Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Film Yang Bisa Membangkitkan Motivasi dan Semangat Bekerja


CAHYOGYA.COM - Di dalam film The Pursuit of Happyness sosok Chris Gardner mengajarkan kepada kita untuk tidak mudah menyerah dan yakin akan kemampuan diri kita sendiri, sedangkan sosok Muslimah di film Laskar pelangi mengajarkan kita bahwa bekerja itu tidak semata-mata demi materi, berkerja juga bisa menjadi sarana kita untuk berbuat baik dan mengispirasi.



Film Yang Bisa Membangkitkan Semangat Bekerja

5 Film Yang Bisa Membangkitkan Motivasi dan Semangat Kerja

Melakukan rutinitas bekerja setiap hari tentunya akan membuat seseorang merasa bosan. Apalagi jika pekerjaan itu dilakukan secara monoton dan berulang-ulang, dalam waktu yang cukup lama. Pastinya setiap orang akan merasakan titik jenuh yang kemudian disertai dengan rasa semangat yang semakin hari semakin menurun.

Oleh karena itu banyak orang mencari cara untuk sejenak beristirahat atau mencari hiburan untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut. Untuk masalah ini setiap orang memang memiliki kebiasaan masing-masing yang membuat semangatnya kembali naik. Salah satunya yaitu dengan menonton film. Film yang bisa membangkitkan semangat kerja akan sangat membantu dalam mengatasi rasa bosan dengan pekerjaan.

Banyak film-film yang memberikan kisah cerita yang menginspirasi ataupun memotivasi salah satunya masalah pekerjaan. Banyak film yang dapat dipelajari baik dari dalam maupun dari luar negeri yang menyuguhkan cerita-cerita yang menarik. Berikut ini ada beberapa film yang bisa membangkitkan semangat bekerja.

  • 1. The Pursuit of Happyness (2006)

Film The Pursuit of Happyness merupakan film yang diambil dari kaidah nyata dengan sumber memoar sang tokoh utama, Chris Gardner. Peran utama yang dibintangi oleh Will Smith ini menceritakan tentang perjuangan seorang ayah tunggal dengan kondisi keuangan yang sangat terbatas.

Ayah tunggal ini telah menghabiskan tabungan keluarganya untuk membeli sebuah franchise license, bahkan ia sendiri yang menjadi sales person. Namun disayangkan usahanya gagal dan ia harus menerima tawaran magang di sebuah perusahaan pialang saham di Wall Street yang akhirnya menjadikan ia sebagai orang kaya. Film ini sangat menginspirasikan bagi para penonton untuk semangat bekerja.

  • 2. The Intern (2015)

Film the intern mengisahkan sebuah cerita tentang laki-laki tua berusia 70 tahun. Laki-laki tersebut merupakan duda yang menyadari bahwa masa pensiunnya tidak menjadi masa akhir untuk berkarya. Laki-laki tua yang bernama Ben Whittaker yang dibintangi Robert De Niro ini memulai masa magangnya untuk bekerja sebagai senior di sebuah startup Brooklyn. Disini dirinya menemukan sebuah tantangan perusahaan yang dipunyai oleh founder muda Jules Ostin dan pada akhirnya ia menjalankan bisnis online pakaian dengan sukses.

  • 3. Alangkah lucunya negeri ini (2010)

Film yang bisa membangkitkan semangat kerja ini menceritakan tentang seorang sarjana yang menganggur selama hampir dua tahun. Pada akhirnya Muluk nama sorang sarjana tersebut tidak sengaja berkenalan dengan seorang pencopet. Sejak itu muluk menjadi pengelola dana bagi kumpulan pencopet lainnya.

Disini Muluk tergugah hatinya untuk membantu para pencopet agar dapat memiliki pendidikan dengan cara menyisakan hasil copetnya untuk dana pendidikan. Walaupun terbilang negatif namun bisa diambil beberapa pembelajar dari sisi positif. Pekerjaan dengan diringi niat baik akan memberikan dampak baik pula bagi orang di sekitar.

  • 4. Laskar pelangi

Film laskar pelangi pernah menjadi film yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Dengan latar tempat di Belitung, kisah film ini memiliki cerita dan alur yang sangat mengharukan. Fim ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Ikal yang menjadi murid di sekolah kecil.

Karena murid yang ada di sekolah ini sedikit, maka sekolah ini akan ditutup. Akan tetapi rencana tersebut sangat ditentang oleh seorang guru bernama Muslimah yang akhirnya menjadi satu-satunya tenaga pengajar di sekolah ini. Muslimah merupakan gambaran orang yang memiliki pendirian teguh dan mencintai pekerjaanya.

  • 5. Good Will Hunting

Film ini menceritakan tentang seorang laki-laki yatim bernama Will yang diperankan oleh Matt Damon. Ia tumbuh tanpa pendidikan yang baik, untungnya ia memiliki teman-teman yang baik dan selalu bersama-sama dengannya. Walau will tidak memiliki pendidikan yang baik, namun ia sangat cerdas dibandingkan dengan yang lainnya.

Kejeniusan dari Will inilah yang kemudian diketahui Profesor Gerald saat melihat Will yang kebetulan berkerja di Massachusetts Institute of Technology menyelesaikan soal matematika di papan tulis.

Awalnya will tidak mau untuk mendapatkan pendidikan, namun pada akhirnya ia menerima tawaran profesor. Sebenarnya setiap orang memiliki potensi, hanya saja tidak semua punya kesempatan atau perjuangan agar dapat bermanfaat.

Demikian film bisa membantu membangkitkan semangat kerja. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email