Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Standar Jumlah Post di Homepage Suatu Blog?

Berapa Standar Jumlah Post di Homepage Suatu Blog?


CAHYOGYA.COM - Banyaknya jumlah posting artikel yang ditampilkan pada halaman depan suatu website atau blog ternyata mempengaruhi sikap pengunjung dan penilaian terhadap blog kita. Lalu berapa standar jumlah artikel yang seharusnya ditampilkan di homepage blog kita?



Jumlah Artikel di Halaman Awal Sebuah Blog


Homepage atau halaman awal dari suatu blog biasanya berisi daftar artikel terbaru dari blog tersebut, selain itu juga terdapat widget-widget yang menampilkan artikel berdasarkan kategori tertentu sehingga dapat menarik pengunjung yang datang ke blog kita. Walaupun sebagian blogger menganggap homepage atau halaman awal dari blog mereka kurang berpengaruh bagi pengunjung, tetapi justru melalui tampilan awal dari suatu blog lah pengunjung bisa melihat dan menilai gambaran isi dari sebuah blog.

Rata-rata blogger di Indonesia menggunakan template tipe magazine yang sangat digemari, template jenis ini banyak disukai karena selain memberikan tampilan yang profesional juga memiliki kelebihan mampu menampilkan banyak artikel, baik melalui postingan utama, maupun widget-widget tambahan lainnya seperti post berdasarkan kategori, artikel populer, serta posting acak atau random post.

Penggunaan template jenis magazine ini pun mempengaruhi banyaknya jumlah postingan yang ditampilkan di halaman awal suatu blog. Rata-rata blog Indonesia sekarang ini menampilkan 6 sampai 9 postingan utama di homepage mereka. Jumlah tersebut masih tergantung pada jenis template yang digunakan.

Artkel utama yang ditampilkan di halaman awal tersebut pada umumnya masih didukung oleh berbagai widget yang memudahkan pengunjung blog untuk bisa melihat artikel lain diblog tersebut, contohnya seperti beberapa widget yang sudah saya sebutkan diatas. Adanya widget-widget tersebut terbukti cukup membantu mempercantik tampilan blog dan membantu pengunjung untuk memindai isi blog sekaligus sebagai sarana promosi artikel-artikel unggulan dari si pemilik blog.

Maka, secara keseluruhan dari halaman awal sebuah blog pengunjung bisa melihat setidaknya 20-30 judul artikel.

Bagaimana dengan website portal berita? Meskipun di Indonesia tidak banyak jumlah website portal berita yang memiliki wartawan pencari berita, website dengan topik berita pada umumnya menampilkan 50 sampai 90 postingan dalam homepage atau halaman awal mereka.

Tidak heran memang, untuk situs portal berita mereka mempunyai pencari berita yang dituntut untuk mengabarkan situasi dan kejadian secara real time di seluruh negeri, sehingga banyaknya artikel yang muncul di halaman awal website akan mempermudah pengunjung untuk memilih topik berita.

Yang perlu diperhatkan dalam menentukan jumlah standar postingan di homepage yaitu kecepatan loading blog itu sendiri. Sialnya semakin banyak jumlah artikel yang ditampilkan di halaman awal akan menambah berat proses loading blog. Bagi blogger tentu kenyamanan pengunjung dalam mengakses blog harus diutamakan, semakin cepat blog diakses maka pengunjung akan semakin betah berlama-lama di blog kita.

Sampai saat ini jumlah artikel diataslah yang cukup efektif dan efisien digunakan di blog Indonesia. Kedepannya mungkin akan semakin menarik karena dengan kecepatan internet yang semakin meningkat memungkinkan bagi seorang blogger untuk memberikan tampilan semaksimal mungkin artikel utama di halaman awal website atau blog mereka, sehingga pengunjung akan dimudahkan dalam memilih artikel blog yang paling menarik.

Berikut merupakan langkah-langkah Cara Membuat Blog yang bisa diikuti jika Anda mau mencoba eksperimen diatas namun belum memiliki sebuah blog atau website.


Follow Twitter @CAHYOGYACOM