Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari Seduhan Syphon Yang Mantap? Ke Kopital Aja!



CAHYOGYA.COM - Dibandingkan dengan beberapa manual brew lain, syphon memiliki desain yang paling elegan. Sekilas, manual brew ini terlihat cukup rumit. Saat melihatnya, mungkin kamu merasa sedang berada di laboratorium kimia dengan tabung reaksi dan juga spirtus (burner). Ya, itulah keunikan syphon.


Cari Seduhan Syphon Yang Mantap? Ke Kopital Aja!


Syphon terdiri atas beberapa bagian seperti chamber, filter, serve, penutup, dan burner. Chamber adalah tempat kamu menyimpan kopi sedangkan serve adalah tempat air. Filter adalah bagian yang menyaring ampas kopi dan burner digunakan untuk memanaskan air sehingga uap air akan sampai ke bagian atas (chamber). Setelah semua air naik, matikan api. Air pun akan mengalir lagi ke bawah. Tentunya air ini sudah berubah warna dan rasa, menjadi kopi yang nikmat.

Syphon merupakan manual brew unik yang mengombinasikan teknik full immersion (semua bubuk kopi dan air bertemu di keseluruhan waktu penyeduhan), penyaringan, dan penjagaan suhu yang baik.

Syphon digunakan untuk mendapatkan hasil seduhan yang lebih kuat dibandingkan dengan alat seduhan yang lain. Kopi dengan teknik seduh full immersion memang menghasilkan kopi yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Selain itu, dengan metode ini, kamu bisa mendapatkan kopi yang mantap tanpa ampas.

Namun, kekurangan dari syphon adalah harganya yang cukup mahal dan terbuat dari material kaca yang rentan pecah. Maka dari itu, alat ini jarang dibeli orang untuk digunakan sehari-hari. Jika ingin menikmati kopi dengan seduhan syphon, baisanya orang akan pergi ke coffee shop.

Salah satu coffee shop yang menjual kopi single origin dengan seduhan syphon adalah Kopital. Di Kopital, kamu bisa memilih jenis kopi yang kamu sukai dan diseduh menggunakan manual brew ini. Maka tak heran jika banyak orang yang memilih untuk nongkrong di Kopital dan menjadikan Kopital tempat nongkrong yang asyik di bandung.

Manual brew ini memang memiliki sedikit perbedaan dengan metode lain. Jika V60, Vietnam Drip, atau French Press hanya menghasilkan secangkir kopi, syphon bisa digunakan untuk menghasilkan bercangkir-cangkir kopi. Di Kopital tersedia pilihan syphon untuk 3 hingga 5 cangkir kopi. Jadi, kamu bisa menikmati seduhan syphon ini sambil nongkrong bersama teman-temanmu di Kopital.




Sponsored Post

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja