,bisa lbh hemat, 8 Jam pemakaian,baterai msh 75% cmn bwt bbm , line , fb, data + sinkronisasi aktif, kecerahan cahaya auto (Os Kitkat)". Prima-

- "sebelum di underclock, game hd kaya most wanted, emu ppsspp lancar, tapi setelah set 933mhz jadi force close , setelah itu ane coba set 1333 bisa game nya, cuma ppsspp nya tetep force close". Wahyu-

Update News By : Andy2dsd