Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

'Mendinginkan diri' di Kebun Teh Samigaluh, Kulonprogo Jogja

 'Mendinginkan diri' di Kebun Teh Samigaluh, Kulonprogo Jogja 2


CAHYOGYA.COM - Apa benar ada kebun teh di Kulon progo Yogyakarta? Jogja secara geografis memang bukan berada di wilayah pegunungan atau perbukitan yang sejuk. Meskipun ada juga kaliurang daerah yang sangat sejuk di kaki gunung merapi, tapi kebun teh tidak ada disana. Satu-satunya lokasi perkebunan teh di Jogja yaitu di desa Samigaluh, Kulonprogo.



Indahnya Kebun Teh Kulon Prog Jogja



Siapa yang tidak suka mengujungi kebun teh? Setiap orang pasti menyukai mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Udara yang segar dan dingin merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dilirik wisatawan. Tidak lain dengan tempat wisata kebun teh Kulon Progo. Sedikit orang yang mengetahui tentang keberadaan kebun teh yang berada di Yogyakarta ini, tepatnya di Desa Ngargosari dan Desa Pagerharjo kecamatan Samigaluh kabupaten Kulonprogo. Bahkan mereka sering mempertanyakan keberadaan kebun teh ini. Banyak dari mereka tidak percaya jika di Yogyakarta terdapat kebun teh yang indah. Namun Anda tidak perlu meragukannya lagi karena keberadaan kebun teh ini memang ada. Anda dapat mengunjunginya sekali-kali jika masih merasa penasaran.

Walaupun tidak seluas dengan kebun-kebun teh lain, kebun teh di Kulon Progo tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan kebun teh lain. Jika Anda melihat kebun teh ini, hamparan teh hijau akan memenuhi pandangan mata Anda. Untuk mencapai kebun teh ini, Anda harus melewati jalan yang berliku dan sempit serta jalan yang menanjak sebagai ciri khas perbukitan untuk dapat pergi ke kebun teh ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jalan disini sudah beraspal sehingga memudahkan Anda untuk dapat menuju kesana. Saat menuju ke kebun teh, kita dapat berhenti dahulu hanya untuk mengambil gambar atau sekedar beristirahat sambil melihat-lihat pemandangan yang disajikan oleh alam. Sambil beristirahat, Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk makan.

Ketika Anda mendatangi kebun teh Kulon Progo, Anda akan disajikan hamparan pohon teh yang cukup luas. Saking luasnya, Anda akan berkeinginan untuk memasuki sela-sela pohon teh tersebut. Apalagi tujuannya jika bukan mengambil foto di hamparan pohon teh atau hanya ingin merasakan sensasi berada di sekitar pohon teh. Rasa-rasanya seperti berada di surga apalagi jika ditambah dengan minum teh yang berasal dari kebun teh ini. Suasana yang ada akan terasa damai dan sunyi. Berada di antara pohon teh menambah rasa sejuk dan nyaman. Anda pasti akan selalu merasa sehat karena udara segar yang ada di sana. Ditambah lagi adanya pepohonan yang ada menambah suasana menjadi lebih menarik.

Nuansa Minum Teh di Tempat Perkebunan Teh Kulon progo


 'Mendinginkan diri' di Kebun Teh Samigaluh, Kulonprogo Jogja





Pada saat-saat tertentu kita akan melihat rutinitas petani pohon teh yang sedang memetik pohon teh. Pemandangan seperti ini memang akan kita jumpai di setiap perkebunan teh. Namun, yang membedakannya adalah para petani yang ada di kebun teh Kulon Progo sangat ramah terhadap orang asing khususnya kepada pendatang yang hanya ingin berlibur. Mereka selalu tersenyum kepada Anda ketika memberikan pengarahan tentang cara memetik pohon teh dengan baik. Mereka tidak segan memberikan pengarahan tersebut walaupun Anda adalah orang asing. Ada kalanya mereka akan mengajak Anda untuk pergi ke tempat pengolahan teh dan menawarkan untuk mencicipinya. Merupakan hal yang sangat indah ketika Anda melihat hamparan pohon teh ditambah dengan keramahan warga yang ditawarkan.

Anda dapat melihat hamparan pohon teh yang luas dan petani teh yang sedang memetik teh melewati bukit. Bukit yang ada di sana tidak terlalu jauh dan tinggi sehingga Anda tidak memerlukan banyak tenaga ketika ingin melihat pemandangan di sana. Walaupun berbukit, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri ketika Anda melihat pemandangan yang ada melalui bukit ini. Hampir semua bagian dari kebun teh Kulon Progo akan terlihat. Biasanya para pengunjung akan memenuhi bukit pada saat tidak ada kabut. Pada keadaan seperti inilah kebun teh akan terlihat dengan jelas karena tidak adanya kabut yang menutupi. Jika Anda tidak mampu untuk berjalan jauh, Anda cukup menikmatinya dari bawah bukit.


pict: TyasAyu
Follow Twitter @CAHYOGYACOM