Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lembaga Sandi Negara Ungkap 5 Cara Hacker Mencuri Password Sosmed

Lembaga Sandi Negara Ungkap 5 Cara Hacker Mencuri Password Sosmed

CAHYOGYA.COM - Lembaga Sandi Negara atau Lemsaneg baru-baru ini merilis tentang berbagai cara Hacker dalam mencuri password akun social media. Bagaimanakah cara hacker dalam mencuri akun social media kita, berikut apa yang disampaikan Lembaga Sandi Negara.




Di Twitter Lembaga Sandi Negara Ungkap 5 Cara Hacker Mencuri Password Social Media





Beberapa waktu lalu ada info yang cukup menarik yang dirilis oleh Lembaga Sandi Negara atau Lemsaneg ( Profil Lembaga Sandi Negara via wikipedia ) melalui akun twitternya di @Lemsaneg_RI. Informasinya sangat menarik semoga bisa bermanaat bagi sahabat semua. 

Hacker merupakan sebuah julukan bagi seseorang atau sekumpulan orang dari tindakan pencurian atau pengubahan data milik orang lain yang ada di Internet, baik itu website, online shop, ataupun akun Social media. Seperti yang sudah kita ketahui berkembangnya kemajuan teknologi selain membawa pengaruh positif juga ada sisi negatifnya bagi kita sebagai user. Sistem keamanan di Internet yang sangat dinamis membuat selalu ada celah yang bisa ditembus oleh orang-orang tertentu. 

Akun sosial media termasuk yang paling rawan terhadap upaya peretasan atau pencurian password. Pagi menjelang siang ini, saya ingatkan kembali lima hal yang sering dilakukan para pencuri password atau password hacker yang setiap saat mengintai para korbannya di Internet. Kurang teliti atau ceroboh sedikit saja akun sosial media kita raib diambil oleh para Hacker ini. Berikut 5 Cara Hacker Mencuri Password Sosmed seperti yang diungkapkan oleh Lembaga Sandi Negara.


  1. 1. Guessing. Mencoba menebak password-password yang berbeda sampai ada satu password yang dapat bekerja.
  2. 2. Brute forcing. Mencoba kombinasi dari seluruh karakter sampai ditemukanlah satu password yang benar . 
  3. 3. Dictionary attack. Menggunakan daftar kata yang sudah dikenali, biasanya kata yang digunakan dalam kamus populer. 
  4. 4. Shoulder surfing. Dengan cara melihat seseorang ketika mengetikkan password-nya, dengan kata lain mengintip. 
  5. 5. Social engineering. Mendekati seseorang agar ia memberitahukan password atau informasi lainnya yg bs untuk menebaknya.



Dengan mengetahui lima hal itu, kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan akun-akun pribadi atau akun perusahaan yang membawa nama baik kita secara pribadi atau institusi. Sebagai tips saya sarankan anda mengganti password akun social media secara berkala dengan kombinasi unik dan sukar ditebak. Selain itu ketelitian dan pengetahuan mendasar yang anda miliki tentang web phising akan sangat berguna bagi anda untuk tidak terjebak dengan ulah usil para Hacker ini. Terima kasih telah menyimak artikel ini. Sukses selalu untuk Anda.


Baca Juga:

Beginilah Cara Hacker Mencuri Password Facebook Anda
Inilah Cara Rahasia Hacker Mengambil Alih Akun Twitter Anda 
Cara Merubah Tampilan Beranda Facebook 2015
Trick Mengetahui Siapa Yang Sering Melihat Profil Twitter Kita


Update News By : Andy2dsd