Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Membuat Wayang di Desa Wisata Pentingsari Sleman



CAHYOGYA.COM - Desa wisata Pentingsari atau Dewi Peri adalah satu dari belasan desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman Yogyakarta, bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman desa wisata ini mengembangkan berbagai program wisata unggulan, seperti vulcano tour Merapi, Outbond, paket homestay serta berbagai pelatihan kesenian seperti bermain gamelan dan juga praktek membuat wayang-wayangan dari mendong.



Desa Wisata Pentingsari, Sleman



Belajar Membuat Wayang di Desa Wisata Pentingsari Sleman


Desa wisata Pentingsari berada di Jalan Kaliurang KM 25, tepatnya di Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. Jalan yang paling mudah dilalui yaitu ke arah Merapi Golf via Jalan Kaliurang kemudian di sekitar KM 25 sebelum Tempat retribusi wisata Kaliurang belok ke kiri menuju lokasi Lava tour Merapi, di pinggir jalan akan ada gapura atau papan jalan bertuliskan desa wisata Pentingsari.

Seperti halnya desa wisata lainnya, desa wisata Pentingsari juga menawarkan berbagai paket wisata pedesaan, mulai dari penginapan atau homestay, pengalaman bercocok tanam langsung di sawah, interaksi dengan alam dan masyarakat sekitar serta paket-paket outbond dan pelatihan singkat tentang budaya sekitar.

Yang paling berkesan ketika saya berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari adalah ketika diajak untuk praktek langsung membuat kerajinan wayang-wayangan dari mendong, memang sih kelihatannya sederhana tapi ternyata lumayan ribet juga, untung ada pemandu yang dengan sabar melayani setiap pertanyaan dan kebingungan saya.


Belajar Membuat Wayang di Desa Wisata Pentingsari Sleman


Lokasi praktek pembuatan wayang di desa wisata Pentingsari ini berada di Joglo herbal, sebelumnya ada Pak Rahman pemilik joglo herbal yang usianya sudah memasuki 60 an tahun, beliau bercerita tentang berbagai jenis tanaman beserta khasiatnya, ada tanaman daun rondo semoyo yang berkhasiat menurunkan asam urat, tanaman handeuleum yang berkhasiat mengatasi maagh, ambeyen dan tekanan darah tinggi. Tanaman-tanaman ini ia tanam sendiri di sekitar pekarangan rumah dan tersedia juga bagi wisatawan yang ingin mencoba khasiat dari tanaman-tanaman tersebut.


Belajar Membuat Wayang di Desa Wisata Pentingsari Sleman


Di desa wisata Pentingsari selain sebagai desa wisata juga tersedia bumi perkemahan, yang biasa digunakan mulai dari anak-anak TK sampai dengan SMP, lokasinya cukup luas dan asri, area sekitar yang merupakan perpaduan dari pedesaan, hutan, sawah dan sungai membuat bumi perkemahan ini memiliki banyak pilihan spot untuk jelajah alam maupun outbond.

Untuk homestaynya sendiri di desa wisata Pentingsari menerapkan sistem satu pintu, dimana warga desa yang memiliki homestay tidak bisa memasarkan dan menjual secara langsung ke konsumen, wisatawan yang berminat bermalam di desa wisata pentingsari juga tidak sembarangan, saat menginap mereka harus mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di desa Pentingsari, misalnya untuk pembagian kamar harus sesuai dengan muhrim, ketika jam malam pengunjung harus sudah berada di dalam homestay masing-masing dan tidak membuat kegaduhan.


Belajar Membuat Wayang di Desa Wisata Pentingsari Sleman


Tarif homestay di desa wisata pentingsari berkisar antara Rp 100rb - Rp 200.rb per orang, dengan fasilitas bed, makan tiga kali dan snack. Rata-rata ntuk tiap homestay bisa diisi hingga 8 orang dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, tempat ibadah, ruang makan dan ruang tamu.

Ada juga Joglo yang bisa digunakan sebagai lokasi pertemuan atau acara-acara diskusi, Joglo yang berada di tengah desa ini memiliki kapasitas hingga 600 orang, sangat memadai untuk menggelar kegiatan diskusi atau forum group discusion bagi komunitas maupun sekolah-sekolah dari dalam dan luar Jogja.


Lokasi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta


 
Reservasi dan Kontak Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta

Doto Yogantoro : 0858 6866 3456 / 0812 1566 3039
Email: dotoyogantoro@ymail.com
Web: pentingsariwisata.wordpress.com

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja