Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Sebelum Liburan Ke Jogja Menggunakan Pesawat

5 Tips Sebelum Liburan Ke Jogja Menggunakan Pesawat


CAHYOGYA.COM - Berlibur ke Jogja dari kota asal menggunakan mode transportasi udara memang masih umum layaknya ke kota-kota lain di Indonesia, namun bukan Jogja kalau tidak ada sesuatu hal yang membuat perjalanan anda menjadi spesial. Berikut tips sebelum liburan ke Jogja dengan menggunakan pesawat.



Tips Liburan Ke Jogja Menggunakan Pesawat



Berlibur ke kota lain terutama bagi traveler pemula sering kali menjadi pengalaman yang mengasyikan, keseruan mencari mode transportasi yang sesuai dengan budget dan bisa mengantar kita sampai ke tujuan adalah salah satu archievement yang menarik untuk diceritakan. Bagaimana dengan pengalamanmu kawan?

Yogyakarta sebagai salah satu kota besar yang berbasis wisata dan budaya merupakan salah satu kota yang pas untuk dijadikan permulaan bagi kita yang memiliki hobby traveling. Katanya sih, traveler Indonesia itu belum lengkap kalau belum menikmati kesasar ke pelosok-pelosok desa di Jogja :D.

Banyak alternatif mode transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju Yogyakarta, baik kendaraan pribadi maupun umum. Tapi sayangnya kali ini cahyogya.com hanya akan memberikan ulasan dari satu jenis transportasi, yaitu pesawat. Jenis transportasi yang justru sering dihindari para traveler.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang menggunakan mode trasportasi udara, Jogja sebagai salah satu kota wisata yang mempunyai bandara tidak terlalu besar akibatnya harus melakukan renovasi besar-besaran, bahkan saat ini dilakukan perencanaan pembangunan sebuah bandara baru untuk menampung banyaknya wisatawan di kawasan Kulon Progo.

Perkembangan mode transportasi ini membuat para operator dan penyedia layanan jasa semakin gencar berlomba-lomba untuk menarik konsumen, berbagai bentuk promosi mereka lakukan untuk merebut hati konsumen terutama dari segmen kalangan menengah ke bawah yang masih mendominasi masyarakat kita.

Nah, jika anda berencana berlibur ke Jogja dalam waktu dekat salah satu rekomendasi mode transportasi yang bisa digunakan yaitu pesawat terbang, kenapa memilih pesawat? karena selain waktu yang lebih singkat kita juga bisa menikmati pemandangan Jogja dari atas awan, kalau cuaca cerah sih bisa melihat gunung merapi dan bangunan-bangunan bersejarah dari ketinggian.

Selain keuntungan diatas, menggunakan mode transportasi pesawat terbang untuk ke Jogja saat ini harganya cukup terjangkau, apalagi jika kita memesan secara online, ada diskon yang diberikan pada waktu-waktu tertentu. Ya, meskipun biaya tiket pesawat jatuhnya tetap lebih mahal dari transportasi lain tetapi worth it lah sama apa yang kita dapatkan.

Berikut ini merupakan 5 Tips sebelum liburan ke Jogja menggunakan pesawat bagi anda yang baru pertama kali menggunakan pesawat untuk ke Jogja.


  • 1. Menyiapkan dokumen data diri yang diperlukan
Sebelum membeli tiket dan berangkat ke Jogja ada baiknya memastikan ID Card atau tanda pengenal diri yang dibutuhkan untuk pemesanan tiket maupun saat check in di bandara nantinya. Di Indonesia pada umumnya menggunakan KTP untuk tanda pengenal.


  • 2. Menentukan Tanggal berangkat dan pulang
Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang memiliki bandara tidak terlalu luas, akibatnya tiket untuk jadwal keberangkatan seringkali habis atau harganya terlalu mahal jika dipesan dalam jangka waktu yang mendadak. Untuk itu jika ingin berlibur ke Jogja pastikan sudah menentukan tanggal pulang, dan jika memungkinkan lebih baik memesan tiket untuk pulang-pergi sekaligus.


  • 3. Manfaatkan Kereta Di Stasiun Maguwo ke Stasiun Tugu/Lempuyangan
Nah, kalau ini kalau kita sudah sampai di Jogja. Kebanyakan orang-orang akan memilih taksi atau bus trans jogja sebagai tansportasi menuju ke pusat kota Jogja. Namun untuk traveler pemula yang kesulitan dengan rute jalan di Jogja bisa menggunakan kereta comuter line yang ada setiap jam di stasiun maguwo di area bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Atau kita juga bisa memesan Ojek Online asli Jogja


  • 4. Jangan Tidur di Pesawat
Bro, ini merupakan salah satu alasan kenapa kita lebih memilih menggunakan pesawat daripada transportasi lain yang lebih murah, di pesawat kita bisa menikmati pemandangan kota-kota yang kita lewati dari balik awan. Kalau cuaca cerah beberapa menit sebelum landing di Jogja kita akan disuguhkan pemandangan gunung merapi dari ketinggian..

Baca juga: Mak Lampir Dan Pasar Setan Gunung Merapi Itu Nyata


  • 5. Pastikan Kamera Dalam Posisi On
Meskipun di dalam pesawat tidak boleh menyalakan ponsel, tetapi kita tetap boleh menyalakan kamera. Nantinya akan banyak pemandangan-pemandangan menarik yang bisa menjadi objek foto sepanjang perjalanan menuju Jogja yang jarang bisa dinikmati oleh traveler. 

Hal hal tersebut adalah beberapa tips yang perlu untuk Anda perhatikan sebelum Anda membeli tiket pesawat dan setelah melakukan penerbangan ke Jogja. Ingat, banyaklah berdoa sebelum Anda memulai segala urusan termasuk bepergian dengan pesawat dan menggunakan tiket pesawat. Saya yakin pengalaman traveling dengan cara naik burung besi ini akan menjadi suatu pengalaman baru yang menarik untuk melengkapi cerita perjalanan anda. #CahYogya


Follow Twitter @CAHYOGYACOM