Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Beragam Jenis Uang Elektronik di Indonesia



CAHYOGYA.COM - Hidup di zaman modern yang serba elektronik dengan tingkatnya jumlah penduduk yang semakin membutuhkan sistem-sistem elektrik agar dapat melancarkan dan mempermudahkan mereka dalam kegiatan sehari-hari. Dengan hal tersebut pemerintahan di setiap Negara sudah membangun sebuah fasilitas dengan menggunakan sistem eletrik yang akan membantu masyarakat, yakni uang eletrik atau electronic money.

Ini Beragam Jenis Uang Elektronik di Indonesia

Di Negara Amerika, sudah meluncurkan electronic money atau uang online beberapa tahun yang lalu sebelum Negara-negara yang lainnya menemukan hal tersebut. Hal yang dapat diambil dari manfat-manfat uang elcetronik tersebut, dapat kita verifikasikan berdasarkan jenis uang elektronik yang digunakan, yakni terbagi dua jenis, prepaid  (prabayar) dan credit (hutang)sistem. Dari segi jenisuang elektronik, ada beberapa perbedaan :

1. Prepaid (prabayar)

Sistem prepaid atau dikenal dengan istilah prabayar, kartu yang digunakan sebagai alat pembayaran, sebelumnya sudah terisi terlebil dahulu, dengan kata lain kita sudah mendepositkan uang milik kita yang akan digunakan di dalam sistem ini.

2. Credit (hutang)

Perbedaan jenis ini dengan prabayar adalah si pengguna atau card holder meminjam uang kepada pihak bank untuk melakukan pembayaran. Dan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil atau menggunakan uang elektronik dengan sistem tersebut berdasarkan peraturan bank yang meminjamkan.

Kedua jenis uang elektronik prabayar dan credit, sudah berlaku di Indonesia dengan tujuan agar masyarakat dapat mengurangi sistem pembayaran langsung atau berbentuk fisik. Manfaat dari keduanya memiliki peran yang sama, hanya saja jenisnya yang berbeda, akan tetapi bentuk keduanya pun sama yakni berbenuk kartu. Di lingkungan masyarakat yang kita kenal sebagai kartu, kartu kredit and kartu prabayar. Manfaat dari dari uang elektronik e-cash adalah:

1. Mudah dibawa kemanapun, praktis dan simple.

2. Tidak perlu membawa uang cash untuk melakukan pembayaran sehingga melancarkan pembayaran dengan bmudah dan cepat.

3. Aman digunakan di manapun, misalnya masyarakat dapat membeli pulsa di mesin atm, bahkan ada fasilitas termudah di Alfamart atau minimart yang sudah bisa menjual pulsa dengan cukup menggunakan card kita puntuk membelinya.

4. Dapat digunakan untuk transaksi yang lain.

5. Bagi yang pemegang kartu kredit (card holder), sering disediakan fasilitas tertentu sesuai dengan jumlah penggunaan dan juga terdapat diskon di setiap toko pembelanjaan tertentu.

Manfaat tersebut sangat membantu pemerintahan untuk mengurangi sistem pembayaran secara fisik dan dapat digunakan dimana-mana. Pemerintahan pun telah memberikan fasilitas yang cukup menarik untuk masyarakat menggunakannya, misalnya kita dapat menggunakan untuk pembelian tiket kereta api, bus, dan lain –lainnya.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja