Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Antena dari Antena TV dan lainnya



CAHYOGYA.COM - Antena merupakan jenis alat yang digunakan untuk dapat menangkap sinyal tergantung dengan jenis barang yang ada antena nya tersebut. Salah satu antena yang populer tentu saja adalah antena tv yang mempunyai banyak jenis. Antena tersebut digunakan untuk menangkap sinyal tv agar mendapat tayangan dengan kualitas gambar yang lebih bagus di layar televisi sehingga dapat dinikmati oleh keluarga untuk menonton acara televisi.


Jenis Antena dari Antena TV dan lainnya





Adapun antena untuk tv tersebut mempunyai beberapa jenis yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan bentuknya. Jenis antena untuk tv tersebut misalnya:

  • •   Antena untuk tv analog yang berukuran besar adalah jenis antena yang ukurannya besar dan harus dipasang di atas rumah. Jenis antena ini mempunyai ukuran besar dan panjang serta lebar. Untuk memperoleh hasil yang baik antena ini harus ditempatkan di atas rumah dan biasanya untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan seperti tersambar petir maka tv di rumah harus rela dimatikan saat cuaca sedang hujan. Antena jenis ini juga bisa ditempatkan di dalam rumah akan tetapi akan mempengaruhi sinyal yang didapat sehingga gambar yang dihasilkan juga kurang bagus dan bersih di televisi.

  • •    Antena untuk tv datar yang mempunyai bentuk kecil dan bisa ditaruh di dalam rumah. Jenis ini mempunyai ukuran antena yang jauh lebih kecil daripada yang jenis besar. Selain tidak perlu dipasang di langit-langit atau atas genting jenis antena yang kecil ini juga tidak menghabiskan banyak tempat dan cukup dipasang di atas televisi saja karena bentuknya kecil dan mempunyai guna untuk menangkap sinyal lebih baik dibanding jenis yang sebelumnya.

Selain antena tv ada beberapa jenis antena lainnya yang bisa digunakan untuk berbagai macam alat elektronik dan menangkap sinyal yang diperlukan. Jenis antena yang pertama adalah model antena grid yang mempunyai jenis dan ukuran hampir sama dengan antena untuk tv yang dipasang di atas rumah. Jenis antena grid ini biasanya digunakan untuk menerima sinyal Wi-Fi sehingga bisa digunakan untuk internetan. Selain Wi-Fi, sekarang ini jenis antena grid juga bisa digunakan untuk menangkap jaringan lainnya seperti EVDO, 3G, dan juga HSPA.

Jenis antena selanjutnya adalah parabola yang mempunyai sangat besar dan juga cara memasangnya diatas atap rumah. Jenis antena parabola ini sering digunakan untuk menangkap sinyal tv di kawasan yang terpencil dan juga di pegunungan. Selain dapat menangkap sinyal tv, antena parabola ini juga bisa untuk menangkap satelit untuk tv, internet, dan sinyal lainnya.

Selanjutnya ada jenis antena yagi yang mempunyai bentuk kecil dan bisa digunakan untuk menangkap sinyal elektromagnetik untuk digunakan sinyal radio dan juga TV telestrial. Akan tetapi sekarang ini jenis antena yagi ini juga dapat untuk menerima sinyal handphone dan juga modem HSPA. Untuk jenis lainnya ada antena wajan bolic yang dapat digunakan untuk menangkap sinyal 3G dari BTS terdekat dan juga sinyal Wi-Fi.

Untuk antena selanjutnya ada jenis antena omni yang dipakai untuk transmitter atau pemancar sinyal FM. Antena ini juga bisa digunakan untuk antena tv jadul yang bisa untuk menangkap gambar siaran televisi. Dan jenis terakhir ada antena sectoral yang mempunyai guna yang utama yaitu untuk access point. Antena ini paling digunakan sekarang ini karena bisa untuk menangkap maupun mengirimkan sinyal untuk hotspot dan juga Wi-Fi.




Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja