Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Ini Perlu Orang Tua Ketahui Ketika Buah Hati Berusia 1 Tahun



CAHYOGYA.COM - Anak merupakan sebuah karunia Tuhan yang paling berharga, seluruh tingkah dan polahnya teramat sangat menggemaskan sehingga tidak heran jika setiap orang tua akan sangat antusias untuk memperhatikan segala sesuatu tentangnya. Bagi Anda orang tua muda yang baru dikaruniai seorang anak, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dari buah hati Anda, dan salah satu yang terpenting untuk diperhatikan adalah proses tumbuh kembangnya.


Anak usia 1 tahun

Proses tumbuh kembang anak usia 1 tahun sangat berbeda karena setiap anak merupakan mahluk yang sangat unik, namun secara umum tumbuh kembang seorang anak akan sangat pesat di usia balita teutama pada usia hingga1 tahun. Berikut adalah beberapa tahapan umum tumbuh kembang seorang anak berdasarkan usianya :

• Usia 0-3 bulan

Usia ini merupakan usia dia awal kelahirannya, pada usia ini seorang anak belum dapat bergerak dan berkomunikasi dengan lancar. Gerakannya hanya sebatas menggerakan tangan dan kakinya saja dengan garakan menedang tidak teratur. Sedangkan untuk kemampuan komunikasinya ia hanya dapat melakukannya melalui tangisan. Sehingga tidaklah mengherankan jika ia hanya dapat menangis ketika merasa tidak nyaman atau sakit.
.
• Usia 4-6 bulan

Pada usia ini kemampuan anak mulai berkembang, untuk kemampuan berbicaranya ia mulai dapat mengeluarkan celotehan lucu yang terdiri dari satu kata seperti ak-khe, ehe dan mberr. Selain dari itu kemampuan lainnya pun mulai dikuasai diantarnya adalah tertawa dengan nyaring. Untuk kemampuan motorik geraknya ia mulai dapat memegangi kedua kaiknya oleh tangan dengan cara mengangkat kakinya ke atas sehingga dapat diraih oleh tangan. Selain dari itu bagian kepala sudah mulai dapat di tegakkan terutaman ketika ia tengkurap. Terkadang pada usia ini anak mulai belajar mengangkat badannya dengan kedua lengannya, belajar memiringkan tubuh, hingga ia dapat tengkurap sendiri. Dan pada bulan ke 6 anak sudah lancar berguling-guling.

• Usia 7-9 bulan

Di usia ini kemampuan anak mulai berkembang ke arah lebih sempurna, untuk kemampuan komunikasinya ia mulai memainkan ludah sambil mengeluarkan suara, setelah itu ia akan menyemburkannya keluar mulut. Selain dari itu ia mulai dapat tertawa terbahak- bakan dan menunjukkan respon pada orang yang ada di sekitarnya. Kemapuan lainnya adalah anak mulai senang diajak bermain ci-luk-ba, dan menangis ketika di tinggalkan. Disisi lain anak mulai tertarik dengan benda bergarak dengan warna yang mencolok dan mulai berusaha untuk maraihnya, pada usia 6 bulan anak akan mulai merangkak maju ataupun justru mundur dan biasanya diakhiri dengan duduk.

• Usia 10-12 bulan

Pada Usia ini anak sudah mulai belajar berdiri, ia sangat senang jika diajak berdiri dangan cara menyentakan kakinya ke tanah. Pada usia 12 bualan anak sudah dapat berdiri dengan stabil dengan berpegangan pada kedua lengan ibunya. Sedangkan pada kemampuan komunikasinya anak pada usia ini telah dapat meiru beberapa kata sederhana walaupun diucapkan dengan kata yang belum sempurna. Ajaklah buah hati Anda berkomunikasi dengan inters untuk melatih kemampuan bicaranya.

Itulah beberapa tahapan tumbuh kembang seorang anak di usia kurang dari satu tahun. Seperti yang telah diuraikan tadi, setiap anak memiliki keuinikan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika buah hati Anda tidak mengikuti tahapan sesuai dangan yang telah diuraikan di atas. Namun jadikanlah uraian di atas menjadi sebuah rambu-rambu perkiraan bagi perkembangan buah hati Anda.




Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja