Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliner Mangut Pesisir dan Soto Glugu di Angkringan Tobat Jogja


CAHYOGYA.COM - Apa itu mangut pesisir? Mangut pesisir merupakan kuliner seperti layaknya mangut lele atau mangut belut, hanya saja olahan ikannya menggunakan ikan laut atau pesisir. Salah satu menu mangut pesisir yang paling unik yaitu mangut ikan pari dan mangut ikan layang, anda sudah pernah coba?

 

Mangut Ikan Pari di Angkringan Tobat Jogja


Angkringan Tobat Jogja

Jogja selama ini memang identik dengan berbagai hal, satu diantaranya yaitu keberadaan Angkringan atau hik jika di daerah Surakarta dan sekitarnya, Angkringan menjadi spesial dan sangat identik dengan Jogja karena menu makanannya yang ramah di kantong, sehingga tidak heran jika keberadaan Angkringan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai latar belakang tingkatan sosial.

Salah satu angkringan di Jogja yang terkenal memiliki menu yang lengkap dan tempat yang nyaman yaitu Angkringan Tobat,  Angkringan ini berada di Jl. Sukoharjo RT01/RW08, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sini anda bisa menikmati berbagai kuliner khas angkringan yang serba murah meriah tanpa harus berdesak-desakan atau kesusahan mencari parkiran mobil seperti di angkringan pada umumnya, karena di Angkringan Tobat sudah di lengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya sebuah cafe atau restoran, namun tetap mempertahankan suasana serta konsep awal sebagai sebuah angkringan.

Selain menu makanan dan minuman yang lengkap Angringan Tobat juga memiliki parkiran yang cukup luas untuk mobil dan motor pengunjung, di Angkringan Tobat juga disediakan meja dan kursi sama seperti halnya sebuah restoran, ada juga colokan listrik dan wifi gratis dengan kecepatan 20mbps yang siap untuk digunakan.

angkringan tobat jogja

Hari Jumat lalu, Saya dan beberapa blogger Jogja kebetulan diberi kesempatan untuk berkunjung dan mencoba menu baru yang ada di Angkringan Tobat ini, menu tersebut yaitu Mangut Pesisir dan Soto Glugu. Sebagai salah satu ekspansi bisnis mereka. Mulai beberapa minggu ini Angkringan Tobat memang mencoba menghadirkan konsep baru, yang awalnya mereka hanya buka pada sore hari sampai tengah malam, kini mereka juga buka untuk jam siang, mulai jam sepuluh pagi hingga jam empat sore.

Jujur, selama ini saya belum pernah merasakan olahan ikan pari dalam bentuk hidangan apapun, entah itu digoreng, dibakar maupun disajikan dalam kuah santan. Meskipun di Jogja sendiri bisa dibilang cukup mudah untuk mendapatkan bahan olahan seafood, yang setiap pagi bisa didapat di area pelelangan ikan Pantai Depok atau di sepanjang pesisir selatan mulai dari Kabupaten Kulonprogo hingga Kabupaten Gunungkidul.

Meskipun begitu, olahan seafood di Jogja sepertinya tidak jauh dari olahan umum seperti udang, kepiting, cumi dan juga ikan. Baru di Angkringan Tobat ini saya dan teman-teman blogger Jogja menemukan olahan ikan pari, yang disajikan dalam bentuk mangut. Kuliner mangut pesisir ini memang sangat unik dan bisa dibilang satu-satunya di Jogja saat ini, mengingat olahan mangut pada umumnya menggunakan ikan lele sebagai bahan utamanya.

Menurut sang pemilik, ikan pari sendiri diolah dengan cara diasap layaknya mangut biasa, sehingga aroma khas dagingnya sangat terasa. Untuk tekstur dari potongan daging ikan parinya kalau menurut saya hampir sama dengan daging ikan lele seperti mangut pada umumnya.

Untuk menu Soto Glugu kebetulan saya tidak sempat mencoba, sekilas dari pengamatan saya Soto Glugu hampir mirip dengan kuliner Soto Batok yang ada di Sambisari, bedanya soto ini menggunakan mangkok yang terbuat dari glugu atau batang pohon kelapa, selain itu Soto Glugu juga menggunakan daging sapi sebagai isiannya. Berikut ini adalah penyajian dari menu Soto Glugu sebagai salah satu menu andalan di Angkringan Tobat.

kuliner soto glugu angkringan tobat

Konsep awal yang diusung sebagai sebuah angkringan membuat kuliner mangut pesisir dan soto glugu ini memiliki harga yang sangat terjangkau, untuk soto glugu dan mangut pesisir (ada pilihan mangut ikan pari, mangut ikan layang, mangut ikan tuna dll) dijual Rp10 ribu per porsi.

aneka sate

Selain kedua menu diatas disini kita juga bisa menikmati 30 macam sate dan berbagai jenis minuman, mulai dari sapparela, susu jahe, bir plethok hingga minuman kopi hijau yang biasanya banyak diburu untuk diet.

aneka minuman kopi nusantara




Angkringan Tobat

Alamat: Jl. Sukoharjo RT01/RW08, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
 Jam Buka: 10.00 pagi - 16.00 sore (Mangut Pesisir dan Soto Glugu) / 16.30 sore - 24.00 malam (Angkringan)



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja