Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Farid Stevy Asta Desainer Logo Kereta Api Indonesia Asal Jogja

Farid Stevy Asta Desainer Logo Kereta Api Indonesia Asal Jogja


CAHYOGYA.COM - Logo kereta api Indonesia memang sudah sejak tahun 2011 diperbarui bertepatan dengan ulang tahun Kereta Api Indonesia yang ke-66 tahun. Tapi tahukah anda siapa desainer dari logo kereta api tersebut? pembuat logo baru PT KAI adalah pemuda kurus lulusan Disain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta. Dan tahukah anda kalau pemuda itu menyukai kuliner sate klatak dan main band?



Inilah Pemuda Jogja Pembuat Logo Kereta Api Indonesia


Farid Stevy Asta dia adalah pemuda asal Jogja yang berhasil memenangkan kontes desain logo kereta api pada saat itu. Bermula dari sebuah kontes desain logo perusahaan yang disayembarakan oleh PT Kereta Api Indonesia pada tahun 2011 lalu, maka dipilihlah sebuah desain logo yang dianggap dapat mengakomodasi dari karakter dan sistem nilai dari PT KAI.

Perubahan desain logo perusahaan yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (persero) pada tahun 2011 lalu merupakan sebuah perlambang dari sebuah korporasi untuk melakukan perbaikan dari berbagai aspek. Inovasi tidak hanya pada internal perusahaan tapi juga untuk segenap stakeholder yang didalamnya juga termasuk penumpang sebagai konsumen.

Kontes yang diikuti oleh ribuan peserta desainer grafis seluruh Indonesia ini termasuk kontes desain logo yang sangat diminati karena memiliki nilai 'prestise'’ tinggi. Nantinya hasil logo pemenang akan secara otomatis tersematkan pada seluruh armada transportasi kebanggaan bangsa ini, Kereta Api Indonesia beserta seluruh mitra dan partner bisnis-nya seperti layanan reservasi tiket online. Selain itu, hadiah yang ditawarkan pada Kontes logo kereta api Indonesia ini senilai Rp 200 juta. Tentunya sebuah nilai fantastis untuk sebuah lomba dengan jumlah pemenang tunggal. Artinya, hadiah sebesar itu hanya untuk seorang desainer logo sebagai pemenang, tidak dibagikan kepada desainer lainnya.

 

Farid, yang juga merupakan vokalis dari band indie asal Jogja FSTVLST ini mengaku mengerjakan logo tersebut selama satu minggu. Sambil mengerjakan pekerjaan utamanya yang juga merupakan desainer profesional di sebuah studio desain Libstud Studio di Yogyakarta, Farid dengan sabar mengerjakan desainnya. Ia pun mengirimkan sebuah logo, dari beberapa logo yang telah ia buat. Farid kemudian menunggu proses penjurian hingga akhirnya ia dihubungi pihak PT Kereta Api Indonesia yang mengabarkan bahwa desainnya terpilih sebagai pemenang. 

Pria kelahiran Yogyakarta 20 Oktober 1982 itu bahkan langsung membayangkan jika desainnya terpilih maka ia bisa melihatnya saat naik kereta suatu hari nanti. Farid mengungkapkan, alasannya mengikuti sayembara ini karena terdorong kecintaannya terhadap kereta api. 

 

Profil Pembuat Logo Perusahaan PT KAI

Farid Stevy Asta Desainer Logo Kereta Api
Nama : Farid Stevy Asta
Lahir : Tahun 1982
Pendidikan : Lulusan ISI Yogyakarta tahun 2007
Pekerjaan : Desainer profesional di studio desain Libstud, Yogya


Logo Kereta Api Indonesia karya Farid Stevy Asta, berbentuk tiga bidang garis horizontal sejajar berwarna orange dan biru. Dua baris paling atas yang berwana orange ada ruang kosong yang membentuk anak panah. Dua garis orange yang memiliki tanda panah sebagai simbol kereta yang melaju kencang menuju kemajuan. Sedangkan warna biru yang berada di paling bawah sebagai relnya. Menurut Farid, logo terinspirasi dari logo lama KAI. Maksudnya, bahwa kemajuan PT KAI terkait dengan masa lalu makanya logo baru juga masih terkait dengan logo lama.

 

Follow Twitter @CAHYOGYACOM