Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Playmaker Terbaik Yang Pernah Dimiliki Timnas Indonesia



CAHYOGYA.COM - Tak ada salahnya beli tiket pertandingan Indonesia vs Islandia sekarang! Tapi malas antri dan panas-panasan? Tenang, kamu bisa beli online di Bukalapak! Bukalapak merupakan mitra jual tiket Indonesia vs Islandia resmi sehingga kamu bisa beli online lebih cepat dan aman. Sebelum seru-seruan coba kenali playmaker terbaik Indonesia yuk!

3 Playmaker Terbaik Yang Pernah Dimiliki Timnas Indonesia

Setiap individu pemain sepak bola pastilah memiliki tugasnya masing-masing, mulai dari kiper, striker, playmaker (gelandang), dan bek. Menjadi seorang gelandang tidaklah mudah. Namun Indonesia memiliki playmaker unggulan dan terbaik yang pernah membela Indonesia. Berikut adalah daftar nama-namanya gelandang hebat sejak era 1950an:

  • 1. Firman Utina: 

Who doesn’t know him? Dia adalah seorang pemain sepak bola yang memiliki julukan: Si Anak Emas Bendol yang mana adalah salah satu playmaker terbaik Indonesia. Terbukti sejak penampilan gemilang Firman di Piala AFF 2010, tak ada lagi gelandang Indonesia yang memiliki tipe bermain sepertinya. Karier bermain Firman dimulai dari klub Indonesia Muda sebelum pindah ke Bina Taruna. Tiga tahun bersama Bina Taruna, Firman pun direkrut Persma Junior (tim semi-profesional asal Manado) yang dilatih Bendol pada 1999.

Nah, sejak saat itulah julukan si anak emas Bendol disematkan kepada Firman, karena gelandang bertinggi badan 165 cm itu mengikuti Bendol hingga ke Persita Tangerang dan Arema Malang. Dia mengukir namanya sebagai salah satu gelandang kreatif terbaik Indonesia bersama klub-klub yang pernah dibelanya, termasuk Persib Bandung dan juga Sriwijaya FC. Selain itu, dia juga memiliki sebuah visi yang baik, yaitu dalam mengalirkan bola dan mengkreasikan serangan, tak hanya memiliki presisi operan yang baik, Firman juga punya tendangan jarak jauh yang baik dan bisa jadi solusi pencetak gol dari lini kedua. Pada Piala AFF 2010, Firman ditunjuk menjadi kapten timnas Indonesia oleh Alfred Riedl dan juga terpilih jadi pemain terbaik turnamen antar-klub Asia Tenggara tersebut, meski faktanya Indonesia hanya jadi runner-up dan kalah oleh Malaysia.

  • 2. Alm. Ronny Pattinasarany: 

Beliau dinobatkan sebagai legenda pesepak bola Indonesia. Semasa hidupnya, salah satu gelandang terbaik yang pernah membela timnas Indonesia ini menghabiskan kariernya di PSM Makasar. Yang menarik adalah puncak karier Ronny justru terjadi di akhir kariernya. Berkarier sebagai profesional sejak 1963, Ronny tercatat pernah masuk dalam daftar tim All-Star Asia pada 1982, selain juga meraih medali perak SEA Games 1979 dan 1981 bersama timnas. Selain itu juga, dia terkenal dengan sebutan seorang playmaker dengan teknik jempolan. Dalam sebuah pertandingan persahabatan antara PSSI Utama dengan Washington Diplomats, yang diperkuat sang legenda Belanda di akhir kariernya, di Gelora Bung Karno pada Oktober 1980, Ronny sempat membuat sebuah ‘pertunjukkan’ teknik yang membuat Cruyff mencari-carinya setelah laga usai.

  • 3. Iswadi Idris 

Dikenal sebagai salah satu pemain paling berbahaya di Asia. Pemain yang dijuluki ‘Si Boncel’ karena tingginya yang hanya 165 cm ini adalah pemain yang serba bisa, meski posisi utama yang sering ia tempati adalah sayap kanan. Ia memang paling berbahaya ketika dimainkan di sisi lapangan – kecepatan adalah senjata utamanya, dan ia bisa memaksimalkannya ketika bermain di sayap.

Sebenernya impian dia sejak dulu adalah menjadi seorang pelari. Tapi gara-gara temannya bergabung dengan Persija Junior, Iswadi baru tertarik untuk mencoba sepak bola juga. Ternyata selain kecepatan larinya yang mumpuni, Iswadi pun punya teknik sepakbola yang bagus. Ia pun berkembang menjadi pesepakbola yang bagus, yang berpuncak pada keberhasilannya merebut medali perak Asian Games 1970. Kualitas kepemimpinannya juga membuat Iswadi sering ditunjuk menjadi kapten timnas sejak awal 1970an hingga akhir kariernya bersama Merah Putih di tahun 1980.

Dari ketiga playmaker atau gelandang tersebut manakah yang mempesona menurut anda? Nah bicara soal sepak bola, pada tanggal 11 & 14 januari besok Indonesia akan melawan Islandia dalam pertandingan uji coba. Dan Bukalapak menjual tiket indonesia vs islandia resmi loh. Segera dibeli ya!



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja