Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayo Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja!



CAHYOGYA.COM - Belum lama ini Pantai Nglambor di Gunungkidul Yogyakarta terkenal akan keindahan wisata bawah lautnya. Banyak wisatawan asing yang mulai melakukan snorkeling di pantai nglambor ini, hingga pada akhirnya aktivitas snorkeling di pantai ini menjadi terkenal dan menjadi tujuan utama wisatawan. Ingin mencoba snorkeling di Jogja?



Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul!


Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul!


Jika Anda tertarik dengan aktivitas asyik nan menantang, snorkeling bisa jadi pilihan utama. Membicarakan tentang snorkeling, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri dengan biaya mahal. Indonesia punya Pantai Nglambor Gunung Kidul yang bisa dijadikan destinasi favorit untuk snorkeling ria. Meskipun berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Nglambor ini menjadi satu-satunya pantai dengan ombak yang tenang dan berair dangkal, di antara pantai-pantai di pesisir selatan Jogja yang tergolong ganas. Karakter seperti tadi membuat Pantai Nglambor menjadi tujuan snorkeling yang tepat dan terjangkau. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang pantai pasir putih yang satu ini!

Lokasi Pantai Nglambor Gunung Kidul terletak sekitar 70 km dari pusat kota Jogja. Tepatnya, Pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus di daerah Gunung Kidul. Dari Jogja, Anda harus melewati ring road timur sampai perempatan jalan Wonosari. Telusuri jalan Wonosari ini sampai Anda menemukan alun-alun di kiri jalan. Tidak lama akan Anda temui sebuah pertigaan sebelum Kantor Polres, ambil belokan ke kanan, yaitu ke jalan Baron. Telusuri jalan Baron sampai Anda menemukan Kantor BRI di kiri jalan. Pertigaan akan nampak beberapa meter selanjutnya, ambil belokan ke kiri. Di kawasan itu, Anda sudah memasuki Kecamatan Tepus dimana Pantai Nglambor berada. Penduduk pasti akan menunjukkan arah pada Anda, perjalanan yang Anda tempuh akan terbayar lunas ketika Anda melihat keelokan pantai unik ini.



Selain karakteristiknya yang cocok untuk kegiatan snorkeling, Pantai Nglambor Gunung Kidul juga akan memuaskan hasrat Anda karena pemandangannya yang menakjubkan. Untuk sampai di bibir pantai, Anda harus berjalan kaki melewati pohon pandan laut dan lading kacang setelah memarkir kendaraan Anda di tepi jalan. Barangkali karena tempatnya yang agak tersembunyi, pantai ini belum dikunjungi banyak orang. Tapi itulah spesialnya Pantai Nglambor yang sangat bersih dan terasa sekali nuansa alaminya. Bentuknya seperti teluk kecil yang diapit dua bukit. Di depan teluk, terdapat dua pulau karang yang terlihat seperti kura-kura raksasa. Rupanya, karang-karang itu berguna untuk menahan terjangan ombak yang liar, sesampai perairan dangkal Pantai Nglambor aman untuk snorkeling. 

Anda, boleh jadi bersama keluarga atau teman-teman dekat, dapat menikmati indahnya pasir putih dan mandi (atau berenang santai) di pantai dengan perairan dangkal ini. Dan seperti yang sedari tadi kami bicarakan, pantai ini adalah salah satu surganya snorkeling. Hanya dengan membayar Rp 50.000, Anda sudah mampu menyewa satu paket snorkeling kit (masker, snorkel, sepatu karet, hingga jepretan di bawah air sebanyak tiga kali) untuk pengalaman yang tak terlupakan. Air laut Pantai Nglambor Gunung Kidul yang super jernih-lah yang mengantar Anda mengagumi biota bawah laut seperti ikan, rumput laut dan karang. Jangan kalah dengan snorkeler dan pecinta pantai yang dating dari Singapura, Prancis dan Belanda, lho!.




persiapan sebelum Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul!



saat Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul!



setelah Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul!




Bisa kami katakan, Pantai Nglambor adalah harta karun yang tersimpan di sudut kota Jogja. Lepas dari hingar bingar rutinitas sehari-hari, dan bahkan suasana pantai yang biasanya penuh sesak dengan wisatawan, pantai ini sungguh menarik hati untuk melepas penat. Dengan tiket masuk hanya sebesar Rp 5.000 per orang, Anda sudah bisa menghabiskan waktu dalam buaian pasir putih dan ombak yang tenang, dilengkapi fasilitas seperti toilet, musholla hingga penginapan. Tunggu apa lagi? Ayo snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul! Jangan lupa persiapkan diri Anda dengan perlengkapan yang dibutuhkan, ya!

Foto by: @Pantai_Nglambor
Follow Twitter @CAHYOGYACOM