Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Makan Enak di Jogja: "Soto Ijo" Ditemani Es Kunir Asem Segar

Soto Ijo Monjali, cah yogya


CAHYOGYA.COM - Warung Soto Ijo yang terletak di daerah Monumen Jogja Kembali Jogja ini merupakan salah satu tempat favorit bagi para penikmat soto di Jogja. Letaknya yang tidak jauh dari kampus UGM menjadi salah satu alternatif makan siang yang murah-meriah namun tetap enak bagi mahasiswa!.



"Soto Ijo" Monjali Makan Siang Enak di Jogja Ditemani Es Kunir Asem Segar


Siang hari yang panas di Jogja membuat kita ingin menikmati segelas minuman dingin yang segar. Tapi jika dirasa perut juga sudah lapar, tidak ada salahnya jika anda langsung bergegas menuju sebuah tempat yang berada di sekitar Monjali ini.

“Soto Ijo Monjali”, itulah nama warung yang beberapa hari lalu saya datangi atas rekomendasi seorang teman. Letaknya tak jauh dari kampus Universitas Gadjah Mada, kira-kira sekitar 10 menit ke utara melewati kawasan Pogung. Soto Ijo Monjali ada di Jalan Tirta Marta, atau lebih tepatnya di sebelah timur PDAM Gemawang.

Sesuai namanya, tempat ini menyediakan menu soto sebagai menu andalan dan satu-satunya. Nama “Monjali” diambil karena Jalan Tirta Marta merupakan salah satu persimpangan dari Jalan Raya Monumen Jogja Kembali (Monjali). Sementara nama “Ijo” bukan berarti soto yang dijual berwarna hijau tapi karena warungnya lebih didominasi dengan warna hijau mulai dari spanduk nama, kursi, alas meja, gerobak tempat meracik soto hingga dindingnya yang terbuat dari bambu bercat hijau. Warungnya lumayan besar terdapat beberapa meja dan kursi serta tempat untuk lesehan yang semuanya bisa menampung sekitar 30 orang sekaligus.

Begitu tiba saya langsung memesan semangkuk soto dengan isian daging sapi. Selain daging sapi disini ada juga isian babat, iso atau campuran. Soto Ijo Monjali juga menyediakan soto ayam, meskipun demikian juaranya tetap soto daging sapi. Sementara untuk minuman cukup komplit mulai dari teh, kopi hingga minuman jamu seperti beras kencur dan kunir asem. Semua bisa dipesan dingin dengan es atau panas. Siang kemarin saya memilih segelas es kunir asem untuk melepas panas Jogja.


"Soto Ijo" Makan Siang Enak di Jogja Ditemani Es Kunir Asem Segar


10 menit kemudian semangkuk soto sapi dan segelas es kunir asem pesanan saya tiba di meja. Saya lebih dulu menenggak es kunir asemnya. Siang itu cuaca Jogja cukup panas dan es kunir asem ternyata jadi pilihan yang pas. Warna kuning menyala dan jejak asamnya cukup terasa, berpadu dengan rasa khas kunyitnya yang menggigit di tenggorokan. Terlacak juga sedikit rasa manis sebagai penyeimbang tambahan es batu membuatnya semakin segar diminum saat siang hari.

Semangkuk soto di warung Soto Ijo monjali ini berisi nasi, irisan daun kol dan tauge. Dilengkapi dengan taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Semuanya disiram dengan kuah yang masih panas dan dimasak di atas tungku arang.

Kuahnya berwarna bening, meskipun demikian rasanya cukup kaya, ada jejak rasa rempah dan kaldu sapi yang asin dan manis. Ditambah sedikit kecap membuatnya semakin gurih. Tak ketinggalan daging sapinya yang empuk. Tampilan warna merah pada daging sapi terkesan seperti belum matang tapi setelah digigit ternyata crispy dan tidak alot. Menyantapnya bersama daun kol dan tauge sungguh nikmat. Jika suka rasa asam bisa ditambah dengan perasan jeruk yang tersedia di setiap meja.

Untuk menemani semangkuk soto yang sedap, ada juga aneka lauk dan gorengan seperti sate telur puyuh, tahu, sate usus, kacang goreng, tempe goreng, bakwan, lumpia dan kerupuk. Saya menambahkan tempe goreng sebagai teman soto ijo ini, Karena selain penggemar olahan kedelai tersebut, tempe di tempat ini juga cukup enak. Bahkan dari sekian banyak lauk yang tersedia disini, ternyata tempe gorenglah yang paling cepat habis dinikmati pembeli.

Tempat Makan Siang Enak dan Murah di Jogja


Hanya 20 menit saya melahap habis semangkuk soto sapi dan segelas es kunir asem di warung “Soto Ijo Monjali” kemarin. Lidah dan perut semua terpuaskan. Semangkuk soto sapi, 3 buah tempe goreng dan segelas es kunir asemnya cukup saya bayar Rp. 10.500.

Tertarik untuk mencoba? Tak hanya ramai di jam makan siang, warung soto ijo monjali ini juga sesak pembeli di pagi hari. Mulai buka pukul 06.00 pagi dari Senin-Sabtu. Tempat ini juga menjadi tempat favorit sarapan banyak orang terutama penikmat soto. Bagi anda yang ingin menikmati soto ijo monjali ini sebaiknya datang sebelum pukul 15.30 agar tidak kehabisan semangkuk soto yang sedap ini. Selamat menunaikan ibadah makan enak.


Pict: @_hendrawardhana
Follow Twitter @CAHYOGYACOM