Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Bagaimana Cara Blogger Mendapatkan Barang Gratis



CAHYOGYA.COM - Mendapat barang gratis merupakan hal yang sudah biasa bagi sebagian blogger di Indonesia. Mulai dari barang-barang yang harganya belasan ribu rupiah hingga produk yang bernilai jutaan, seperti gadget atau motor. Bagaimana sih cara mendapatkan barang-barang gratis bagi seorang blogger? simak artikel kami berikut ini dan jangan lupa share agar lebih banyak perusahaan yang memberikan barang-barang gratis kepada blogger Indonesia.



Inilah Bagaimana Cara Blogger Mendapatkan Barang-barang Gratis



Salah satu pengalaman menyenangkan yang akan dibagikan oleh setiap penulis atau admin blog adalah ketika mendapatkan barang-barang gratis atau freebis dari berbagai perusahaan yang tertarik dengan review blogger.

Kegiatan ini tentunya menjadi alternatif baru untuk promosi di era internet yang sama-sama menguntungkan, baik dari sisi pemilik blog maupun produsen. Tetapi, asal kalian tau aja bro, untuk bisa mendapatkan barang-barang secara gratis diperlukan beberapa pengorbanan yang mungkin belum kalian ketahui.


Rahasia Bagaimana Blogger Mendapatkan Barang Gratis

 

Lalu bagaimana cara blogger mendapatkan barang-barang gratis?



Itu adalah pertanyaan yang selanjutnya akan saya bahas di artikel ini, Namun sebelum saya melanjutkan artikel ini, alangkah baiknya kita mengingat istilah "Tidak ada makan siang gratis!!". Ya, kalimat itu memang sesuai dengan topik artikel ini. Kita mungkin menyebut barang-barang itu dengan istilah gratis, tetapi kita punya kewajiban untuk menulis sesuatu dan mengabarkan melalui blog kita. Inilah rahasia bagaimana blogger bisa mendapatkan barang-barang secara gratis.


  • 1. Sukses Membangun Audience dan Meningkatkan Pageviews


Tidak ada perusahaan yang akan mengirimkan barang apa pun jika blog kita tidak memiliki pengunjung. Maka dari itu tidak heran jika beberapa blogger Indonesia belakangan ini mulai fokus untuk membangun pembaca yang tertarget, dengan cara membuat blog yang khusus membahas topik tertentu, seperti wisata, gadget, modifikasi motor dll.

Perusahaan tidak akan ragu untuk memberikan produk gadget terbarunya secara cuma-cuma untuk direview oleh blogger teknologi, atau vendor sekelas Honda tentunya akan dengan senang hati mengundang para blogger yang membahas topik tentang motor untuk ikut melakukan test drive.

Blogger yang khusus membahas suatu topik tertentu akan lebih besar nilai engagement-nya daripada blogger yang membahas banyak topik.



  • 2. Memiliki Sebuah Media Kit Profesional


Media kit merupakan sebuah daftar yang biasanya menampilkan statistik pengunjung blog kita. Hal pertama yang biasanya dilihat suatu produsen ketika akan menawarkan sebuah produk atau kerja sama adalah kualitas pengunjung blog.

Bagaimanapun juga perusahaan ingin memperoleh keuntungan dari produk yang sudah mereka berikan ke kita, kalau dalam istilah bisnis disebut ROI atau Return on Investment. Semakin baik statistik yang dmiliki suatu blog akan semakin banyak produk-produk frebis yang ditawarkan ke kita.

Media kit merupakan cara paling ampuh untuk mempengaruhi perusahaan, jadi berikan contoh statistik serta karakter pengunjung blog kita sedetail mungkin, dan sesuai dengan kenyataan. Akan lebih baik jika kita bisa membuktikan seberapa besar pengaruh penjualan atau branding sebuah produk dari artikel review yang pernah kita tulis sebelumnya.


  • 3. Menjadi Blogger Profesional


Jika kita sudah memiliki sebuah media kit profesional, sekarang adalah saatnya untuk Be Profesional! atau menjadi profesional. Siapa bilang untuk menjadi blogger profesional itu harus menjadi full time blogger! profesional salah satunya bisa dengan cara memenuhi tanggung jawab yang diberikan semaksimal mungkin.

Mulailah dengan membuat artikel yang disukai pengunjung dan memiliki dampak positif bagi produk yang akan di review. Sebagian besar blogger yang saya kenal tidak hanya sekali dua kali dalam urusan review produk dari brand yang sama, biasanya kita selalu mengirimkan email laporan statistik pembaca dan perkembangan artikel ke perusahaan. Ini sifatnya memang tidak wajib tetapi akan sangat berpengaruh jika perusahaan merilis produk baru dan menginginkan kerjasama dimasa yang akan datang.



  • 4.Aktif Mendekati Perusahaan Terkait


Jika kita sudah memiliki audience, media kit profesional, serta artikel yang berkualitas, rahasia terakhir yang sering dilakukan oleh blogger yaitu mendekati perusahaan, tujuannya yaitu agar blog kita bisa dikenal dan masuk dalam radar perusahaan. Ada banyak sekali cara untuk melakukan pendekatan ke perusahaan, salah satunya yaitu melalui social media, jadilah followers dan manfaatkan blog kita untuk menjadi salah satu media alternatif yang bisa menjawab berbagai pertanyaan konsumen yang ada di social media.

Selain itu bisa juga dengan cara menghadiri acara-acara offline yang biasa diadakan oleh berbagai perusahaan, biasanya antara sesama pebisnis akan saling mengenal satu sama lain sehingga setelah kita bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan menghasilkan hasil yang bagus, Kita akan mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk diberikan produk-produk secara gratis.


Follow Twitter @CAHYOGYACOM


4 comments for "Rahasia Bagaimana Cara Blogger Mendapatkan Barang Gratis"

  1. Wah, kapan ya bisa dapat gratisan. Heheh. Makasih infonya. Keren. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, kemaren bukannya dapet kiriman gadget dari As#s Mas?

      Delete
  2. Dapet gudibeg gratisan jadilah. Minimal kaos. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. kalo mbak diba ini pasti levelnya udah dapet barang-barang mahal nih, nggak cuma kaos.. xixixi :D

      Delete