Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Selai Buah Naga Yang Simple dan Mudah



CAHYOGYA.COM - Buah adalah salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah selalu direkomendasikan sebagai bahan makanan yang harus dikonsumsi rutin di setiap harinya. Kandungan vitamin serta serat yang dominan pada buah inilah yang menjadi nilai terbaik dari buah untuk kesehatan tubuh. Adapun selain langsung bisa dikonsumsi, buah juga bisa dibuat berbagai olahan. Salah satunya adalah dengan dibuat selai, seperti cara membuat selai buah naga ini.

Cara Membuat Selai Buah Naga Yang Simple dan Mudah

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang baru, karena memang baru dikenal oleh masyarakat. Buah ini baru saja masuk ke pasar-pasar dan dibudidakayakan di semua area Indonesia dalam periode sepuluh tahun terakhir. Pada awalnya buah ini hanya bisa dijumpai di Papua saja, sehingga masyarakat banyak yang belum kenal. Namun saat ini buah naga sudah bisa didapatkan dengan mudah di berbagai kota di Indonesia.

Bentuknya yang unik, seperti tubuh hewan ular naga inilah yang membuat buah ini disebut dengan nama buah naga. Batangnya pun seperti kaktus yang memiliki duri-duri. Namun siapa sangka ternyata rasa dari buah ini sangatlah lezat.

Buah ini bisa langsung dimakan begitu saja setelah dikupas atau dibuat jus. Selain itu, ternyata buah ini juga bisa dibuat selai yang nikmat, sehingga bisa menjadi teman makan roti, jual selai buah naga bisa menjadi salah satu peluang bisnis baru di Indonesia.

Berikut adalah cara membuat selai buah naga sederhana :

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah,

-    Buah naga sebagnyak 350 gram yang sudah dikupas
-    Gula pasir
-    Jeruk nipis 1 buah

Tahap-tahap cara membuat selai buah naga adalah :

1. Langkah pertama

Potongi buah naga yang sudah tanpa kulit tadi menjadi kecil-kecil dan dipastikan sudah bisa dihaluskan. Cara menghaluskan buah naga ini pun cukup mudah, yakni dengan menggunakan sendok garpu. Tidak perlu menggunakan blender, karena tidak perlu sampai halus.

2. Langkah kedua

Siapkan panci kecil sebagai wadah untuk memasak bahan-bahan.

3. Langkah ketiga

Masukkan buah naga yang sudah halus ke dalam panci, lalu masukkan 4 sendok makan gula pasir, lalu berikan perasa air jeruk nipis. Aduk sampai semuanya rata.

4. Langkah keempat

Masak selai sampai mengental dengan api yang kecil saja. Sambil menunggu matang, icipi rasa selai apakah sudah pas manisnya atau belum, karena kita masih punya kesempatan untuk menambahi gula jika kurang manis.

5. Langkah kelima

Angkat selai setelah dirasa memiliki kekentalan yang cukup. Dinginkan dulu sebelum dimasukkan ke dalam kaleng selai. Jangan lupa menutup rapat kaleng selain dan masukkan kulkas agar selai selalu awet.

Itulah cara membuat selai buah naga yang sangat sederhana dan bisa langsung dipraktikkan di rumah tanpa ribet. Sangat mudah karena memang selai home made ini dibuat tanpa bahan pengawet dan bisa semakin tahan lama jika disimpan di dalam kulkas. Kebersihan dan kesehatannya pun terjamin.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja