Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Akun Resmi Social Media Kraton Jogja

Inilah Akun Resmi Social Media Kraton Jogja


CAHYOGYA.COM - Kraton Jogjakarta merupakan salah satu pusat pemerintahan tertua di Indonesia. Bahkan Kraton Ngayogyakarta berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X saat itu sebagai raja Jogjakarta juga berperan dalam berdirinya tanah air.



  Kraton Jogja Rilis Akun Social Media



Sampai saat ini tidak banyak kerajaan yang masih berdiri dan bertahan di era modern, pemerintahan monarki dianggap tidak sesuai untuk saat ini dan lebih memilih menggunakan sistem pemerintahan demokrasi, begitu juga di Indonesia.

Namun, di Yogyakarta eksistensi Kraton dan pemerintahan yang dipimpin oleh seorang raja masih berlanjut dan berkembang sampai sekarang, dengan sistem pemerintahan itu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bisa bertahan sampai sekarang dan menjadi salah satu kota besar di Indonesia.

Baca Juga : 3 Kriteria Memilih Suami ala Putri Raja Jogja  

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai tempat tinggal raja atau sultan juga merupakan suatu institusi penyangga kebudayaan jawa pada khususnya. Kraton saat ini merupakan pusat sumber budaya Jawa yang patut di jaga,  kebudayaan yang merupakan warisan milik bersama, sudah sepatutnya kita jaga bersama-sama.

Berdasarkan struktur organisasinya, akun resmi sosial media milik kraton Jogjakarta dikelola dibawah Penghageng Tepas Tandha Yekti, bertindak sebagai fungsi administratif, Tepas Tandha Yekti dibawah langsung Kawedanan Hageng Panitrapura, sebuah Kawedanan Hageng yang berfungsi sebagai sekretariat utama yang berwenang melaksanakan surat-menyurat hingga menerbitkan berbagai perizinan kegiatan di lingkungan Kraton Jogja dengan masyarakat luas.

Penghageng Tepas Tandha Yekti adalah GKR Hayu dengan Wakil Pengageng KPH Yudahadiningrat. Berkaitan dengan media informasi resmi, Kraton Jogja memiliki akun social media diantaranya yaitu:

twitter: @KratonJogja_ 
Facebook: Kraton Jogja 
Instagram: @KratonJogja_ 

Akun sosial media resmi milik kraton Jogja ini berfungsi sebagai sarana berbagi informasi berbagai kegiatan yang akan, sedang maupun telah berlangsung di Kraton Jogja. Dengan demikian Kraton Jogja dapat semakin dekat dengan masyarakat luas, khususnya warga Jogja. Ini menjadi salah satu hal baik agar masyarakat bisa lebih dekat dengan Kraton Jogja dan bisa menjadi sarana edukasi tentang budaya Jawa dan kegiatan yang ada di dalam kraton.

Follow Twitter @CAHYOGYACOM