Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mudah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak



CAHYOGYA.COM - Tidak mudah membuat anak untuk senantiasa memiliki nafsu makan yang stabil. Jangankan anak – anak, orang dewasa sekalipun kadang juga masih pilih – pilih makanan. Inilah tantangan bagi orang tua untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi dengan baik. Terlebih apabila anak Anda masih berusia kecil, yang mana belum bisa mengungkapkan apa yang diinginkannya. Ini artinya, Anda lah yang harus peka terhadap respon yang ditunjukkan anak.

Tips Mudah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Saat anak belum mampu berbicara, biasanya anak akan merespon melalui sikap yang ditunjukkannya. Sederhananya, ketika anak menolak makanan yang Anda berikan, ada kemungkinan anak sudah kenyang atau anak tidak menyukai makanan tersebut. Untuk itu, simaklah ulasan berikut ini guna mengetahui tips yang perlu dilakukan untuk memenuhi nutrisi pada anak.

Berikan Makan Sesuai Jadwal

Umumnya, makan berat dilakukan tiga kali dalam sehari; pagi, siang dan malam. Nah, jadikanlah jam – jam ini sebagai patokan untuk memberikan makan pada anak. Pola makan yang teratur dan terus diulangi secara rutin akan membantu mengaktifkan jam tubuh pada anak. Ini akan membuat anak terbiasa makan pada waktu – waktu tersebut.

Kenali Selera Makan Anak

Saat anak belum mampu berbicara untuk menyampaikan keinginan mereka, bukan berarti Anda bebas menjadi orang tua yang egois. Ingat, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan nutrisi pada anak terpenuhi dengan baik tapi tidak dengan cara yang membuat anak merasa tidak nyaman. Seringkali orang tua akan memaksa anak untuk membuka mulut dan makan, padahal anak sudah bersikeras menolaknya. Inilah kesalahan umum yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu jangan sampai Anda memaksa ketika anak sudah enggan membuka mulut atau sengaja memuntahkan makanan yang diberikan. Penolakan yang ditunjukkan si kecil ini adalah kode. Bisa berarti anak sudah kenyang, anak tidak menyukai rasa makanan, atau bisa juga anak sudah bosan dengan menu tersebut.

Variasikan Makanan
 

Sama seperti orang dewasa, anak juga mempunyai rasa bosan apabila setiap hari diberi menu makanan yang itu – itu saja. Oleh karena itu, mulai sekarang coba catat beberapa menu makanan untuk si kecil. Variasikan menu – menu makanan yang ada agar anak tidak bosan, dengan demikian diharapkan anak akan menyukai aktivitas makan beratnya.

Selain itu, Anda juga dituntut untuk lebih kreatif dalam mengkreasikan tampilan makanan. Sajikan makanan dengan tampilan yang lebih menarik. Misalnya saja tomat yang dipotong bisa dijadikan mata, lalu hidungnya bisa memanfaatkan irisan wortel dan lainnya. Kreasikan semenarik mungkin agar anak semangat untuk menyantap makanan.

Berikan Makanan Selingan

Apabila dulu ketika 6 bulan pertama anak harus full ASI. Maka ketika anak sudah memasuki usia 7 bulan, anak harus dikenalkan dengan MPASI atau makanan pendamping ASI. Begitu pula saat anak sudah memasuki usia 10 bulan, 11 bulan, 12 bulan dan seterusnya. Seiring perkembangannya, kebutuhan nutrisi pada anak juga semakin bertambah.

Meski anak rutin menyantap makan berat pada tiga waktu (pagi, siang dan malam), namun porsi makan anak masih sangat sedikit dan dinilai belum mencukupi nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu Anda perlu memberikan makanan selingan, bisa berupa buah – buahan, biskuit, dan lainnya.

Demikian tadi beberapa tips yang harus diperhatikan dalam upaya memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Tetap semangat menjadi orang tua yang sabar dan hebat dalam memberikan sajian sehat untuk anak ya. Dengan begitu anak akan dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja