Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Tempat Kos Bu Menteri Susi Pudjiastuti di Jogja

Inilah Tempat Kos Bu Menteri Susi Pudjiastuti di Jogja


CAHYOGYA.COM - Menteri Perikanan dan Kelautan Ibu Susi Pudjiastuti ketika pertama kali sekolah di SMA Negeri 1 Teladan Jogja, sekitar bulan Mei 1981, Saat itu Ibu Susi Pudjiastuti mondok atau kos di Jalan Gampingan Baru No. 10, Kuncen, Wirobrajan, Yogyakarta. Tempat kos Ibu Menteri ini hanya berjarak sekitar 200 meter arah utara dari sekolahnya di SMA N 1 Teladan. Namun kini, tempat kos tersebut sudah berubah fungsi menjadi taman kanak-kanak, yakni TK Islam Al Haq. 



Cerita Masa Sekolah Bu Menteri Susi Pudjiastuti di SMA Teladan Jogja



Ketika pertama kali sekolah di SMA Negeri 1 Teladan Jogja, sekitar bulan Mei 1981, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti diterima di kelas 1/1. Saat menimba ilmu di SMA Negeri 1 Teladan Jogja, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti pernah mondok (kos) di Jalan Gampingan Baru No. 10, Kuncen, Wirobrajan. Tempat kos ini hanya berjarak sekitar 200 meter arah utara sekolah. Namun kini, tempat pondokan tersebut sudah berubah fungsi menjadi taman kanak-kanak, yakni TK Islam Al Haq.

Perubahan fungsi ini dikarenakan pemilik lama, Ibu Mujiati yang dulu adalah ibu kos dari Bu Menteri, telah menjual rumah tersebut kepada Purwanto yang juga menjadi salah satu pendiri TK Al Haq.Tahun 2010, Bu Mujiati menjual rumah ini ke Pak Purwanto, kemudian tahun 2012 Pak Purwanto mewakafkan ke TK Al Haq. Dulu TK-nya di sebelah timur, sekitar 300 meter dari tempat kos Bu Susi Pudjiastuti.

Inilah Tempat Kos Bu Menteri Susi Pudjiastuti di Jogja


Rumah-rumah di Jalan Gampingan Baru, merupakan perumahan zaman dulu. Suasana juga sangat terjaga dengan bangunan yang tertata rapi di kiri dan kanan jalan. Arsitektur zaman dulu masih sangat kental terlihat ada sejumlah rumah di jalan ini. Karena itu, diyakini tarif kos di daerah ini dulunya cukup mahal untuk wilayah sekitarnya, apalagi lokasinya sangat dekat dengan SMA Negeri 1 Teladan. Daerah ini boleh dikatakan daerah elite saat itu. Rumahnya gedungan semua, beda dengan yang ada di kampung, di timur atau utara.

Belum ada perubahan yang besar atas rumah bekas kos Bu Menteri Susi ini. Namun memang ada tambahan untuk kebutuhan murid TK, seperti arena bermain di sisi selatan, tempat berdoa di bagian utara. Lebih dari itu, memang masih tampak seperti aslinya. Selain ruang tamu dan ruang keluarga, ada 4 kamar tidur. Dua terletak di dalam (menyatu) dengan rumah induk, namun dua lainnya, satu merupakan paviliun dan satu di halaman bekalang.


Belajar di Bekas Kamar Bu Menteri Susi, Anak anak TK Berharap Jadi Orang Berguna 




Inilah Tempat Kos Bu Menteri Susi Pudjiastuti di Jogja


Soal sejarah rumah ini yang pernah ditempati Bu Susi, beberapa guru TK sudah bercerita kepada para murid. Terutama yang kelas tinggi (B3), yang kebetulan di kamar bekas Bu Susi. Anak-anak semuanya senang mendengar hal ini. Mereka jadi semangat. Dan bercita-cita, kelak jadi orang yang berguna seperti Bu Susi.


Dua Teman Sebangku Ibu Susi Pudjiastuti Ketika di SMA Teladan  Yogyakarta




Dua Teman Sebangku Bu Susi Pudjiastuti Ketika di SMA Teladan

Saat ini ada dua teman sekelas Menteri Susi yang kini telah meraih gelar tertinggi sebagai pengajar, yakni profesor pertama adalah Prof. Dr. Dwikorita Karnawati yang belum lama ini diangkat menjadi Rektor UGM wanita pertama dan yang kedua adalah Prof. Dr. Dwiyati Pujimulyani yang kini menjabat sebagai Kepala Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Follow Twitter : @CAHYOGYACOM