Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Kreasi Minuman Teh Ala Cafe di Rumah



CAHYOGYA.COM - Teh, siapa yang tidak sudah dengan minuman segar yang satu ini? Selain harganya terjangkau dan mudah untuk didapatkan cita rasa teh yang ringan dan menyegarkan membuat setiap orang tidak pernah merasa bosan dengan rasanya.

Teh

Di Indonesia sendiri teh menjadi salah satu komoditas perkebunan yang cukup serius dikembangkan sejak jaman penjajahan, bahkan bisa dibilang sebagian besar kebun teh yang ada di Indonesia saat ini merupakan hasil dari peninggalan Belanda. Hmm.. bisa dibayangkan sudah berapa juta ton daun teh yang dihasilkan. Teh hasil produksi dalam negeri juga banyak diekspor untuk memenuhi kebutuhan pasar internasional.

Saya sendiri tidak ingat kapan pertama kali mencoba minuman ini, mungkin sudah sejak masih balita kali ya mengingat di keluarga saya hampir setiap hari tidak pernah absen untuk menyeduh teh. Meskipun sudah selama itu anehnya saya juga termasuk dalam golongan orang-orang yang tidak pernah merasa bosan dengan cita rasa teh baik dingin maupun hangat.

Beberapa kali saya mencoba aneka resep minuman berbahan dasar teh, ada yang saya suka tapi ada juga yang saya kurang suka karena rasanya jadi aneh dan menurut saya rasa tehnya malah jadi hilang. Salah satu resep minuman teh yang paling berkesan yaitu thai tea (teh dari Thailand) teh ini memang belum begitu populer di Indonesia, tempat yang menjualnya pun masih terbatas di cafe atau restoran, selain menggunakan bahan dasar dari daun teh, thai tea ini dibuat dan disajikan dengan campuran rempah-rempah yang salah satunya dikenal dengan nama buah tamarind, buah tamarind ini menambahkan sedikit sensasi rasa asam kedalam teh.

Di Jogja sendiri thai tea tersedia di Tea Factory yang berada di daerah Bumijo tidak jauh dari kawasan Tugu Jogja, harganya sekitar Rp 15 ribu - Rp 20 ribu. Karena penasaran saya pun sempat beberapa kali bereksperimen untuk membuat minuman thai tea sendiri di rumah dengan berbekal panduan resep yang di dapat dari hasil googling, hehe.

Untuk membuat thai tea sendiri langkah-langkahnya tidak terlalu sulit yang lumayan bikin pusing itu waktu cari bahan-bahannya, yang terdiri dari teh hitam, evaporate milk, kayu manis dan bunga lawang, bahan yang terakhir ini yang bikin saya pusing karena saya nggak tau tempat belinya dimana. Akhirnya setelah cari-cari info di internet ternyata ada juga yang menjual bunga lawang ini, harga per kilonya kalau tidak salah dulu sekitar Rp 100 ribu.

Setelah semua bahan-bahan sudah di dapat tahap selanjutnya tinggal membuat thai tea sesuai dengan petunjuk yang ada pada resep. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

Pertama, seduh beberapa kantung teh hitam di dalam teko atau gelas dengan air panas, Biarkan selama kurang lebih 15-30 menit hingga warna seduhan teh menjadi pekat. Setelah dirasa sudah cukup tuangkan kedalam gelas sampai 3/4 gelas tambahkan juga gula pasir sesuai selera.

Kedua, tambahkan evaporated milk kedalam gelas hingga terisi penuh dan aduk hingga merata. Kemudian masukkan bunga lawang dan kayu manis untuk menghadirkan cita rasa rempah-rempah di dalamnya. Terakhir, agar semakin nikmat tambahkan juga es batu kedalam thai tea sebelum dihidangkan.

Selamat mencoba.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja