Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kecerdasan Kinestetik



CAHYOGYA.COM - Kecerdasan kinestetik adalah salah satu kecerdasan atau gaya belajar yang unik. Unik karena memang tidak semua anak mempunyai kecerdasan ini. Meski begitu, setiap anak terlahir hebat dengan masing-masing kecerdasan yang dimilikinya. Namun untuk kecerdasan kinestetik ini sering menjadi pusat perhatian karena si kecil dengan kecerdasan ini cenderung tidak bisa diam karena saking aktifnya.

Mengenal Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kecerdasan Kinestetik

Ya, anak dengan kecerdasan kinestetik atau mover ini umumnya unggul dalam bidang seni dan olahraga. Jadi mereka lebih mendominasi gerak tubuh seperti dengan berakting, menari, atau jenis olahraga-olahraga lainnya.

Bukan hanya itu saja, anak dengan tipe kecerdasan ini juga berpotensi mengembangkan diri sebagai seorang ahli bedah, mekanik maupun dokter gigi.

Sayangnya, sampai hari ini masih banyak orang tua yang kurang mengerti tentang tipe kecerdasan yang dimiliki buah hatinya. Untuk itu penting bagi Anda untuk menyimak ulasan di bawah ini agar tahu apa saja yang menjadi ciri-ciri anak yang mempunyai kecerdasan kinestetik.

Tidak Bisa Duduk dengan Tenang

Karena disebut mover, itu artinya anak dengan kecerdasan tipe ini cenderung aktif bergerak. Alhasil si kecil sangat sulit duduk dengan tenang. Sekalinya duduk, pasti ada saja bagian tubuh yang digerak-gerakkan. Seperti mengayunkan kaki atau mengutak-atik benda-benda yang ada di dekatnya.

Lebih dari itu, perilaku seperti ini juga diakibatkan besarnya energi yang dimiliki sehingga terkesan meluap-luap dan sulit untuk dibendung. Jadi jangan heran jika anak akan berlari-larian lagi meski baru satu menit duduk. Mungkin anak Anda merupakan anak dengan kecerdasan kinestetik.

Sangat Aktif, Selalu Bergerak

Selain tidak bisa duduk dengan tenang, anak dengan kecerdasan kinestetik ini juga cenderung aktif (selalu bergerak). Bahkan Anda yang melihatnya saja bisa merasa capek karena anak terus-menerus bergerak dan berlarian kesana kemari namun ajaibnya si kecil justru kian lincah bergerak. Apabila Anda menemukan tanda-tanda ini pada anak, Anda sebaiknya memaklumi karena bisa saja si kecil memang memiliki kecerdasan kinestetik.

Lebih dari itu kondisi ini sebenarnya wajar jika Anda temukan pada anak. Anak dengan kecerdasan kinestetik tinggi ini memiliki hormon dalam tubuh dan berperan menjadi suplay energi sehingga anak sangat aktif bergerak tanpa lelah. Bahkan ketika capek pun mereka tidak benar-benar diam dan istirahat. Diamnya mereka ya ketika sedang tidur saja.

Mahir Mengikuti Gerakan Orang Lain

Anak kecil memang akrab dengan sebutan peniru ulung. Tapi ternyata sebutan ini juga disematkan pada anak yang tumbuh dengan kecerdasan kinestetik. Anak dengan tipe kecerdasan ini cukup mahir merekam dan menirukan setiap gerakan yang dilihatnya.

Bahkan sekalipun sedang menonton tv pun mereka tidak enggan untuk berdiri dan menirukan apa yang dilihatnya di tv. Anak memiliki energi yang besar dan melupa-luap, dan karena tidak tahu harus begerak seperti apa, akhirnya anak menirukan apa-apa yang dilakukan orang lain di dekatnya. Ingin Terlibat dalam Proses Belajar

Mungkin dulu sewaktu sekolah Anda adalah murid yang bisa duduk dengan tenang ketika menyimak penjelasan guru. Tapi berbeda jika anak Anda memiliki kecerdasan kinestetik, mereka akan lebih belajar di ruangan yang ramai dan menyukai keterlibatan mereka dalam kegiatan belajar tersebut.

Anak dengan kecerdasan kinestetik juga mudah menerima pelajaran yang disajikan dalam bentuk visual atau peragaan. Mereka pun akan sangat bersemangat untuk meniru apa yang dilihat dan diperagakan.

Demikianlah beberapa ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan kinestetik. Pastikan Anda tahu betul tentang kecerdasan tipe ini sehingga dapat mendampingi dan membantu anak mengembangkan potensi kecerdasan kinestetik tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja