Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Hidup Hemat di Jakarta Agar Pengeluaran Tidak Membengkak


CAHYOGY.COM - Jakarta bukan hanya sekedar ibu kota Indonesia, namun juga episentrum kebudayaan dan ekonomi Indonesia. Jakarta merupakan representasi Indonesia yang sebenarnya, dimana berbagai kebudayaan muncul di Jakarta seperti Betawi, Sunda, Padang, Ambon, Chinesse, dan lainnya. Tak hanya itu, Jakarta juga merupakan pusat bisnis, informasi, dan juga entertainment, sehingga tak mengherankan jika orang-orang berlomba-lomba tinggal di Jakarta. Sayangnya, hidup di Jakarta tidaklah mudah. Selain persaingan yang sangat ketat, biaya hidup di Jakarta juga lumayan tinggi. Nah bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan kesulitan menghemat uang, sebaiknya kamu cek 5 tips hidup hemat di Jakarta berikut ini.

Jakarta

1. Hati-hati dengan Pengeluaran Makan

Jakarta merupakan kota megapolitan sehingga kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan high-class. Godaan yang begitu menggebu-gebu biasanya membuat seseorang khilaf dan akhirnya makan di restoran atau kafe yang harga makanannya lumayan mahal. Jika kamu tinggal di Jakarta dan ingin berhemat, sebaiknya lebih berhati-hati saat membelanjakan uang untuk makan. Agar lebih aman, sebaiknya kamu makan di kafe atau restoran sekali dalam seminggu. Untuk sehari-hari, sebaiknya kamu buat sendiri makanan di rumah. Dengan memasak di rumah, kamu bisa menghemat budget bulanan hingga berkali-kali lipat. Hindari menggunakan aplikasi ojek online untuk memesan makanan, karena biayanya pasti akan mahal sekali. Jika kamu tak bisa masak, kamu bisa mengandalkan beberapa tutorial masak di Google atau YouTube.

2. Pilihlah Moda Transportasi Umum

Jakarta merupakan salah satu kota dengan tingkat kemacetan tertinggi. Menggunakan kendaraan pribadi untuk transportasi, rasa-rasanya bukan pilihan yang tepat. Selain terjebak macet, kamu ‘pun mesti mengeluarkan biaya bahan bakar yang lumayan mahal. Opsi transportasi paling cepat, tepat, dan murah tentunya dengan menggunakan moda transportasi umum. Terdapat beberapa moda transportasi yang bisa kamu gunakan seperti ojek online/pangkalan, taxi, mikrolet, busway, dan lainnya. Namun agar lebih hemat, sebaiknya pilih moda transportasi yang paling murah. Jakarta mempunyai layanan transportasi bernama OK-Trip, dimana kamu bisa mengelilingi seluruh kawasan di Jakarta dengan biaya hanya 5000 rupiah saja.

3. Pilihlah Tempat Tinggal yang Tepat

Jika kamu bukan orang asli Jakarta dan tidak mempunyai rumah di Jakarta, maka kamu mesti mencari tempat tinggal yang tepat. Untuk menghemat budget, sebaiknya hindari memilih apartemen sebagai tempat tinggal, karena harganya lumayan menguras kantong. Sebaiknya cari tempat kost yang harga bulanannya tidak terlalu mahal, yang penting ruangannya nyaman dan punya fitur-fitur penting seperti kamar mandi, pendingin ruangan, lemari, dan kasur. Khususnya bagi kamu yang kerja di Jakarta, sebaiknya jangan jadikan tempat penginapan ini sebagai fokus pengeluaran kamu. Pagi hari sampai sore, tentunya kamu berada di kantor. Dan pada malam hari, kamu bisa hangout bersama teman. Jadi tempat penginapan ini hanya digunakan sebagai tempat tidur saja, jadi pilihlah yang paling murah.

4. Alihkan Kebiasaan Shopping ke Dunia Online

Jika kamu tinggal di Jakarta dan ingin berhemat, sebaiknya hindari shopping di mall atau supermarket. Mengapa? Pertama, karena kamu mesti keluar biaya transportasi dan juga pasti terjebak macet. Kedua, kamu bakalan kesulitan menemukan diskon dan voucher. Opsi paling tepat jika kamu berhemat yaitu dengan mengalihkan kebiasaan shopping ke dunia online. Kamu bisa menemukan banyak sekali marketplace yang menawarkan kode voucher, salah satunya yaitu Lazada Indonesia. Dapatkan kode voucher Lazada Indonesia di beberapa situs yang menawarkan promo Lazada atau kamu bisa langsung mencarinya di situs Lazada.

5. Perbanyak Koneksi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jakarta merupakan kota dengan persaingan yang sangat ketat. Jadi kamu mesti mencari koneksi sebanyak-banyaknya agar kamu mampu melihat peluang lebih banyak lagi. Jika kamu memiliki banyak koneksi, maka rejekimu pasti lancar setiap bulannya. Jadi jangan malas-malas silaturahmi ya.

Bagi kamu yang ingin tinggal lebih lama di Jakarta, sebaiknya perhatikan pengeluranmu ya. Hidup di Jakarta sepintas memang terlihat menyenangkan. Namun jika kamu tidak mampu berhemat, maka kamu akan kesulitan hidup dengan nyaman di Jakarta.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja