Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Lokasi Populer Menikmati Gemerlap Dunia Nightlife Yogyakarta


CAHYOGYA.COM - Perburuan lokasi untuk menikmati Yogyakarta nightlife oleh para turis asing dan lokal menjadi sangat menarik ketika kota ini tidak memiliki tradisi dan budaya gaya hidup hedonisme. Kesederhanaan dan nilai-nilai tradisional justru membuat Jogja menjadi salah satu kota dengan sajian dunia malam yang unik dan berbeda dari kota-kota lain di dunia.



Menikmati Dunia Nightlife Ala Yogyakarta



Dunia malam atau nightlife merupakan salah satu hal yang sangat identik dengan budaya barat, pesta pora sepanjang malam, minuman keras, serta wanita. Karena kebiasaan di negara barat selalu ditampilkan dengan hal-hal tersebut, pandangan ini sudah menjadi stereotipe bagi masyarakat Indonesia.

Seringkali para turis ini membawa kebiasaan aktivitas dunia malam/nightlife tersebut dimanapun mereka berada. Sebagai kota wisata di Indonesia bahkan Asia, Jogja mau tidak mau juga perlahan mulai menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh turis, dengan tujuan agar mereka tetap betah dan mau datang kembali ke kota ini.


4 Lokasi Populer Menikmati Gemerlap Dunia Nightlife Yogyakarta



Kehidupan malam di Yogyakarta memang tidak segemerlap kota-kota lain di Indonesia. Sebagai salah satu kota wisata di Asia Tenggara Jogja bukanlah tempat yang cocok bagi turis yang ingin menikmati wisata malam mereka dengan party di pub atau bar dengan ditemani sebotol vodka. Hal ini sangat berbeda jika kita bandingkan dengan tempat-tempat wisata di negara tetangga, dimana penjualan minuman keras boleh beredar secara bebas.

Di beberapa kota di Asia Tenggara mereka memiliki reputasi tersediri untuk wisata malam, Bangkok terkenal dengan adanya klub-klub liar dan lady show yang banyak menarik minat wisatawan, begitupula dengan Singapura dan Malaysia, kedua negara tetangga ini bahkan menyediakan wadah khusus bagi para penggemar dunia nightlife.

Bahkan jika dibandingkan dengan Jakarta, dunia nightlife Yogyakarta masih bukan lawan yang seimbang. Citra Yogyakarta memang tidak cocok dengan dunia nightlife. Seperti kita tahu, Jogja terkenal dengan budaya tradisional Jawa yang sangat kental, julukan sebagai kota pelajar juga sedikit banyak berpengaruh terhadap perilaku masyarakat Jogja yang sederhana dan mementingkan budaya ketimuran.

Namun tahukah anda, Kerhidupan dunia malam di Yogyakarta atau Yogyakarta Nightlife mempunyai ciri khas tersendiri. Memangnya dunia malam atau nightlife itu harus identik dengan mabuk-mabukan atau main wanita?? Setidaknya artikel kami tentang dunia nightlife ala Yogyakarta bisa memberi kamu alternatif lain menikmati suasana malam hari.


Berikut adalah 4 tempat eksotis untuk menikmati dunia Nightlife di Yogyakarta:




  • 1. Menikmati Pertunjukan Ramayana Ballet di Candi Prambanan


Tempat eksotis pertama dari 7 tempat yang saya rekomendasikan adalah Candi Prambanan. Jika kamu sudah bosan dengan suasana candi prambanan di siang hari, menikmati  SendraTari Ramayana pada waktu malam hari di kompleks Candi Prambanan merupakan suatu hal yang epic. Drama kolosal tanpa dialog yang digelar disini memiliki sensasi Yogyakarta Nightlife yang nggak bakal bisa di temukan di tempat lain. Dipentaskan dengan tata lampu yang apik serta berada di sebuah panggung terbuka dengan latar bangunan candi hindu terbesar di Indonesia, dan penontonya pun tidak hanya berasal dari wisatawan lokal, sensasi nightlife apa lagi yang mau kamu cari?


  • 2.  Melihat Pemandangan Epic Jogja Malam Hari di Bukit Bintang


Jika kamu hobi clubing dengan suasana remang-remang dan gemerlap lampu khas diskotik, cobalah sesekali pergi ke bukit bintang. Disana memang tidak ada pub/club tetapi ada sebuah tempat dimana kamu bisa menikmati gemerlap kota Jogja dari atas.


  •  3. Alun-alun Selatan Jogja, Tempat Menguji Keberuntungan


Terletak tepat di belakang kraton Yogyakarta, Alun-alun selatan adalah salah satu pusat dunia nightlife di Yogyakarta. Bisa dibilang hampir setiap malam, terutama malam minggu tempat ini akan dipenuhi oleh warga Jogja. Disini kamu bisa bersantai menikmati segelas wedang ronde dan nasi kucing yang banyak dijual, atau kamu bisa juga berkeliling dengan menaiki sepeda yang dibentuk sangat unik dan di beri lampu.

Kalau kamu ingin melakukan aktivitas yang sedikit menantang, cobalah tradisi "Masangin", disini kamu bisa menguji seberapa besar konsentrasi dan keberuntungan kamu, dengan cara berlari sambil menutup mata untuk melewati dua buah pohon beringin yang sudah berdiri selama ratusan tahun. #FYI: Konon, jika kamu berhasil melewati jalan tengah ini artinya kamu memiliki hati yang bersih sehingga permintaannya bisa terkabul. Kurang epic apalagi coba? selain stres hilang, jika beruntung keinginanmu juga bisa tekabul!.


  • 4. Pertunjukan Wayang Kulit


Salah satu tempat favorit untuk menikmati gemerlap dunia malam dari kakek-kakek kita dulu adalah menonton pagelaran wayang kulit. Sewaktu kecil saya sering diajak kakek untuk menonton pertunjukan ini, damn! acaranya bener-bener semalam suntuk dan nggak ada pergantian pemain dari DJ ehh.. dalang selama semalam itu.. Amazing!

Selain itu biasanya banyak juga para penjual kacang dan minuman Tradisional seperti wedang ronde yang sangat setia melayani penonton sampai adzan subuh. Sekali lagi, ini cocok buat kamu yang ingin menikmati dunia nightlife di Yogyakarta.

#TIPS: Sebelum menonton cari dan pastikan hari pasaran Jawa yang baik seperti, Rabu legi, atau Minggu Wage, dimana biasanya banyak diadakan pagelaran wayang kulit dihari tersebut.

Ok.. .
Saya kira cukup dulu ya bahas tentang dunia Nightlife Jogja, Masih belum puas?. Kita lanjut lagi diartikel selanjutnya...

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Post a Comment for "4 Lokasi Populer Menikmati Gemerlap Dunia Nightlife Yogyakarta"