Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis dan Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Kulit



CAHYOGYA.COM - Mungkin banyak dari kita yang sudah tidak asing dengan minyak zaitun, terutama bagi kaum perempuan yang memang punya hobi memasak ataupun perawatan kulit. Ya, minyak zaitun memang banyak digunakan untuk memasak, pembuatan kosmetik dan obat-obatan untuk kulit, hal ini tidak lain karena kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun sangat tinggi, berbeda dari minyak kelapa atau minyak alami lainnya.

Mengenal Jenis dan Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Kulit

Selain memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak yang dibuat dari tanaman zaitun yang banyak tumbuh di kawasan Mediterania ini juga memiliki kandungan lemak, vitamin K dan sedikit zat besi yang baik untuk kesehatan kulit.

Jika anda mengalami gejala kulit kering di beberapa bagian tubuh seperti di bagian siku atau telapak kaki, anda bisa mencoba mengolesi bagian-bagian tubuh tersebut dengan minyak zaitun alami yang biasa dijual di pasaran, meskipun begitu minyak zaitun disarankan untuk tidak dioleskan ke kulit wajah yang memiliki jerawat. Menurut beberapa ahli kesehatan kulit, Minyak zaitun memiliki karakteristik yang mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh, sehingga sangat mudah diserap oleh kulit.

Sama seperti minyak kelapa atau jenis minyak alami lainnya, Minyak zaitun juga terdiri dari beberapa jenis, biasanya minyak zaitun dibedakan berdasarkan fungsi, kandungan, proses pembuatan serta bahan-bahan tambahan yang digunakan. Maka dari itu agar anda tidak salah pilih ketika membeli minyak zaitun berikut ini merupakan jenis-jenis minyak zaitun yang banyak beredar di pasaran.

  • Extra Virgin Olive Oil 

Minyak zaitun jenis ini merupakan jenis minyak zaitun yang paling mahal, diproduksi dengan cara pendinginan buah zaitun, minyak zaitun jenis ini adalah jenis minyak zaitun yang paing baik untuk tubuh kita menurut beberapa ahli.

  • Pure Olive Oil 
Minyak zaitun jenis ini pada umumnya merupakan minyak yang memiliki kandungan asam yang terlalu tinggi, sehingga tidak cocok untuk digunakan secara langsung ke kulit. Minyak zaitun jenis ini sebenarnya merupakan penggabungan dari minyak zaitun halus dan original.

  • Lampante Oil   
Minyak zaitun jenis ini sangat jarang ditemukan di Indonesia, jenis minyak ini pada umumnya hanya digunakan sebagai bahan bakar dan tidak cocok digunakan untuk memasak, ataupun sebagai bahan tambahan makanan lainnya.

  • Virgin Olive Oil  
Virgin Olive Oil merupakan jenis minyak zaitun yang paling populer di masyarakat, jenis minyak zaitun ini banyak digunakan sebagai minyak goreng khusus untuk kesehatan, karena kandungannya yang terkenal memiliki asam yang rendah. Biasanya minyak zaitun jenis ini digunakan untuk memasak hidangan atau kuliner seperti salad ataupun menu-menu sehat lainnya.

Untuk harga minyak zaitun murni sendiri di pasaran dijual dalam berbagai variasi kemasan, mulai darikemasan botol 60ml rata-rata dijual Rp75ribu - Rp100ribu. Namun jika anda mempunyai kebutuhan minyak zaitun dalam jumlah besar harga tersebut tentu bisa jauh lebih murah.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 


CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja