Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dari 3 Jenis Saus Steak Ini Yang Mana Favoritmu?



CAHYOGYA.COM - Steak adalah salah satu kuliner dari luar negeri yang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Olahan steak yang pada umumnya menggunakan bahan dasar daging sapi ini pun sudah banyak diadopsi dan disesuaikan dengan lidah lokal Indonesia.

Dari 3 Jenis Saus Steak Ini Yang Mana Favoritmu?

Di Jogja misalnya, ada Waroeng Steak yang menu andalannya merupakan steak daging yang dibalut dengan tepung crispy, ada juga restoran yang menawarkan sambal matah sebagai pilihan saus steaknya, sangat berbeda dari cita rasa steak aslinya dan uniknya kedua steak ini sangat laris dan memiliki banyak penggemar.

Dari bermacam-macam variasi rasa hidangan steak ini yang paling sering dan biasa ditemui ada dua macam yakni tingkat kematangan pada daging dan penambahan jenis sausnya, tingkat kematangan daging dibedakan menjadi beberapa pilihan diantaranya yaitu medium rare, medium, medium well, dan well done yang diurutkan mulai dari tingkat kematangan daging yang bagian dalamnya masih setengah matang, matang hingga daging benar-benar matang sampai ke bagian dalamnya.

Berbeda dengan di luar negeri, di Indonesia bagi sebagian orang pilihan tingkat kematangan daging pada hidangan steak ini tidak terlalu populer, terutama bagi yang baru beberapa kali mencoba steak, Pilihan berbagai rasa saus steak lebih populer di Indonesia, berikut merupakan beberapa jenis saus steak lengkap dengan cara membuat saus steak yang populer dengan lidah orang Indonesia.

1. Saus Barbeque (BBQ)

Sebagai salah satu penikmat steak saus barbeque menjadi salah satu jenis saus favorit saya dan mungkin juga menjadi favorit kebanyakan penikmat steak di Indonesia. Cita rasa segar asam, pedas dan sedikit manis yang bercampur dari perpaduan tomat, lada, gula dan garam membuat setiap potongan daging terasa lebih nendang.

Cara membuat saus teak barbeque ini juga terbilang simple, bahan-bahan utama seperti saus tomat, minyak, lada, paprika dan rempah-rempah lainnya cukup diblender menjadi satu setelah itu sudah bisa disiapkan untuk dioleskan ke daging sebelum dan sesudah dipanggang.

2. Saus Blackpapper

Saus steak favorit kedua yakni blackpapper, saus dengan bahan baku utama lada hitam ini menjadi populer di kalangan penikmat steak dengan sensasi pedas yang membakar lidah. Untuk tingkat kematangan daging dengan saus blackpapper bisa disesuaikan dengan selera anda, tapi yang paling recomended yaitu dengan tingat kematangan daging medium, dengan tingkat kematangan ini potongan daging akan lebih juicy mengeluarkan sedikit air yang bercampur dengan bumbu dan saus lada hitamnya.

Untuk cara membuat saus steak lada hitam atau black papper ini anda terlebih dahulu harus menyiapkan bahan-bahan utamanya, seperti saus BBQ, lada hitam, garam, gula, margarin, tepung terigu dan bawang bombay, bahan-bahan tersebut selanjutnya ditumis hingga harum kemudian bisa langsung di tuang ke steak yang sudah dipanggang dengan dibaluri lada hitam.


3. Saus Sambal Matah

Jika anda masih kurang merasa tertantang dengan rasa pedas pada saus blackpapper saus steak sambal matah ini layak anda coba, cita rasa yang ditawarkan saus sambal matah ini cukup berbeda dibandingkan dengan jenis saus steak lain karena saus ini dibuat dengan bahan-bahan lokal yang sudah familiar dengan lidah orang Indonesia.

Untuk menemukannya memang agak sulit karena hanya restoran tertentu saja yang menyajikan pilihan saus ini. Kandungan rempah-rempah dan bumbunya yang sangat beragam membuat sensasi tersendiri ketika mengunyah dagingnya.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja