Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Ngobaran, Suasana Bali di Gunungkidul Yogyakarta



CAHYOGYA.COM - Pantai Ngobaran terletak di Yogyakarta, tepatnya didesa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Kabupaten GunungKidul, Yogyakarta. Jika mengendarai motor hanya memerlukan waktu kurang lebih satu setengah jam dari pusat Yogyakarta.



Wisata Pantai Ngobaran, Gunungkidul Yogyakarta



Saat liburan, saatnya menikmati keindahan alam, dan rasanya suasana pantai bisa mengobati rasa penat akibat bekerja maupun aktivitas kita sehari-sehari. Hembusan angin yang memainkan rambut kita, lembutnya pasir pantai, aroma khas pantai dan birunya air laut rasanya sangat pas untuk mengobati rasa penat kita. Pantai Ngobaran rasanya bisa menjadi pilihan jika memang menginginkan suasana pantai yang mampu menghilangkan kepenatan kita. Pantai yang terletak dikawasan Gunung Kidul ini memang tenang menjadi salah satu tujuan traveling seperti obyek wisata lain didaerah Gunung Kidul. Memang pantai-pantai didaerah Gunung Kidul ini cukup menawan dan salah satunya adalah Pantai Ngobaran dimana kita bisa merasakan suasana Bali di pantai ini.

Pantai ngobaran terletak di Yogyakarta, tepatnya didesa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Kabupaten GunungKidul, Yogyakarta. Jika mengendarai motor hanya memerlukan waktu kurang lebih satu setengah jam dari pusat Yogyakarta. untuk akses jalannya sendiri cukup mudah karena jalannya sudah aspal dan banyak petunjuk papan arah, hanya saja, jalanan menuju pantai ini menanjak dan berkelak-kelok. Bahkan perjalanan menuju pantai ini saja sudah cukup menyenangkan karena ketika memasuki hutan Sodong, kita dapat menemui kera yang bersembunyi di gua-gua. Pantai ini letaknya bersebelahan dengan pantai Ngrenehan yang biasa digunakan untuk mencari ikan dan di olah menjadi ikan bakar yang banyak diminati oleh para pengunjung.


Pantai Ngobaran, Bali Van Java



Sebagai obyek wisata yang terletak di wilayah Gunung Kidul, pantai Ngobaran menyuguhkan pesona alam dan juga budaya yang sangat serasi. Pantai ini terdapat hamparan pasir putih, deretan pandan laut, barisan batu karang beserta tebing yang menjulang tinggi membuat pemandangan di pantai ini cukup mengesankan. Apalagi di pantai ini juga terdapat pura maupun masjid yang berdiri serasi dengan tebing-tebing itu. Sepertinya itulah yang membuat pantai ini cukup unik dan digemari oleh para wisatawan. saat pertama memasuki pantai, kita akan disambut dengan gapura dan patung – patung khas hindu. Tentunya hal ini mengingatkan akan suasana pantai di Bali, sehingga disebut sebagai Bali van Java.

Sebagian besar pemandangan di pantai ini memang tebing dan juga pura serta patung-patung khas hindu, karena letak pantai Ngobaran yang memang berada dibalik tebing. Namun bagi kalian yang sudah membayangkan akan bermain-main dengan air karena pantainya memang terdiri dari tebing dan bebatuan seperti di Tanah Lot. Namun pantai ini tetap menawan, karena tebing dan karang itulah daya tarik pantai ini. Jika air sedang surut, kalian bisa berfoto dibawah tebing, namun jika air laut sedang pasang, maka nikmati saja pemandangan dari pura, pastinya akan sangat indah. Dan jika kalian ingin tetap merasakan bermain air, tinggal mampir saja ke pantai Ngunyahan yang letaknya 2 km dari pantai ini.

Pantai Ngobaran, Rasakan Suasana Balinya, Nikmati Keindahan Alamnya


Hal menarik dari pantai ini adalah hasil lautnya, dimana saat pantai surut, hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun cokelat terhampar dengan indahnya. Berbagai macam binatang laut seperti landak laut, bintang laut maupun kerang-kerangan dapat kita temukan di antara hamparan alga tersebut. Hasil laut yang diperoleh oleh para nelayan disinipun dapat di beli oleh para wisatawan dengan harga yang murah dibandingkan dengan harga pasaran. Untuk jenis alga yang bisa kita beli misalnya jenis simbar yang digunakan untuk bahan pembuat kerupuk, lumur maupun jenis agar untuk bahan pembuat agar-agar. Tentunya kita tidak akan kecewa datang ke pantai Ngobaran ini. Apalagi harga Tiket masuknya pun murah hanya Rp. 3.000. Namun ditempat ini belum ada penginapan dan jika kalian tertarik ke pantai ini, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi karena masih jarang ditemukannya angkutan umum.
Follow Twitter @CAHYOGYACOM