Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paspor Terkuat dan Terlemah di Dunia Tahun 2017



CAHYOGYA.COM - Setiap paspor di setiap negara bisa menunjukkan kekuatan atau kelemahan. Setiap tahun situs Passport Index mengumumkan peringkat paspor terkuat dan terlemah.

Mirip dengan tahun kemarin, Jerman menduduki peringkat pertama. Jadi para pemegang paspor Jerman mungkin bisa berbangga diri, karena paspornya menduduki peringkat sebagai paspor terkuat, karena pemegang paspor Jerman mendapatkan bebas visa ke 157 negara di dunia. Wuaah!

Lalu, peringkat kedua ditempati oleh Swedia dan Singapura, masing-masing memiliki bebas visa ke 156 negara. Satu peringkat di bawahnya ada Denmark, Finlandia, Prancis, Spanyol, Swiss, Norwegia, Inggris, dan AS yang memiliki bebas visa ke 155 negara.

Mengutip situs resmi Passport Index, tahun ini Singapura menyalip Korea Selatan sebagai negara dengan paspor terkuat di Asia. Sementara itu, negara lain di Asia yakni Jepang menduduki peringkat keempat. Setara dengan beberapa negara Eropa yakni Italia, Belanda, dan Belgia dengan jumlah bebas visa ke 154 negara.

Lalu, pasti kamu bertanya-tanya bagaimana metode untuk menentukan paspor terkuat dan terlemah? Metode penelitian yang dilakukan Passport Index adalah berdasarkan penghitungan Visa-Free Score (VFS), yang merupakan gabungan dari jumlah visa free atau bebas visa (VF) dan visa on arrival (VOA).


Paspor Terkuat dan Terlemah di Dunia Tahun 2017

Sumber gambar: blog.reservasi.com


Jumlah negara yang berpartisipasi adalah 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan enam wilayah teritorial (Taiwan, Macau, Hongkong, Kosovo, Palestina, dan Vatican) sehingga dihitung menjadi 199 negara.

Berikut 10 peringkat negara dengan paspor terkuat di dunia:

1.Jerman : Bebas Visa ke 157 negara
2.Singapura, Swedia : Bebas Visa ke 156 negara
3.Denmark, Finlandia, Prancis, Spanyol, Swiss, Norwegia, Inggris, AS : Bebas visa ke 155 negara
4.Italia, Belanda, Belgia, Austria, Luxemburg, Portugal, Jepang : Bebas visa ke 154 negara
5.Malaysia, Irlandia, Kanada, Selandia Baru : Bebas visa ke 153 negara
6.Yunani, Korea Selatan, Australia : Bebas visa ke 152 negara
7.Republik Ceko, Islandia : Bebas visa ke 151 negara
8.Hungaria : Bebas visa ke 150 negara
9.Malta, Polandia : Bebas visa ke 149 negara
10.Slovenia, Slovakia, Lituania, Latvia  : Bebas visa ke 148 negara

Meski Jerman menduduki peringkat pertama paspor terkuat, negara tersebut bukanlah yang paling "ramah" terhadap pemegang paspor negara lain. Jumlah negara yang memiliki bebas visa ke Jerman hanya 91 negara.

Bandingkan dengan Kamboja, yang menduduki peringkat pertama, dengan bebas visa untuk 198 negara. Indonesia menduduki peringkat ke 16 dengan bebas visa untuk 169 negara. Jika ada yang terkuat berarti ada yang terlemah, berdasarkan perhitungan dari Passport Index, Afghanistan adalah negara pemilik paspor terlemah.

Warga negara tersebut hanya mendapatkan bebas visa ke 23 negara. Bandingkan dengan Indonesia yang memiliki bebas visa ke 57 negara. Wah, Indonesia sudah bebas visa ke 57 negara nih, kamu sudah pernah beli tiket pesawat murah promo ke negara mana saja?

Ternyata tak hanya Afghanistan saja yang menduduki paspor paling lemah, Pakistan jadi urutan selanjutnya yang menduduki peringkat paspor terendah, dengan bebas visa hanya ke 26 negara. Berikut 10 negara dengan paspor terlemah di dunia tahun 2017:

1.Afghanistan : Bebas visa hanya ke 23 negara
2.Pakistan : Bebas visa hanya ke 26 negara
3.Irak : Bebas visa hanya ke 28 negara
4.Suriah : Bebas visa hanya ke 29 negara
5.Somalia : Bebas visa hanya ke 30 negara
6.Ethiophia : Bebas visa hanya ke 34 negara
7.Sudan Selatan : Bebas visa hanya ke 34 negara
8.Sri Lanka : Bebas visa hanya ke 35 negara
9.Bangladesh : Bebas visa hanya ke 35 negara
10.Sudan : Bebas visa hanya ke 36 negara

Jadi sudah tahukan paspor terkuat dan terlemah? Kira-kira negara mana yang kamu ingin tuju? Kemanapun tujuan liburan kamu, dapatkan harga tiket pesawat murah di Reservasi.com.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja