Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan Sih Saat Terbaik Berkunjung Ke Pulau Dewata?



CAHYOGYA.COM - Pulau Bali merupakan salah satu destinasi terbaik di Indonesia, maka jangan heran jika bisnis pariwisata di pulau ini berjalan sepanjang tahun, tapi meskipun begitu sebagai wisatawan baik domestik maupun mancanegara ada waktu-waktu khusus yang harus kita hindari ketika berkunjung ke Pulau Bali, dalam beberapa hal kita bisa saja datang dan berwisata di beberapa lokasi seperti yang sudah di rencanakan jauh-jauh hari sebelum berangkat, tapi kalau waktu dan momennya tidak tepat bisa jadi rencana tersebut banyak yang akan gagal. Jadi sebaiknya kita harus tau kapan waktu terbaik untuk berlibur ke Pulau Bali.



Kapan Sih Saat Terbaik Berkunjung Ke Pulau Dewata?


Seperti halnya masyarakat yang beragama muslim yang memiliki hari raya idul fitri, masyarakat Bali yang mayoritas menganut agama Hindu juga memiliki hari raya nyepi, momen hari raya nyepi inilah saat yang tidak tepat bagi kita untuk berlibur ke Pulau Bali, jika kita tetap nekat berkunjung di hari raya nyepi bisa dipastikan selama di Pulau Bali kita akan kesulitan sendiri dalam mencari penginapan, berwisata maupun transportasi, karena semua warga Bali selama hari raya nyepi sama-sekali tidak keluar rumah dan melakukan aktifitas.

Saat terbaik untuk berlibur di Pulau Bali menurut saya yaitu antara bulan Juli sampai bulan Agustus, disaat inilah cuaca jarang terjadi hujan dan tidak terlalu panas karena posisi matahari berada di sebelah utara garis khatulistiwa. Posisi pulau Bali yang berada 8 derajat di selatan garis khatulistiwa sangat berpengaruh terhadap cuaca yang bisa merubah mood untuk jalan-jalan. Disaat inilah kondisi cuaca di Pulau Bali jarang terjadi hujan dan cuaca di siang hari juga tidak terlalu panas, cocok untuk sekedar jalan-jalan menyusuri kawasan pantai seperti halnya kebiasaan sebagian besar wisatawan domestik.

Namun jika momen bulan Juli sampai Agustus terlewat, alternatif waktu kedua menurut saya yaitu antara bulan Desember dan Januari, momen ini bertepatan dengan perayaan hari libur natal dan tahun baru, dimana beberapa fasilitas seperti hotel, spot wisata dan pusat perbelanjaan akan menyediakan berbagai diskon dan penawaran menarik untuk anda. Tentu saja ini peluang emas bagi kita yang sangat sibuk bekerja di kantor dan ingin memanfaatkan cuti akhir tahun.

Sayangnya, jika kita memilih berlibur di Pulau Bali antara bulan Desember dan Januari cuaca akan sedikit menjadi kendala, karena seperti yang kita ketahui Indonesia bali weather yang memasuki musim penghujan sedikit banyak menghambat mobilitas kita saat berada di Bali, misalnya jika ingin berburu sunset terkadang ada mendung atau bahkan hujan yang mengakibatkan pemandangan tidak optimal.

Saat musim hujan beberapa lokasi wisata di Pulau Bali juga kurang nyaman dikunjungi, seperti Pura Uluwatu misalnya, pura yang ada di alam bebas dan terdiri dari batuan ini jalanannya sering kali licin ketika musim hujan, bagi anda yang datang kesini untuk menyaksikan tari kecak tentu anda tidak ingin kecewa karena tarian ini batal digelar sebab terjadi hujan di kawasan Uluwatu. Maka dari itu pertimbangan waktu menjadi salah satu hal penting saat berlibur di Bali, karena itu antara bulan Juli dan Agustus menurut saya adalah saat paling tepat untuk mengeksplore Pulau Bali.




Spnsored Post

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

cahyogya.com