Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta

 

CAHYOGYA.COM - Ketika anda berwisata ke Jogjakarta pantai-pantai di Gunungkidul yang masih alami menjadi pengalaman asyik untuk menikmati refreshing anda. Wisata Air Terjun Pantai Jogan, yang berada di kawasan Pantai Jogan, Gunungkidul, Yogyakarta adalah salah satunya, pemandangan air terjun dari pegunungan yang mengarah langsung ke bibir pantai merupakan ciri khas dari pantai Jogan ini.




Wisata Jogjakarta: Air Terjun Pantai Jogan, Gunungkidul





Pada kesempatan kali ini kembali lagi saya akan menulis suatu daerah Wisata di Jogjakarta yang sangat unik dan jarang kita temui di daerah lain. Daerah Wisata Air Terjun Pantai Jogan bisa menjadi alternatif wisata pantai anda di Gunungkidul, selain karena pemandanganya yang indah, yang menjadikan pantai ini layak dikunjungi yaitu keberadaan air terjun yang berbatasan langsung dengan laut, sangat jarang ditemui di tempat lain. Lokasi Pantai Jogan berdekatan dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung (sekitar 200 meter arah Barat Pantai Siung), setelah melewati TPR akan menjumpai pertigaan, arah lurus menuju Pantai Siung dan jika belok ke kanan menuju Pantai dan Air Terjun Jogan. Kawasan pantai Jogan juga biasa dipakai sebagai tempat memancing.


Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta


Di Pantai Jogan ini asyiknya kita bisa menikmati guyuran air dari atas tebing pegunungan seribu, Untuk bisa menikmati guyuran air dari atas tebing kita harus turun ke bawah. Ada dua cara untuk turun menikmati air terjun pantai Jogan ini, pertama dengan cara menapaki turunan licin yang basah. Dengan berpegangan  pada kayu-kayu yang tersedia sebagai penopang tubuh.

Setelah melewati bebatuan yang licin dan curam, tersisa satu lagi tantangan, kita masih harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Penduduk sekitar biasa mengambil bayi kepiting ini untuk dimasak, menjadi teman makan nasi hangat di kala musim hujan. Bila beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan ratusan kupu-kupu bergerombol di bebatuan kering. Kedua yaitu dengan tehnik rappeling di air terjun. Tentu diperlukan peralatan dan kemampuan mumpuni untuk melakukannya. 


Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta



Pantai Jogan adalah pemberi kesegaran, laksana oase di luasnya hamparan pantai pasir putih Gunungkidul yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Membuat kita merasa kegersangan wilayah Gunungkidul hanyalah mitos belaka. Karena sebenarnya daerah Gunungkidul ini punya banyak sekali sumber air,  yang sayangnya tersembunyi di perut bumi, Hingga daerah ini pun dijuluki sebagai daerah seribu sungai bawah tanah. Pantai yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda dari surga pesisir selatan Jogja.


Lokasi Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta


Pantai dan Air Terjun Jogan sendiri tepatnya terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Jogan ada di sebelah Barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah Timur Pantai Timang. Koordinat Lokasi atau GPS S8°10'49" E110°40'33" (Lihat Google Maps)


Adanya Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan ini, Gunungkidul, Yogyakarta seperti tak habis-habisnya mempertontonkan keindahan dan keunikan pantainya. Seperti kita ketahui saat ini di Kabupaten Gunungkidul terdapat pantai yang terkenal menjadi daya tarik wisatawan lokal dan asing, seperti Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Ngobaran, dan lainnya.  Namun wisata Pantai Jogan Gunungkidul ini memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki wisata pantai Gunungkidul lainnya. Di kawasan ini terdapat air terjun Jogan. Air Terjun Jogan berasal dari sumber air tawar (sungai) di antara perbukitan karst yang mengalir jatuh ke laut. Pantai Jogan nyaris tidak memiliki  pasir pantai sebagai pembatas wilayah daratan dan laut, karena laut berbatasan langsung dengan tebing. Jika air laut sedang surut, pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dari bawah di antara bebatuan dan terdapat sedikit pasir. Namun jika air laut pasang, lokasi jatuhnya air terjun terendam air laut. Di sisi kanan dan kiri terdapat tumbuhan pandan, tepat di atas tebing karang memanjang dan jaraknya tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut. Dari atas tebing inilah pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun Jogan. Berikut lokasi air terjun Pantai Jogan yang digunakan untuk foto prewedding, Sangat menarik bukan!



Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta

Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta



Sayangnya fasilitas di Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta ini belum selengkap seperti tempat wisata lainnya. Disana tidak ada tempat parkir dan akses jalan yang mudah untuk dilalui mobil. Kondisi jalan yang sempit membuat mobil harus menepi jika berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Pantai Jogan juga tak memiliki garis pantai sepanjang pantai lainnya. Anda juga tak bisa bermain pasir karena pada bagian bawah pantai ini langsung berbatasan dengan laut. Satu-satunya hiburan di pantai ini berupa air terjun yang langsung mengarah ke laut. Sebagai tips dari saya alangkah baiknya mengunjungi Wisata Air Terjun Jogan, Pantai Jogan Yogyakarta ini jika tidak dalam musim kemarau, karena air terjun bisa saja tak mengalir.

Update News By : Andy2dsd


Berlangganan via Email