Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Destinasi Wisata Menarik di Magelang Selain Borobudur



CAHYOGYA.COM - Dari kecil, sudah ribuan kali dengar nama Candi Borobudur. Terus sudah besar dan punya uang gini kalau mau traveling emang mesti ke Borobudur banget? Nggak juga kali, tapi berkat Candi Borobudur yang tersohor itu, Magelang jadi diberkati banyak destinasi unik dan keren yang bikin nggak perlu berkali-kali ke Candi Borobudur untuk menghabiskan waktu ketika di Magelang.


Destinasi Wisata Menarik di Magelang



Berkat dari Candi Borobudur. Ya benar, berkat dari Candi peninggalan Dinasti Syailendra yang sempat ditinggal begitu saja selama 400an tahun sampai ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raffless tahun 1814,  Magelang benar-benar diberkati dan memiliki destinasi cantik selain Candi Borobudur.  Mau tahu apa aja destinasi menarik di Malang? Ini dia.


Gunung Andong 

Buat pendaki gunung, nggak cuma Gunung Ceremai atau Rinjani loh yang menarik, selain masih banyak gunung lain yang menarik di Indonesia, di Magelang juga ada,  namanya Gunung Andong. Untuk pemula, Gunung Andong adalah salah satu gunung paling ramah didaki. Gunung  di Kabupaten Magelang ini hanya memiliki ketinggian maksimal 1.726 mdpl. Eh! Tapi jangan meremehkan ketinggiannya yang nggak terbilang mencakar langit ini, pemandangan yang disajikan Gunung Andong tetap amazing!

Jangan dianggap remeh yah, untuk mendaki Gunung Andong tetap butuh persiapan yang baik, baik persiapan fisik dan materi yang matang. Sebuah kesalahan bila mendaki gunung kurang persiapan loh. Base pendakian Gunung Andong ada di kecamatan Ngablak, Magelang. Kamu yang mau melalui jalur pendakian yang nggak mainstream, bisa coba pendakian lewat Desa Sawit. Menuju Desa Sawit juga terbilang nggak rumit, ada kendaraan umum yang bisa kita tumpangi.


4 Destinasi Wisata Menarik di Magelang Selain Borobudur

Walau tidak terlalu tinggi, kamu nggak usah khawatir dengan sajian pemandangan Gunung Andong, lihat nih sunrise-nya (Foto: yukpiknik.com)


Arung Jeram Kali Progo Atas

Lelah mendaki Gunung Andong, masih ada destinasi yang bakal  menguras tenaga. Kamu bisa beristirahat dulu di Hotel Puri Asri Magelang, lokasinya juga terbilang nggak jauh dari Gunung Andong. Hotel yang ada di Magelang ini dapat kamu pesan di Traveloka. Biasanya Traveloka memberikan berbagai promo diskon atau potongan harga bagi pengguna app nya. Usai beristirahat kita harus melanjutkan ke destinasi berikut ke Kali Progo Atas menikmati arum jeram.

4 Destinasi Wisata Menarik di Magelang Selain Borobudur

Mau juga kan ke Magelang nikmati yang seperti ini? (Foto: tempatraftingdimalang.blogspot.com)


Nggak percaya kalau di Magelang bukan cuma Candi Borobudur? Arum Jeram Kali Progo Atas yang masih masuk dalam wilayah Magelang ini benar-benar menjanjikan tantangan adrenalin yang luar biasa. Selepas nge-charge kebugaran tubuh di Hotel Puri Asri Magelang  kesenangan berikut bisa kita mulai lagi.

Perlu kamu ketahui, Kali Progo adalah sungai yang mengaliri Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Jogja  sungai ini menjadi batas alami Kabupaten Kulonprogo dengan Kabupaten Sleman dan Bantul. Sumber dari sungai adalah lereng Gunung Sumbing, luar biasa bukan? Nah pada jaman Belanda aliran sungai di daerah Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Kali Progo dibendung menjadi dua aliran untuk sarana irigasi bagi masyarakat Yogyakarta oleh Belanda. Bendungan itu dikenal dengan istilah Ancol Bligo, lokasi ini juga jadi destinasi wisata loh.

Sungai Progo Atas mempunyai jeram-jeram kelas II-III yang cukup menantang dengan durasi kira-kira 3 jam pengarungan. Jeram ini cocok bagi Anda yang terbilang newby ber-arung jeram karena tingkat bahaya yang relatif rendah.


Rumah Kamera

Dengar nama dan foto tempat ini, kayaknya bisa jadi magnet tersendiri buat para pecinta fotografi. Kayaknya perlu dikunjungi nih. Ada apa sih rumah yang di dalamnya terdapat berbagai lukisan karya seniman asal Semarang yang lama tinggal di Bali, Tanggol Angien Jatikusumo.

Bangunan besar berbentuk kamera DSLR ini menyajikan view cantik pemandangan desa-desa di Magelang dari atas. Bukan Cuma itu, view Candi Borobudur juga Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Punthuk Setumbu, dan perbukitan Menoreh juga bakal bikinkamu etah disini. Bukan cuma itu yang bikiin betah, di Rumah Kamera ini banyak sekali spot selfie yang nggak bisa begitu ajah dilewati. Tongsis jadi semacam alat yang nggak boleh lupa dibawa kesini.

4 Destinasi Wisata Menarik di Magelang Selain Borobudur

Tongsis jadi senjata utama di tempat ini, jangan sampai lupa bawa yaa (kompasiana.com)

Menuju Rumah Kemera bisa lewat Candi Borobodur ke arah selatan, Rumah Kamera ada di sekitar 800 meter kiri jalan. Rumah Kamera buka setiap hari Selasa-Minggu pukul 08.00-17.00 WIB.


Desa Wisata Candirejo

Pengalaman berada di kampung Jawa yang sebenernya musti kamu alami selagi ada di Magelang, dan Desa Wisata Candirejo adalah destinasi yang tepat sekali ketika berada di Magelang.

Masih berada di Kecamatan Borobudur Magelang, sekitar 2,5KM dari Candi Borobudur, kamu sudah bisa menikmati suasana khas pedesaan dengan kehidupan tradisional Jawa yang kental. Ambience kehidupan warga di desa ini yang masih alami bikin pendatang benar-benar merasa waktu berjalan lambat, lupa sama macet, lupa sama stres, dan yang penting lupa deadline malah, LoL!.

Kehidupan alami dengan ketenangan desa yang asli jadi daya tarik yang luar biasa yang bikin orang dari mana pun, nggak terkecuali turis mancanegara  mau berlama-lama duduk di tepi jalan desa ini. Kalau kamu mampir ke desa ini, jangan lupa ya  untuk membeli beberapa hasil kerajinan mereka, bukan cuma untuk peningkatan kesejahteraan mereka tapi materi yang kita beli bisa jadi alat untuk mengenang kalau kita pernah berada di desa yang penuh dengan ketentraman dan keteduhan asli Jawa ini

4 Destinasi Wisata Menarik di Magelang Selain Borobudur

Bisa ikutan naik andong di desa ini pasti jadi pengalaman tak terlupakan, bener deh (Foto: Matajatim)
 



Sponsored post

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja