Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Startup Asal Jogja Yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-hari



CAHYOGYA.COM - Anak muda jogja ternyata tidak mau kalah bersaing dengan para inisiator startup dari daerah-daerah lain di Indonesia, hal tersebut terbukti dengan mulai munculnya startup-startup baru dari Jogja yang diajak masuk incubator bahkan ada juga yang sudah didanai oleh investor.



Sejauh mana sih, perkembangan dunia Startup di Jogja saat ini?



Siapa bilang startup daerah bakal kalah bersaing dengan startup-startup yang ada di Ibu kota!. Meskipun sering terjadi lag informasi, dari mulai perkembangan investor dan teknologi yang ada di Jakarta, para pegiat startup di Jogja ternyata tidak kalah bersaing dalam hal kreativitas, sebenarnya di Jogja ini ada banyak startup yang sangat berpotensi saat ini, tinggal menunggu waktu apakah para founder ini mau show off atau tidak, dengan mengikuti event-event pitching yang diadakan oleh calon investor.


7 Startup Asal Jogja Yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-hari


Bicara soal startup, jauh sebelum masa booming seperti sekarang ini di Jogja ternyata sudah ada lho satu dua startup teknologi yang sampai saat ini masih terus berkembang, jumlahnya memang tidak banyak seperti sekarang, tapi konsistensi dan kegigihan para founder ini patut kita contoh.

Dimulai dari periode tahun 2000-an, tahun dimana di Palo Alto, California mulai booming trend startup berbasis internet, diantaranya google, myspace, friendster, blog, bahkan facebook.com yang dibuat seorang mahasiswa tahun ke-2 dan napster situs share lagu p2p gratisan yang akhirnya harus dituntut oleh berbagai musisi dunia karena hak cipta.

Awal Mula Berkembangnya Startup di Jogja



Di Jogja sendiri, tepatnya pada tahun 2004 mulai bermunculan website directory wisata yang dirintis menjadi sebuah startup, diantaranya gudeg.net dan yogyes.com kedua website ini menyajikan konten yang hampir mirip dan masih banyak diminati oleh pencari informasi hingga saat ini, sekarang kedua website ini sudah menjadi perusahaan nyata dengan badan hukum resmi serta profit yang berkembang, mulai dari situ mulai lah bermunculan berbagai startup dari Jogja, kamu nggak pengen nih bikin startup seperti mereka?

Terlepas dari era 2000an, di artikel ini saya akan mengajak kalian untuk melihat siapa saja sih pemain besar di Startup teknologi yang ada di Jogja sekarang ini, siapa tahu kamu adalah salah satu pengguna setia startup-startup yang baru berkembang ini.



1. MakanDiantar

1. MakanDiantar.com




Makan diantar merupakan startup asal Jogja yang menyajikan layanan deliveri order berbagai menu makanan untuk wilayah Yogyakarta. Awalnya Makan diantar ini adalah salah satu restoran yang memang punya toko fisik, disamping juga melayani order delivery secara online. Kemudian setelah beberapa waktu berjalan jumlah pesanan dan konsumen online justru malah semakin meningkat dan mengalahkan omset dari penjualan secara langsung, akhirnya dibuatlah satu platform yang memang khusus untuk online delivery makanan untuk area Jogja.


2. Call Jack

2. Call Jack



Kalau pernah menetap dijogja kota, atau menjadi mahasiswa mulai periode tahun 2011 sampai sekarang ini pasti sudah tidak asing dengan ojek motor dengan seragam baju kuning ini. Ya.. sebelum ojek online dan go-jek heboh seperti sekarang ini, di Jogja sudah muncul duluan yang namanya O-jack Taksi Online, ojek yang bisa pesan lewat sms dan sistem tarifnya berdasarkan argometer layaknya taksi. Tahun 2015 kemarin, O-jack taksi online dengan didukung oleh Gamatechno secara resmi merilis Call Jack ojek online berbasis aplikasi.



3. Sale Stock Indonesia

salestock



Wanita mana yang tidak tau website sale stock, startup yang khusus menjual pakaian wanita dengan harga super murah ini sangat terkenal di kalangan wanita Indonesia, bukan lagi Jogja. Sale Stock bahkan secara diam-diam berhasil memperoleh profit hingga ratusan milyar rupiah, mengalahkan online shop eksklusif semacam Zalora, elevenia dan beribenka. Mereka punya prinsip untuk mencukupi kebutuhan wanita-wanita di Indonesia akan penampilan, dengan menyediakan produk fashion wanita yang terjangkau bagi semua kalangan.


4. Pasienia

4. Pasienia



Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu gudang anak muda berprestasi di Indonesia juga turut berperan dalam perkembangan dunia Startup di Jogja, Pasienia adalah salah satu Startup yang berhasil menarik banyak perhatian, Pasienia pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi mobile yang mempertemukan komunitas dengan pasien untuk saling support dan memberi dukungan moral. Di samping itu, pengguna yang juga merupakan pasien, bisa juga memasukkan data kesehatan mereka, untuk nantinya ditampilkan dalam bentuk grafik yang lebih jelas dan efisien agar bisa dilihat dan dimonitor oleh dokter dan komunitas yang terlibat di Pasienia.


5. Indo CPA

5. Indo CPA



Mungkin bagi sebagian orang masih agak bingung dengan CPA atau Cost Per Action sangat wajar kalau saya bilang, karena di Indonesia terutama di Jogja masih sedikit yang berprofesi sebagai Internet Marketing, Pada dasarnya CPA merupakan salah satu jenis dari bisnis online dimana kita mempromosikan website pengiklan dengan imbalan sekian dollar untuk setiap action oleh pengunjung. Action bisa berupa memasukkan email, zip code, download software, dan lain-lain. Dalam CPA Marketing kita tidak perlu menjual apa pun, artinya untuk mendapatkan penghasilan pengunjung tidak perlu membeli apa pun. Cukup dengan ‘action’ seperti yang disebutkan di atas.

Nah, IndoCPA yang berbasis di Jogja ini merupakan salah satu network yang menjadi pihak ke-3 antara pengiklan CPA dan publisher atau pebisnis online, dimana tugas mereka selain menghubungkan pengiklan dan pebisnis online mereka juga mengatur setiap pembayaran yang diterima.


6. Kulineran

kulineran




Konsep kulineran sebenarnya hampir sama dengan Makan diantar, yaitu merupakan startup yang memberikan layanan delivery order makanan. Bedanya kulineran.com ini hanya menyediakan jasa delivery order makanan dari berbagai restoran yang ada di Jogja.


7. Kerjabilitas


7. Kerjabilitas



Kerjabilitas merupakan salah satu startup dengan nilai sosial yang sangat tinggi, Startup ini dibuat untuk memudahkan saudara-saudara kita yang mengalami disabilitas untuk memperoleh pekerjaan, sehingga mereka bisa lebih produktif. Saya sendiri beberapa waktu lalu berkesempatan untuk bertemu dengan founder Kerjablitas di sebuah event startup di Universitas Gadjah Mada, saya sangat kagum dengan visi misi Kerjabilitas yang ingin merangkul penderita disabilitas agar memiliki kehidupan layaknya orang normal, karena disabilitas bisa terjadi kepada siapa saja, kita tidak pernah tahu hari ini kita masih bisa bekerja namun siapa tau setelah pulang terjadi suatu hal yang menyebabkan kita tidak bisa bekerja secara normal lagi.

Itulah 7 Startup Asal Jogja Yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-hari, sebagian besar adalah startup favorit saya sendiri. Jika kamu punya pengalaman tentang startup silakan berbagi dengan kami disini


CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Post a Comment for "7 Startup Asal Jogja Yang Bermanfaat Dalam Kehidupan Sehari-hari"