Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Bernutrisi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak



CAHYOGYA.COM - Kebahagiaan setiap orang tua adalah dapat menyaksikan buah hatinya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan pintar. Berbagai upaya terbaik sudah dilakukan sejak anak masih kecil. Bahkan sejak masih dalam kandungan pun ibu berusaha memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan supaya si kecil selalu sehat. Lebih dari itu, pemenuhan nutrisi ini merupakan salah satu cara menjadi anak pintar.



Makanan Bernutrisi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Cara menjadi anak pintar tidak terbatas pada hal-hal atau upaya yang dilakukan sang ibu ketika anak masih berada dalam kandungan. Jadi saat anak sudah lahir ke dunia pun orang tua harus kompak untuk merawat, melindungi dan mendampingi setiap masa tumbuh kembangnya. Hal ini merupakan proses lanjutan dan keharusan bagi setiap orang tua agar kelak si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang membanggakan.

Supaya anak senantiasa sehat dan tumbuh menjadi anak pintar, Anda juga harus konsen memperhatikan setiap nutrisi yang diberikan pada si kecil. Apakah nutrisi yang dibutuhkan sama seperti yang Anda berikan saat anak masih dalam kandungan? Tentu saja berbeda, sebab dalam setiap pertambahan usianya, anak juga membutuhkan nutrisi-nutrisi tertentu agar daya tumbuh kembangnya berlangsung dengan optimal.

Berikut adalah sumber makanan terbaik yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Telur

Telur mengandung protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, harganya murah dan mudah didapatkan. Kendati mengandung kolestrol, namun telur juga memiliki kolin yang dapat membantu meningkatkan daya ingat si kecil.

Salmon

Ikan salmon memiliki asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) dan nutrisi ini baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Anak yang diberi lemak omega-3 ini akan mempunyai kinerja pikiran yang lebih tajam.

Oat

Oat menjadi sumber nutrisi yang penting untuk otak anak. Oat ini umumnya dijadikan menu sarapan pagi karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat mendukung aktivitas anak untuk mengawali hari. Oat mengandung potasium, seng, vitamin B, dan vitamin E yang baik untuk memaksimalkan fungsi tubuh dan otak.

Daging Sapi

Untuk meningkatkan daya konsentrasi anak dan memastikan bahwa anak memiliki energi yang cukup untuk menjalankan kegiatan belajar di sekolah, Anda bisa membawakan bekal makanan atau sarapan berupa olahan daging sapi tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak ini kaya akan zat besi dan zat seng yang juga berperan meningkatkan memori otak anak.

Gandum

Agar otak berfungsi normal, maka dibutuhkan suplai glukosa dari tubuh dan sifatnya stabil. Nah, untuk memenuhinya Anda bisa memberikan gandum pada anak. Serat yang dimilikinya berperan membantu melepaskan glukosa dalam tubuh. Selain itu gandum juga kaya akan vitamin B yang dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf.

Sayur-Sayuran

Berikan sayuran berwarna pada menu harian anak. Bayam, tomat, wortel, ubi jalar, dan labu adalah beberapa sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi serta antioksidan yang akan membantu meningkatkan sistem imun dan membuat sel otak menjadi lebih kuat dan sehat. Itulah beberapa sumber makanan yang disarankan diberikan pada anak sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi individu yang pintar. Sumber-sumber makanan di atas sangat mudah untuk didapatkan, oleh karena itu pastikan Anda memberikannya kepada si kecil secara berkesinambungan sehingga nutrisi tubuh yang dibutuhkan selalu terpenuhi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.




Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja