Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pemakaian Motor Agar Lebih Awet



CAHYOGYA.COM - Ingin motor Anda lebih awet dan tidak cepat turun mesin? Saat ini hampir semua orang memiliki motor. Motor digunakan untuk mendapatkan kemudahan dalam menjalani segala aktifitas diluar rumah. Namun tahukah Anda bahwa motor memiliki peranan penting seperti ini. Namun tidak semua orang menyadari akan hal ini. Banyak orang yang menggunakan motor dengan cara berlebihan. Sehingga motor menjadi tidak awet dan mudah terjadinya turun mesin. Hal ini tentunya terjadi karena pemakaian yang tidak benar. Untuk itu ada baiknya apabila Anda mengetahui tips pemakaian motor agar lebih awet yang penting untuk diketahui, antara lain:




Tips Pemakaian Motor Agar Lebih Awet


1.Memanaskan motor

Apabila Anda sudah membiarkannya selama dua hari tidak dipanaskan motor yang dimiliki tersebut. Ada baiknya mulailah untuk memanaskan motor yang dimiliki dengan memanaskan motor tersebut akan membantu untuk memaksimalkan dalam pembakaran. Pembakaran bahan bakar minyak yang digunakan akan dapat diuraikan dengan sempurna apabila dalam keadaan panas. Perlu Anda ketahui apabila memanaskan motor mulailah untuk menggunakan cara manual yaitu engkol. Jangan sampai Anda menggunakan tombol start.


2.Putar gas motor dengan perlahan

Ada baiknya apabila Anda memutar gas motor lakukan dengan perlahan. Dengan menggunakan gas motor secara perlahan akan memberikan kemudahan untuk membuat motor menjadi lebih awet. Jangan terlalu dihentakkan dan gunakan dengan cara perlahan. Dengan demikian akan memberikan pemakaian motor menjadi lebih awet dan tidak cepat turun mesin. Cara ini dilakukan dengan berkesinambungan dan jangan hanya sekali saja.


3.Memasukkan gigi perseneling

Jika Anda menggunakan motor mulailah mengetahui mengenai tips pemakaian motor. Langkah pertama yang harus diambil adalah dengan gigi perseneling ada baiknya menggunakan dengan perlahan. Misalnya saja memasukkan gigi perseneling dengan cara yang tepat. Atur gas menjadi lebih rendah. Selanjutnya lakukan dengan membuat gigi perseneling dimasukkan barulah dengan memutar gas kembali. Cara ini sangat ampuh dalam menjaga motor agar menjadi lebih awet secara maksimal.


4.Jaga kualitas bensin yang digunakan

Anda juga sebaiknya menjaga kualitas motor yang digunakan dengan mengetahui kemurnian bensin. Cara menjaga motor agar selalu diisi dengan bensin yang murni adalah dengan mengisinya di POM secara langsung. Dengan demikian kemurnian bensin akan lebih terjaga dan menjadikan motor lebih terjaga kualitasnya. Perlu Anda ketahui bensin yang menggunakan campuran didalamnya. Tentu saja akan membuat kinerja mesin motor menjadi terganggu. Sehingga mulailah dengan membeli bensin langsung di Pertamina resminya.


5.Ganti oli secara rutin

Dalam penggunaan motor harus dilakukan perawatan dengan mengganti oli selama satu bulan sekali. Dengan mengganti oli maka motor akan terasa lebih ringan dan nyaman. Selain itu penggantian oli akan membantu dalam memberikan kelancaran mesin motor dalam beroperasi. Apabila Anda tidak mengganti oli dengan rutin yang terjadi adalah motor akan menyebabkan motor mudah turun mesin. Dengan demikian hendaknya menggunakan tips pemakaian motor sesuai petunjuk tersebut agar motor lebih tahan lama.


Sponsored Post

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja