Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Humas Polda DIY Akhirnya Klarifikasi Isu "Klitih" di Jogja

Humas Polda DIY Akhirnya Klarifikasi Isu "Klitih" di Jogja



CAHYOGYA.COM - Akhirnya Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menanggapi isu berita "Klitih di Jogja" yang belakangan ini santer terdengar di berbagai media sosial. Pada Hari Rabu, 15 Oktober 2014 Pukul 11:05 Siang melalui sebuah himbauan yang disampaikan oleh Kabid Humas Polda DIY melalui website resminya.




Inilah Isi Klarifikasi Polda DIY Tentang Aksi Klitih di Jogja





Semakin meluasnya penyebaran berita Klitih di Jogja melalui sosial media dan pesan berantai akhirnya berita itu mendapat tanggapan juga dari Kabid Humas Polda DIY, sebagai salah satu pihak yang berwenang di Jogja. Pada hari Rabu, 15 Oktober 2014 Pukul 11:05 WIB kemarin Polda DIY melalui website resminya di jogja.polri.go.id menyampaikan himbauan secara langsung kepada seluruh warga Jogja khususnya para remaja agar tidak termakan isu-isu yang menyebutkan bahwa di Yogyakarta terjadi aksi anarkisme, geng-geng yang membuat onar, pembacokan, bocah klithih, kliten, Raden Kyai Santang dan yang lainnya.

Umumnya berita terkait tindak kejahatan "Klitih" tersebut beredar melalui sosial media dan juga pesan berantai melalui smartphone. Seperti pada artikel saya sebelumnya "Daftar Daerah Rawan Klitih di Jogja" yang  di rangkum dari keterangan yang beredar di sosial media. Berikut kutipan isi himbauan Kabid Humas Polda DIY terkait berita Klitih di Jogja yang akhir-akhir ini beredar.





HIMBAUAN KABID HUMAS POLDA DIY KEPADA MASYARAKAT download pdf


Himbauan kepada masyarakat luas terkait dengan adanya SMS Center yang masuk ke Polda DIY, dimana isi SMS tersebut menyampaikan bahwa masyarakat saat ini dibuat resah dengan adanya SMS berupa isu yang beredar secara berantai, di Yogyakarta terjadi aksi anarkisme, geng-geng yang membuat onar, pembacokan, bocah klithih, kliten, Raden Kyai Santang. Disampaikan kepada kepada masyarakat luas bahwa isu tersebut adalah tidak benar, dan dihimbau untuk tidak mudah terprovokasi dengan adanya isu yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Masyarakat diharap tenang dan beraktifitas seperti biasanya. Polda DIY dan jajaran menjamin keamanan kota Jogja dan wilayah hukum Polda DIY agar tetap aman dan kondusif dengan meningkatkan kegiatan patroli di lapangan. dan jika masyarakat menemui tindak kriminal, diharapkan untuk menghubungi call center 110 atau SMS center 0811 2929 000 Itwasda Polda DIY. 





Polda DIY sudah mengklarifikasi bahwa isu tersebut adalah tidak benar, dan dihimbau untuk tidak mudah terprovokasi dengan adanya isu yang disebarkan. Lalu bagaimana dengan para korban yang beredar foto-foto dan ceritanya di sosial media, ada yang terkena pembacokan, pemukulan, bahkan hingga motor dirampas.??? Sebuah kebetulan yang luar biasa jika pelemparan Isu berita Klitih di Jogja ini hanya sebuah isapan jempol belaka.

Pada artikel saya sebelumnya yang berjudul Klitih, Gaya Kriminalitas Remaja di Jogja?saya sudah sampaikan dari pengalaman saya sendiri aksi Klitih di Jogja itu memang nyata adanya, namun sepengetahuan saya hanya beredar di kalangan remaja SMP / SMA dan tindakan yang mereka lakukan sebatas berdasarkan rivalitas Gank antar sekolah, tidak menyasar orang-orang secara umum.

Terlepas dari himbauan Polda DIY dan pengalaman saya tentang tindak kriminalitas kitih ini, harusnya kita semua bisa mengambil satu pelajaran dari benang merah kejadian ini. Yang pertama jangan memakan berita secara utuh sebelum adanya tanggapan dari pihak-pihak terkait, dan yang kedua kita harus selalu waspada dan berdoa dimanapun dan pada situasi apapun, ingat tindak kriminal terjadi bukan karena ada niat, tapi karena adanya kesempatan. Untuk teman-teman yang masih mendapat Broadcast atau pesan yang beredar di sosial media, Mari berprasangka baik namun tetap waspada!!.



Humas Polda DIY Akhirnya Klarifikasi Isu "Klitih" di Jogja



Update News By : Andy2dsd



Incoming search terms:

  • berita klitih di jogja
  • korban klitih di jogja

Post a Comment for "Humas Polda DIY Akhirnya Klarifikasi Isu "Klitih" di Jogja"