Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Kulon Progo, Dari Pantai Hingga Wisata Sejarah



CAHYOGYA.COM - Kabupaten Kulonprogo memiliki potensi wisata yang cukup beragam. layaknya daerah lain di Yogyakarta, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah ada di kabupaten ini. Namun Kulonprogo memiliki nilai lebih bagi para wisatawan ditahun-tahun mendatang, setelah fenomena wisata alam pantai di Gunungkidul sukses besar menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Kini wisata pegunungan yang sejuk dan tenang seperti di Kalibiru dan Suroloyo mulai dilirik banyak wisatawan.



Tempat Wisata di Kulon Progo

 


Tempat Wisata Kulon Progo, Dari Pantai Hingga Wisata Sejarah

Membicarakan tempat wisata memang selalu tidak ada habis – habisnya, karena hampir setiap daerah memiliki obyek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Yogyakarta. Obyek wisata Yogyakarta kali ini adalah obyek wisata yang terletak di kabupaten Kulon Progo. Tempat wisata Kulon progo ini menyediakan beragam obyek wisata pilihan mulai dari wisata alam, pantai, bahkan tempat wisata sejarah. Karena itulah, wisata Kulon progo ini sangat menarik perhatian para wisatawan karena kita bisa merasakan aneka wisata disini dalam 1 kali jalan. Kulon Progo ini terletak sekitar 25 km sebelah barat daya Yogyakarta. Untuk mencapai tempat wisata itupun mudah karena banyak transportasi, dan tersedianya terminal dan stasiun di wates yang merupakan ibukota Kulon Progo.

Salah satu obyek wisata yang ada di tempat wisata Kulon Progo adalah pantai Glagah yang terletak 15 km dari Wates dan merupakan tempat wisata yang terkenal karena keindahannya. Kita bisa menjumpai laguna dengan aliran air yang menuju kearah muara sungai dan menjadikan kawasan pantai terbagi 2 yaitu lokasi yang ditumbuhi tumbuhan pantai dan rerumputan dan yang berisi pasir. Wisata pantai lainnya adalah Pantai Trisik. Pantai Trisik ini dapat ditempuh 1.5 jam dari pusat Yogyakarta yang menawarkan pesona alam nan indah dengan adanya persawahan dan kebun kelapa penduduk tak jauh dari pantai. Dipantai Trisik ini, kita bisa merasakan suasana khas pedesaan pesisir dengan rumah dan gubug yang menjajakan makanan yang berbeda dengan wisata pantai lainnya.


Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo


Tempat wisata Kulon Progo lainnya adalah wisata alam hutan wisata Kalibiru yang berada diperbukitan Menore 40 km dari Yogyakarta. Wisata Kalibiru ini merupakan kawasan hutan yang dikelola oleh masyarakat. memiliki udara yang sejuk dan terdapat prasasti batu, menara pandang dan fly over untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Wisata lainnya adalah Gua Kiskendo yang terletak didesa Jatimuliyo dimana kita dapat menjumpai stalagmit dan stalaknit. Selain itu, goa kiskendo ini juga terdapat relief wayang dan menjadi tempat yang disakralkan. Udara diarea goa kiskendo ini sangat sejuk sehingga baik untuk merefresh pikiran kita.

Wisata lainnya yang dapat kita temukan di tempat wisata Kulon Progo adalah Puncak Suroloyo yang merupakan puncak tertinggi di pegunungan Manoreh di 1017 Mdpi. Puncak Suroloyo memiliki pemandangan yang indah terutama saat matahari terbit hingga dibawah jam 10.00 WIB. Dari sini, kita bisa melihat panorama candi Borobudur, keindahan gunung Merbabu-Merapi dan gunung Sindoro-Sumbing yang bersanding dengan indahnya. Wisata lainnya yang tidak kalah menarik adalah air terjun Sidoharji Samigaluh yang memiliki suasana alami yang kental. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat. Memiliki air yang jernih dan dingin serta terdapat bunga beraneka macam sehingga bagus untuk menghilangkan penat. Untuk sampai di air terjun ini kita harus melewati jalan setapak yang terjal, namun inilah tantangannya.

Tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah adalah makan Astana Girigondo yang berada di desa Giridindo, Kaligintung yang merupakan makam keluarga Paku Alam dan letaknya di pegunungan manoreh sehingga pemandangan alamnya sangat indah. Selain itu, ada juga tempat wisata keluarga pemandian Clereng yang tidak jauh dari Wates, yaitu di desa Sendangsari, Pengasih. Pemandian ini bentuknya seperti kolam renang dan airnya berasal dari mata air yang bersih. Warga percaya mandi disini akan membawa kita pada kebaikan. Terakhir, ada juga pagar pangasih yang merupakan bangunan peninggalan Belanda dengan ketebalan 40 cm dan gapura berbentuk semar tinandu. Semua tempat wisata Kulon Progo ini sangat menarik dan merefreshkan kembali tubuh dan pikiran kita. Karena itu, jangan ragu menjadikan kulon Progo sebagai tujuan wisatamu.

Follow Twitter @CAHYOGYACOM