Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Perencanaan Keuangan



CAHYOGYA.COM - Untuk mencapai suatu tujuan seperti menjadi kaya, kita perlu melakukan perencaaan. Jika kita ingin kaya maka kita perlu melakukan perencanaan keuangaan. Perencanaan tersebut merupakan suatu panduan dalam meraih tujuan. Dasar dari perencanaan tersebut adalah dengan mengecek rasio keuangan kita. Seperti contoh, anak sehat ditandai dengan berat dan tingginya yang proporsional. Ketika kita ketahui bahwa berat dan tinggi tidak proporsional maka kita mengetahui apa yang perlu di perbaiki. Misalnya beratnya kurang maka perlu makan lebih banyak. Kalau anak tinggi tapi beratnya kurang berarti perlu makan lebih banyak juga. Atau jika anak lebih kesamping maka perlu menurunkan berat atau rajin olahraga basket.


Pentingnya Perencanaan Keuangan

Untuk mengecek kesehatan keuangan anda agar mencapai tujuan kaya, maka beberapa rasio yang perlu diperhatikan adalah:

Rasio likuiditas = aset likuid / pengeluaran per bulan. Aset likuid adalah kas atau aset setara kas yang dapat dengan mudah diperoleh, misalnya tabungan, giro dan deposito. Rasio ini dapat juga disebut sebagai dana cadangan yang idealnya 6 – 12 bulan. Artinya ketika seseorang kehilangan pekerjaan maka ia memiliki dana untuk mendanai pengeluaran 6 bulan sambil mencari pekerjaan baru.

Rasio Tabungan = uang yang ditabung / pendapatan. Idealnya adalah lebih besar dari 10%. Rasio ini sangat penting, karena jika ingin kaya maka anda harus menyisihkan sebagian pendapatan.

Rasio Perbandingan Hutang terhadap Aset = hutang / aset. Idealnya adalah lebih kecil dari 50%

Rasio Kemampuan Pelunasan Hutang = pengeluaran untuk membayar hutang / pendapatan. Idealnya adalah lebih kecil dari 35%.

Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan = aset investasi / nilai aset bersih = aset investasi / (aset – hutang). Idealnya adalah lebih dari 50%. Untuk menjadi kaya maka harus banyak proporsi aset yang merupakan aset investasi, misalnya properti, saham dan reksadana.

Untuk dapat mengecek rasio keuangan, anda dapat menggunakan tool dari carajadikaya di link ini.  Sebelum memulai siapakan dulu data-data berikut:

- Total kas, giro, deposito, tabungan yang dimiliki
- Total aset investasi (properti, reksadana, obligasi, saham)
- Total aset lainnya (rumah, mobil, motor, furniture, elektronik)
- Total hutang (KPR/KTA, kartu kredit)
- Penghasilan per bulan
- Pengeluaran per bulan
- Cicilan KPR per bulan
- Cicilan non KPR per bulan
- Menabung/investasi per bulan

Setelah memasukkan data-data tersebut maka akan diberikan perhitungan rasionya dan diberikan saran untuk mencapai tujuan keuangan. Umumnya kesalahan banyak orang adalah tidak menyediakan dana untuk investasi atau kesulitan untuk meningkatkan investasi karena uangnya telah habis untuk kebutuhan sehari-hari. Agar menjadi kaya dan pensiun lebih nyaman kuncinya adalah memiliki investasi yang cukup.

Salah satu cara mengembangkan uang yang cukup cepat adalah melalui online trading, langkah ini memang beresiko tinggi karena justru berpotensi bakal kehilangan uang. Akan tetapi jika ditekuni dengan baik dan dilakukan secara benar profit yang dihasilkan tak kalah menggiurkan.

Ketika merasa tidak ada uang yang tersisa untuk investasi, langkah pertama yang dilakukan adalah memaksa menabung atau investasi dengan auto debet minamal 10% gaji ke rekening terpisah atau ke reksadana. Ketika hal ini terjadi anda mau tidak mau harus berhemat atau mencari penghasilan lain. Lebih baik jika fokus pada mencari penghasilan lain, karena penghasilan dapat bertambah tidak terbatas sedangkan penghematan ada batasannya. Secara regular harus dilakukan pemeriksaan keuangan ini maximal 1 tahun sekali. Sama halnya bagaimana seseorang melakukan medical checkup berkala.




Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Sponsored Post
CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja