Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nikmatnya Kopi Biji Salak Pondoh Khas Sleman


CAHYOGYA.COM - Tahukah anda biji dari buah salak ternyata juga bisa dijadikan bahan pembuat Kopi?. Berbagai inovasi olahan buah salak kini mulai di kembangkan di salah satu daerah penghasil buah salak di Sleman, Yogyakarta. Kopi berbahan dasar biji salak pondoh asli Sleman inilah yang salah satunya menjadi produk unggulan yang banyak diminati para wisatawan. Seperti apa kira-kira rasanya! 



Uniknya Kopi Berbahan Dasar Biji Salak di Sleman





Bisa dibilang mayoritas warga Sleman, Yogyakarta dalam kehidupan sehari-harinya masih menggantungkan diri pada hasil perkebunan, terutama Buah Salak, maka tidak heran banyak dari mereka yang memiliki perkebunan yang luasnya hingga puluhan hektar di sekitar lereng merapi masih bertahan hingga saat ini. Kondisi perekonomian yang sebagian besar tercukupi dari hasil perkebunan Salak yang bisa dipanen setiap tahun membuat sebagian warga Sleman enggan mencoba hal baru, seperti yang dialami oleh Bapak Adi winarto, Seorang petani Buah Salak di daerah Turi dengan luas lahan yang dimiliki mencapai 10 hektare. Hasilnya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup Istri dan anak-anaknya, sehingga beliau sudah tidak perlu bekerja diluar perkebunan salak lagi.

Saya dan teman-teman beberapa waktu yang lalu berkesempatan untuk berkunjung ke rumah beliau yang sejak tahun 2013 lalu sudah menjadi salah satu Home industri olahan buah salak di daerah Sleman yang cukup berhasil mengembangkan usahanya hingga menembus pasar ekspor. Salah satu inovasi dari olahan buah salak yang menarik yaitu Kopi dengan bahan dasar dari biji salak. Biji buah salak pondoh khas Sleman yang selama ini hanya digunakan sebagai bahan baku kerajinan ternyata sudah bisa dibuat menjadi sajian Kopi yang nikmat dengan berbagai khasiat. Kopi biji salak pondoh Sleman ini diyakini sangat bagus untuk penderita asam urat dan darah tinggi.

Kopi berbahan dasar dari biji salak sebenarnya bukanlah jenis minuman baru di Indonesia. Minuman khas ini sudah banyak dibuat oleh saudara-saudara kita di Tapanuli sebagai salah satu minuman khas disana. Namun, inovasi biji salak ini kemudian diadopsi oleh beberapa inovator di beberapa daerah penghasil salak di Sleman. Hal ini semakin menambah inovasi anak bangsa untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil pertanian lokal. Kopi Biji Salak dari Sleman ini terbuat dari 100% Biji Salak Pondoh Asli dari daerah Turi Sleman Yogyakarta (lereng Gunung Merapi), salak pondoh di daerah ini terkenal dengan rasa yang khas yaitu manis tanpa ada rasa sepet/asam, berbeda dengan salak di daerah lain yang masih ada rasa asamnya. Biji salak pondoh Turi pun lebih nikmat untuk dibuat kopi daripada salak dari daerah lain.

Kopi Biji Salak Sebagai Alternatif Pengobatan Asam Urat

Untuk pengobatan menggempur asam urat dan hipertensi, kopi biji salak ini dikonsumsi sebagaimana minum kopi biasa. Rasanya cukup nikmat (dengan masih tersisa sedikit aroma salak). Cukup sederhana tapi khasiatnya luar biasa!. Jika anda ingin menikmati sensasi kopi yang berbeda, tak ada salahnya jika anda mencoba kopi yang satu ini.

Update News By : Andy2dsd


Post a Comment for "Nikmatnya Kopi Biji Salak Pondoh Khas Sleman"