Mengenal Manfaat Search Engine Optimization (SEO) Untuk Bisnis



CAHYOGYA.COM - Bagi sebagian orang yang sudah akrab dengan blog dan website tentu sudah sangat paham betul mengenai apa itu Search Engine Optimization (SEO). Pada dasarnya SEO merupakan sebuah metode atau teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah halaman blog atau website dengan tujuan agar memperoleh peringkat yang baik di mesin pencari, sehingga halaman tersebut mudah ditemukan oleh pencari informasi.

Mesin pencari ini yang paling umum yaitu Google, selain itu ada Bing, yandex dan Baidu. Di Indonesia biasanya banyak orang menggunakan Google sebagai mesin pencari utama untuk mencari informasi apapun yang mereka butuhkan melalui internet. Bagi Anda yang belum cukup familiar dengan dunia website atau Internet Marketing, untuk bisa tampil di halaman awal Google dalam pencarian dengan topik tertentu diperlukan usaha yang tidak mudah, dalam beberapa pencarian dengan topik hotel misalnya, jutaan halaman website dan blog saling berlomba untuk bisa tampil pada daftar teratas dan itu tentu saja tidaklah mudah.

Akan tetapi ketika halaman website kita bisa masuk kedalam halaman awal sebuah mesin pencari dan informasi yang kita berikan tersebut relevan, ini akan memberikan banyak manfaat bagi kita dan pengunjung, berikut selengkapnya.

Manfaat SEO untuk bisnis

Mengenal Manfaat Search Engine Optimization (SEO) Untuk Bisnis

1. Memudahkan Menyampaikan Informasi ke Kosumen atau Calon Konsumen

Di zaman yang seba terkoneksi dengan internet ini, orang-orang sudah terbiasa untuk melakukan riset produk atau mencari informasi melalui internet, tidak terkecuali dengan komsumen produk Anda. Mungkin saja ada satu atau dua konsumen Anda yang membutuhkan informasi tentang panduan cara penggunaan produk atau informasi kandungan gizi, jika website bisnis Anda dikelola dengan baik dengan prinsip-prinsip SEO maka informasi yang ada di website tersebut bisa mudah ditemukan oleh konsumen.

2. Membantu Membangun Brand Awarness

Jauh sebelum era digital dan internet dikenal, perusahaan dulu membangun brand Awarness melalui media masa, seperti iklan televisi, media cetak, radio dan billboard. Media tradisional tersebut memang terbukti cukup ampuh namun tidak terlalu efisien, karena biayanya relatif mahal dan informasi yang bisa disampaikan sangat terbatas. Dengan adanya website atau blog yang sudah dioptialkan dengan prinsip-prinsip SEO maka budget yang dikeluarkan perusahaan akan jauh lebih rendah dari membangun brand awarness melalui media tradisional. Hasilnya hal ini juga membantu membangun brand awarness dari bisnis-bisnis dengan skala menengah sampai mikro sekalipun.

3. Menjaring Calon Konsumen

Selain bisa membangun brand awarness mengoptimalkan nilai SEO pada website bisnis juga bisa meningkatkan engagement yang mengarah ke penjualan produk. Bayangkan saja jika setelah dioptimasi oleh jasa seo Indonesia website bisnis Anda bisa muncul di halaman pertama dan memperoleh banyak pengunjung, selain brand Anda menjadi lebih dikenal Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berbagi promo atau diskon sehingga pengunjung yang datang ke website bisnis Anda tertarik untuk membeli produk.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Iklan atas artikel