Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menilik Perkembangan Properti Perumahan di Kota Besar



CAHYOGYA.COM - Seperti kita ketahui, pertumbuhan sektor properti yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia, tak bisa terelakkan, Ini disebabkan pertumbuhan ekonomi yang mendorong kenaikan daya beli masyarakat.


Menilik Perkembangan Properti Perumahan di Kota Besar


Pembangunan yang dilakukan secara masif dan sporadis di sektor properti seperti perumahan, apartemen, dan pusat perbelanjaan, menjadi konsekuensi logis pertumbuhan ekonomi. Hunian perumahan menjadi penyumbang keuntungan terbesar terhadap pemasukan pengembang properti.


  • Bisa dimaklumi bila kurun waktu lima tahun saja kenaikan harga properti bisa mencapai 50 hingga 100 persen.

  • Laju pertumbuhan harga tanah sedemikian pesat, tergantung pada lokasi serta sarana transportasi dan fasilitas umumnya.

  • Terdapat kota-kota yang mengalami pertumbuhan tinggi dalam kinerja kenaikan properti dan harga lahan antara lain kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan kota di luar pulau Jawa.

Nah, sebagai contoh mari kita tilik perkembangan properti rumah murah Surabaya dan perkembangan pasar jual rumah Bandung.

Perkembangan Properti di Kota Surabaya

Siapa tidak mengenal kota Surabaya dengan walikotanya yang kharismatik itu? Mari kita lihat alasan mengapa perkembangan properti komersial di kota ini, telah mengalami perubahan yang cukup signifikan.

  • Dukungan proyek infrastruktur pemerintah untuk mengembangkan proyek tranportasi  meliputi bandara, pelabuhan, serta kereta api.

  • Lokasi strategis mendorong banyak perusahaan internasional dari luar negeri  tertarik untuk berinvestasi properti di kota ini.

  • Mencontoh Singapura, Surabaya memberikan kemudahan dalam birokrasi proses perijinan investasi baru.

  • Surabaya telah menjadi pusat industri  dan mengalami perkembangan dalam hal logistik dan saham.

  • Pasar properti di Surabaya telah menunjukkan kenaikan mencapai 50% dalam pembangunan perumahan sejak tahun 2014.

  • Harga properti dan tanah di Surabaya masih sangat kompetitif, oleh karenanya diperkirakan akan tetap mengalami peningkatan.  Terlebih dengan semakin banyaknya perusahaan asing yang berinvestasi di kota ini.

  • Oleh karenanya peluang berinvestasi properti dan mendapatkan rumah murah  Surabaya dan sekitarnya masih sangat terbuka.

  • Ini terbukti bahwa kita masih bisa mendapatkan rumah dengan harga di bawah dua ratus juta di daerah industri Sidoarjo. Anda juga masih bisa mendapatkan rumah tak jauh dari bandara Juanda seharga dua ratus juta.

  • Sebagai contoh Kedondong Regency di Sidoarjo mematok harga Rp162 juta untuk launching harga rumah seluas 90 m2 dan bangunan 40 m2.

  • Anda pun masih bisa mendapatkan rumah di kota Surabaya dengan harga Rp200 juta. Lokasi hanya  15 menit dari bandara Juanda, dengan luas bangunan 42 m2.

Dari analisa di atas, bisa disimpulkan pertumbuhan properti di Surabaya semakin melaju dari tahun ke tahun, serta investasi di sektor rumah murah Surabaya masih tetap bisa diandalkan.

Perkembangan Properti di Bandung

Lalu bagaimana dengan perkembangan properti di kota Bandung, yang masih terus berbenah diri di bawah Ridwan Kamil ini? Mari kita simak fakta-fakta berikut ini.

  • Kota Bandung yang tak jauh dari ibukota Jakarta ini, memiliki daya tarik tersendiri,  karena memiliki segalanya. Kota dingin, dengan udara sejuk, arsitektur indah, pesona alam, makanan enak, hingga mojang Bandungnya yang geulis.

  • Laju perkembangan di bidang perumahan baik di kota Bandung maupun sekitarnya terus meningkat. Kondisi ini seiring dengan berbagai rencana pengembangan infrastruktur seperti jalan tol terpadu baru, stasiun terpadu, serta proyek monorel. Beragam proyek besar yang dilakukan oleh pemerintah kota Bandung khususnya, serta pemerintah provinsi Jawa Barat.

  • Bandung Technopolis yang akan dibangun di Bandung timur bisa menjadi contoh derap pembangunan di wilayah ini. Megaproyek seluas 800 hektar ini akan menjadi kota baru, khusus bagi perusahaan dan mereka yang akan mengembangkan bisnis di bidang TI.

  • Kota baru di wilayah Bandung timur pun akan dibangun 3000 unit rumah di lahan seluas 300 hektar. Summarecon menjadi yang pertama akan membangun perumahan dan pusat bisnis  di kawasan kota baru ini.

  • Perkembangan permintaan perumahan ini membuat harga di pusat kota semakin meningkat tajam, hingga akhirnya mendorong banyak pengembang untuk jual rumah murah Bandung di wilayah kabupaten Bandung.

Oleh karenanya Anda masih bisa mendapatkan rumah murah di bawah dua ratus juta di wilayah kabupaten Bandung. Perumahan murah ini tersebar di kabupaten Bandung Barat, Utara, Selatan dan Timur.

Sebagai contoh Anda masih bisa mendapatkan pengembang jual rumah murah Bandung ini. Pengembang Perumahan Alam Sanggar Indah di kabupaten Bandung Barat, membandrol rumah bersubsidi dengan harga mulai Rp128 juta seluas 60 m2 dengan luas bangunan 32 m2.

Demikianlah perkembangan properti perumahan di kota besar di Indonesia. Bila Anda tertarik untuk berinvestasi, Anda harus melakukannya sedini mungkin. Ini disebabkan Anda akan berpacu dengan waktu yang sangat berperan menentukan harga. Nah bagaimana Anda siap menjadi investor kecil-kecilan?



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja