Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wow, Ada Wisata Bahari di Gunungkidul Yogyakarta

Wow, Akan Ada Wisata Bahari di Gunungkidul Yogyakarta

CAHYOGYA.COM - Yogyakarta sebagai kota budaya dan pariwisata seakan baru mencapai tahap perkembangan yang luar biasa. Beberapa tahun belakangan tanpa mengabaikan daerah lain sepertinya Gunung kidul, Yogyakarta mendapat perhatian khusus dalam hal pariwisata di Jogja, kita bisa lihat hasilnya sekarang ini wisatawan baik lokal maupun internasional kalau mau ke pantai mereka tidak hanya ke Parangtritis di Bantul atau ke Glagah di Kulonprogo, banyak dari mereka yang mulai kepincut dengan keperawanan berbagai spot pantai baru di Gunung kidul.


Akan Ada Wisata Bahari di Gunungkidul Yogyakarta




Kalo anda liburan ke Yogyakarta, maka rasanya nggak lengkap kalo nggak nyempetin jalan-jalan ke Daerah Gunungkidul terutama pantainya. Walaupun selain itu, pariwisata di Gunungkidul nggak hanya pantai aja, tapi masih ada obyek wisata lain yang juga tak kalah menarik seperti Air terjun, gunung api purba, wisata sungai kali suci dan masih banyak lagi.

Nah, apa akan ada yang baru lagi? Wisata Bahari inilah jawabannya. Tapi wisata bahari ini baru sebatas wacana dan akan terus dikaji lagi. Mengapa belum bisa terealisasi?. Karena kita semua tahu pantai selatan di Yogyakarta  ini mempunyai karakteristik yang berbeda dibanding laut di daerah lain. Ombak laut selatan ini lebih besar daripada ombak di laut yang lain. Tapi tentu nggak setiap waktu ombak lautnya besar, karena di waktu-waktu tertentu juga tidak terlalu besar. Nah inilah yang akan dikaji terus oleh pengelola wisata bahari di Gunung kidul kelak.

Jika selama ini pengunjung wisata pantai di Gunungkidul hanya cukup menikmati keindahan pantainya,maka kelak akan ada pilihan alternatif wisata yaitu wisata bahari. Wacana inilah yang sedang menjadi salah satu pengembangan potensi wisata di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mewacanakan adanya pengembangan wisata bahari yang akan terintegrasi ke Bantul dan Kulon Progo.Tentu ini sangat menyenangkan bagi para pelancong.

Pengembangan wisata bahari merupakan implementasi dari kebijakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dimana among tani diubah menjadi dagang layar yang artinya mengubah paradigma dari bertani berkembang ke laut. Selain pengembangan dari kebijakan tadi, konsep ini muncul dari hasil studi banding di Raja Ampat Papua oleh dinas Pariwisata DIY .

Wilayah Yogyakarta yang memiliki garis pantai yaitu daerah Gunungkidul,Bantul serta Kulonprogo. Rencananya wisata bahari akan dikembangkan dengan bekerjasama dengan kedua wilayah tersebut.Rencananya Pelabuhan Pantai Sadeng akan dijadikan pintu utama sebagai gerbang jalur laut Gunung Kidul menuju Bali via Pelabuhan Karangasem, Bali. Wah.. betapa luar biasanya bagi kemajuan pariwisata di Jogja jika ini bisa terealisasi.

Jika wisata bahari bisa dilaksanakan,maka Pariwisata di Yogyakarta akan semakin menggeliat dan tingkat kunjungan pariwisata di Yogyakarta juga akan semakin ramai terutama untuk destinasi wisata di Gunungkidul.


Meskipun masih sebatas wacana, menurut saya wisata bahari ini memang akan menjadi menarik. Sebab untuk wilayah Pantai Gunungkidul yang berpasir putih dan mempunyai banyak karang akan menjadi daya tarik yang eksotik. Selain itu juga kuliner ikan lautnya yang sudah menjadi incaran bagi pelancong. Hampir di pantai-pantai Gunungkidul sudah banyak warung yang menyediakan kuliner ikan laut.

Nah ,kapan akan terealisasikan wisata bahari ini ? Bagi saya yang suka jalan-jalan ke wisata alam tentu mengharapkan secepatnya. Nah terlebih bagi orang yang suka pantai. Tentu akan lebih mengasyikkan jika bisa berwisata bahari. Tak perlu jauh-jauh wisata bahari kalau di Jogja juga ada... :)

nah, bagaimana pendapat anda?

Wisata Bahari di Gunung kidul Yogyakarta


source: http://jogja.antaranews.com/.../pemkab-gunung-kidul-wacanakan-pengembangan-wisata-bahari


Update News By : Andy2dsd


Incoming search terms:

  • Tempat wisata di Yogyakarta
  • Wisata unik di Yogyakarta

4 comments for "Wow, Ada Wisata Bahari di Gunungkidul Yogyakarta"

  1. Sebagai warga Jogja, saya mendukung kalau Jogja punya pelabuhan yang bisa disinggahi kapal pesiar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, mari kita dukung pengembangan dari kawasan pesisir Jogja

      Delete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih kunjungannya.. mari perkenalkan wisata Indonesia ke dunia..

      Delete