Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Vlog? Dan Misi Memvisualkan Jogja Melalui Vlog


CAHYOGYA.COM - Mayoritas orang di Internet cenderung malas untuk membaca keseluruhan berita/tulisan yang tidak disertai gambar dan ilustrasi. Maka tidak heran jika Vlog atau Video blogging cenderung lebih cepat diterima dan digemari oleh para pengguna internet, khususnya di Indonesia.

 


Subscribe Channel Cah Yogya di Youtube, Jangan Lupa!




Ketertarikan saya dengan vlog hampir sama dengan ketertarikan saya dengan dunia blog. Yah, bisa dibilang 11:12 lah, karena keduanya memang saling melengkapi dalam media jurnalistik. Belakangan saya sangat bersyukur ketika melihat trend positif antara Blog dan Vlog yang bisa dikombinasikan menjadi satu sajian entertainment dan edukasi yang sangat menarik.

Trend vlogging atau vlog saat ini semakin santer dikalangan netizen tanah air. Kelebihan dalam menampilkan visualisasi secara langsung dan interaktif, membuat vlog lebih cepat diterima oleh masyarakat Indonesia daripada blog yang umumnya lebih sulit dicerna. Hal ini tentu saja semakin memotivasi dan membuka peluang bagi para video creator baik begginer maupun profesional untuk berlomba-lomba menampilkan karya terbaik mereka masing-masing.


Apa itu Vlog? Dan Misi Memvisualkan Jogja Melalui Vlog


Sheryl Sheinafia, Bayu Skak, Dian Pelangi dan Goenrock adalah sebagian kecil contoh dari ratusan, bahkan ribuan video creator Indonesia yang kini mulai menuai popularitas. Tahu berapa pendapatan mereka sekarang?. Percayalah, untuk bisa seperti sekarang, mereka juga perlu bekerja keras dari bawah. Tidak ada yang namanya kesuksesan instan!.

Kalau bicara masalah kesuksesan memang masih sangat relatif, saya jadi ingat beberapa waktu lalu ketika lagi boming-bomingnya blogging. Ya, Pada awal-awal kemunculan blog, waktu itu juga ada blogger hits yang sangat terkenal dikalangan blogger, sebut saja Raditya dika, Bena kribo, dll. Sekarang mereka juga nggak mau kalah nih dengan generasi vlogger. Serial video mereka sudah banyak yang terkenal, bahkan kalau boleh saya bilang, vlog mereka lebih terkenal dari blog mereka sendiri. hehehe..

Di Jogja sendiri ada banyak video creator, yang lagi nge-hits belakangan ini yaitu vlog dari Mas Erix Soekamti. Tidak hanya terkenal dikalangan fans saja, Vlog yang diberi judul Diary Of Erix Soekamti (DOES) milik pentolan grup musik Endank Soekamti ini banyak mencuri perhatian dari masyarakat dan menginspirasi teman sesama musisi untuk melakukan hal serupa.


Bahkan Giring NIDJI dan Armand Maulana juga bikin vlog lho, kamu nggak pengen?



Nah, saya juga sangat tertarik dengan Vlog ini. Apalagi peluang untuk terjun di dunia video creator ini sangat dinamis, semua orang bisa masuk dan terlibat didalamnya. Dan yang paling penting nantinya Vlog yang akan dibuat diharapkan bisa lebih mengangkat kearifan lokal dan spot-spot menarik yang luput dari pemberitaan media mainstream. Mau eksis dengan bikin vlog ala publik figure sih boleh saja, nggak ada yang nglarang!. Tetapi saya lebih memilih vlogging seputar hal-hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk banyak orang, dan itu akan saya mulai dengan memvisualkan Yogyakarta melalui Vlog.



Subscribe Channel CAH YOGYA di Youtube : disini
Follow Twitter @CAHYOGYACOM