Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Suara Drumband Gaib Lewat Tengah Malam di Jogja



CAHYOGYA.COM - Media berita aneka tips dan pengetahuan baru terlengkap. Anda pernah tinggal di Jogja? atau bermalam beberapa hari di Jogja dan mendengar suara drumband misterius di malam hari? . Cerita ini berawal dari puluhan tahun yang lalu dan setidaknya sampai tahun 2014 ini suara genderang/Drumband/aubade di Jogja pada waktu tengah malam masih terdengar bagi sebagian orang yang "beruntung" . Setiap tengah malam, di hari hari tertentu, orang yang sedang tinggal di jogja pasti mendengar suara drumband. Kalau yang rumahnya barat, pastilah mengira asal suara itu dari timur, kalau  rumahnya daerah selatan pastilah mengira itu asal suara drum-band dari arah utara, begitu pula sebaliknya. Anehnya, suara itu ketika dicari tidak ada satupun yang menemukan. Ini semua orang jogja asli pasti tahu.


Percaya tidak percaya. Sejumlah orang pernah mendengar dan membahas cerita ini. Yakni legenda soal suara drumband misterius yang lamat-lamat didengar sejumlah orang di Kota Yogyakarta. Tak sedikit orang Yogya atau perantau yang bahkan pernah menelusuri asal suara drumband itu, termasuk Prof. Mahfud MD yang puluhan tahun lalu pernah mengalami kejadian ini saat kuliah di Jogja. tapi hasilnya nihil.

Asal Suara Drumband Gaib Saat Tengah Malam di Jogja



Dulu sekitar tahun 1990 seorang sumber berita pernah mencoba melacaknya. Sang sumber berita mengatakan waktu ia tinggal di daerah Gedong Kuning, sempat menyangka bahwa ini adalah suara dari Korps Marching Band-nya para karbol Akademi TNI-AU. Namun begitu diburu kearah Maguwo, belum sampai habis Jalan Banguntapan-Maguwo suara tersebut sudah pindah lagi ke arah selatan. Begitu diikuti ke selatan (arah Banguntapan), suara tersebut seakan-akan berpindah ke Barat, atau dari arah kota Yogyakarta. Begitu juga sekitar tahun 1994, sewaktu ia berada di sekitar daerah Kentungan, Jalan Kaliurang Km 7, Suara Genderang tersebut terdengar demikian kerasnya. Seolah-olah sedang berada di sekitar Asrama Haji Ring Road. Karena penasaran, dengan sepeda motornya waktu itu mencoba memburu kesana. Namun lagi-lagi kecewa. Karena Sumber suara tersebut tidak juga ditemukan.

Berbagai mitos dan kisah yang saya dapatkan dari orang tua & teman-teman saya, ada beberapa versi  :

1. Suara itu adalah suara genderang Pasukan Nyi Roro Kidul, (Ratu Ghaib wanita penguasa Samudera Selatan jawa) yang sedang menuju Gunung Merapi dari Laut Kidul atau sebaliknya.

2. Suara tersebut berasal dari genderang pasukan ”khusus” pengawal wilayah Ngayogyakarta yang sedang berpatroli/ronda namun tidak tampak oleh mata manusia biasa.

3. Ada mitos yang menyebutkan, kalau pendatang atau perantau yang kebetulan singgah di Yogyakarta dan kebetulan mendengar Suara genderang ini maka hatinya tidak akan terpisah lagi dari Yogyakarta. Selalu terkenang dan merindukan Yogya. Bahkan menurut sebagian orang cepat atau lambat mereka pasti akan kembali lagi ke kota Yogya.

Biasanya Suara Genderang Misterius itu terdengar di waktu sore antara waktu sholat Ashar dan Maghrib. Namun tidak jarang terdengar pula di waktu dini hari. Suara Genderang tanpa pernah diketahui secara pasti dimana keberadaan sumber ataupun para “pemain” nya ini masih jadi misteri yang melengkapi kekayaan kisah Legenda serta mitos Kota Yogyakarta.


Apakah teman-teman pernah mengalaminya? Jika ya mungkin bisa berbagi lewat kolom komentar.. 



Berikut ini Laporan & Tanggapan Pengguna social media tentang keberadaan mitos suara Drumband/aubade di tengah malam di beberapa tempat.


-Dede Harjanti : Dulu,waktu kuliah dini hari gt saya sering dengar drum band jg, kedengarannya dr jauh,tp jelas sekali suarane. Terus saya tanya ke teman saya yg asli jogja, katanya itu mmg bgtu,critanya para prajurit kraton jaman dlu. Yg bs dgr itj bakal : tinggal d jogja/krja d jogja/dpt jodoh d jogja.  saya waktu itu ga takut,malah bs buat alarm bangun pagi dan sinau. 
-Rian Sekaratmenunggupagii : nek jare mbahku lho pakdhe : kui nyi roro kidul bar bali seko kraton arep bali ngidul .. nek bejo yo iso krungu gamelan barang..
-Wandri Pratama Chan : Aku yo prnh ngalami ngene iki mbah nganti krungu gamelan e juga kok,gamelane gawe adem ati lak dirungokne,yo podo neng wonosari juga,yo iku seng marai kangen jogja,bedo karo daerah liane,pokok e pengen mbalek neng jogja neh 
-Guntur Wisrakape : Itulah Istimewanya, semoga kalian diberi kesempatan bisa dengerin suara gamelan juga ya...
-Yuniar Rinawati Wiranto : Wit pindhah Ygy th 2003 kulo nggih asring mireng drumband sakjam-jame..
-Nuri Free : Smp sekarang msh sering kedengeran.sering" e pagi jam 4an. Kl dari maguwoharjo suarane dari arah selatan mbah. malah saget ngge hiburan kok.
-Arie Alvrianda Itoojerry : Boleh percaya boleh tidak,sayapun sering mendengar pada malam2 tertentu..tpi suara gamelan,saya tanya temen di deket saya katanya ngga denger apa2..tepatnya daerah gunungkidul(tanah kelahiran saya)
-Ardhie Pratama : itulah jogja yg penuh dgn,se dari ayah saya kecil hingga saya bsr sering denger suara dramband,arahnya adisucipto stelah dilihat kesana gak ada,berganti arah keutara lgi.itu sbgi wujut kearifan lokal kota jogja.smoga tetap ada hingga akhir zaman. es tau tak turut nganti ktok kaliurang kui mbah suoro drambandne.
-Prastika Reva : di daerah krapyak sewon ,tmptku ,yo masih trdengar mbah ,ak yo tw krungu dhewe ,yo wis biasa gndeng mbah kakung ku mbyen yo abdi dalem e kraton ,pndk mlm trtntu ngumbah keris brng .
-Jhoen Kouprietz : nek jare mbahku mbiyen kiy jenenge tok dandang dirasani ilang suarane nek Θΐ cuekin muni meneh ,
-Yayan Budiana : Seantero jogja juga begitu mbak... yg di daerah Bandara bilang dri AAU... yang di daerah Kraton bilang dari Kraton.. yg daerah Kotabaru bilang dari Tangsi.. yang di daerah sungai pasti bilang dri arah sungai... semua waktunya ga logis dri jam 2 mpe subuh...
-Budi Wibowo : kalo puasa biasanya orang latihan takbiran hla tapi kalo bukan? ya mungkin pertanda mbak e bakal betah djogja
-Ajie : Itu dh biasa mb.. Dah sjk sy msh kcl hhhaa.. Jogja istimewa.. Jogja mmg mistis.. Itulah bedanya jogja dgn kota2 yg lain..
-Pungky Kurniawan Suseno : kalo drumband memang udah lama...menurut cerita dahulu itu abdi dalem yang lagi latihan.
-Enan : lha kui ndesoku ngono ki lur mesti nek ono pendatang kadang sok ono suara ngono kui drumband e yo apek dirungonekke tapi mbasan tak golek i mubeng2 rak ketemu pdahal yo omahku mug daerah kota baru jejer kali code ndesoku yo rak adoh seko omah
-Asep Prambudi : Drumband setan kui. Wes biasa, Neng kotagede nek yahmene tekan subuh yo mesti krungu sero.
-Waluyo Cah Jogja : Aku tau krungu kabar'e kwi, jarene wong tuwo biyen, kuto jogjo tau enek londo seng arwah'e gentayangan..mergo mati jaman perang.
-Ricky Putra Knc : itu mitos kejadian lama tp nyampe skrg mitosnya masih ad,cerita dulu ketika ad drumband ketika didekati akan hilang tp klo dijauhi malah akan terdengar keras..mitos itu jg klo dicari2 akan menemukan sekumpulan org bermain drumband memakai baju adat jogja dan sekumpulan prajurit keraton,ketika diikuti mereka akan membawa kita kealam gaib dan ga akan bisa lg kluar,itu biasa terdengar disekitar bandara,klo info dari kesatuan TNI au/pom au kejadian itu sudah biasa n dah lama terjadi.itu jg salah satu keistimewaan kota jogja,seperti keraton yg sangat erat dgn kegaibanya
-Asep Prambudi : Jare ibuku nek wes tau krungu drumband setan, selamanya bakal tinggal ng jogja.
-Dimas Hanan : iya min biasanya sore sore menjelang maghrib. kata warga asli wonosarinya itu arwahnya pejuang jaman dahulu 

Komentar Dari Facebook Keliling Jogja..






Hallo, cah yogya! Mari bergabung dengan kami di www.cahyogya.com. Kami mengajak anda untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam penyebaran informasi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Anda bisa mengirimkan artikel tentang potensi wisata atau informasi terkait dengan desa anda atau tempat yang menurut anda menarik. Artikel bisa dikirim via Email ke andy2dsd@gmail.com atau bisa menghubungi saya via menu contact. Trimakasih..



Update News By : Andy2dsd



Berlangganan via Email