Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Mudik Dengan Kereta Api? Ikuti Tips Berburu Tiket Kereta Api Berikut Ini



CAHYOGYA.COM - Bagi sebagian orang mudik menjadi salah satu kebiasaan rutin setiap lebaran untuk melepas kangen dan bersilaturahmi dengan keluarga jauh di kampung halaman yang jarang ditemui, sementara bagi sebagian orang lainnya mudik menjadi salah satu momen langka yang jarang bisa dilakukan meskipun hanya setahun sekali. Untuk tipe yang terakhir ini selain kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, waktu yang tidak bisa berkompromi, masalah keuangan menjadi kendala klasik yang sering kali menghambat keinginan ini.

Kereta api mudik

Kira-kira Anda masuk kategori tipe yang mana nih? Kalau saya sendiri sih termasuk tipe yang pertama. Untuk menyiasati agar tetap bisa pulang kampung atau liburan ke tempat-tempat wisata baru biasanya ada tips dan trik berburu tiket yang selama ini saya lakukan. Maklum, disela-sela melanjutkan studi saat ini masih cukup banyak waktu luang, sehingga masih bisa pergi kesana kemari tanpa beban dan tanggungan, hehe.

Tips dan trik berburu tiket kereta api murah yang biasa saya terapkan ini bisa dibilang tidak selalu bisa digunakan secara optimal, karena berkaitan dengan waktu, kesabaran serta sedikit keberuntungan. Untuk orang-orang yang tidak punya semua skill itu sih saya sarankan untuk rajin bekerja dan rajin berdoa agar punya budget berlebih untuk bisa mudik ataupun liburan ke tempat manapun yang diinginkan.

Oke, kembali ke topik pembahasan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trik mudik murah dengan Kereta Api. Salah satu transportasi publik yang paling populer digunakan untuk berpergian jauh ini dipilih karena bisa menjangkau hampir seluruh daerah di pulau Jawa. Apalagi saat ini layanan PT Kereta Api Indonesia sudah berubah total, dari dulu yang masih terbilang pas-pasan, kini layanannya sudah relatif lebih baik, bahkan untuk ukuran kereta api kelas ekonomi sekalipun.

Banyaknya peminat pembeli tiket kereta api seringkali membuat persaingan umtuk membeli tiket semakin ketat, terutama saat mudik lebaran. Padahal Tiket Kereta Mudik ini biasanya sudah ditambah beberapa persen dari kuota normal yang disediakan oleh PT KAI. Nah, bagi Anda yang tidak ingin kehabisan bisa ikuti tips dan trik berikut ini.

1. Siapkan Koneksi Internet Yang Stabil

Mulai beberapa tahun belakangan ini PT Kereta Api Indonesia mulai mengoptimalkan jalur online untuk proses distribusi tiket. Untuk tiket offline atau "On the spot" masih dilayani sih, tapi untuk penjualan tiket kereta api mudik biasanya lebih cepat dipesan secara online. Agar tidak ketinggalan Anda harus menyiapkan koneksi internet yang stabil, tidak harus kencang yang penting sinyalnya penuh dan tidak putus-putus saat digunakan untuk mengakses situs PT KAI.

2. Siapkan Identitas Data Diri

Bagi Anda yang ingin membeli tiket kereta api salah satu syarat pembeliannya yakni nomor KTP. Kemudian ada juga nama lengkap, alamat tempat tinggal, dan nomor telepho. Agar tidak memakan waktu lama mengisi data-data tersebut, sebelum penjualan dimulai siapkan data-data tersebut ke dalam notepad atau catatan yang sudah diketik, lalu saat dibutuhkan tinggal copy-paste data-data tersebut ke kolom situs pemesanan PT KAI. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk kebagian tiket kereta apai yang dijual, serta mengurangi kesalahan pengetikan akibat terburu-buru input data.

3. Tunggu Tiket Expired

Pada umumnya tiket kereta api mudik di jual mulai pukul 00.01 WIB. Untuk Anda yang sudah terbiasa berburu tiket mudik pasti sudah sangat paham jika tiket ini akan ludes terjual dalam beberapa menit saja. Sebagai informasi, tiket yang berhasil dipesan tersebut ada masa expired atau kadaluarsanya, tiket akan kadaluarsa jika tidak dibayar dalam batas waktu tertentu. Khusus untuk tiket mudik biasanya masa expirednya 1 sampai 2 jam saja, jadi jika Anda tidak kebagian tiket pada pukul 00.01 WIB coba cek lagi ketersediaan tiket pada jam 01.00 - 02.00 WIB karena tiket yang tidak sempat dibayar bisa langsung Anda beli.

4. Bayar via Internet Banking

Katakanlah Anda cukup beruntung dan sudah berhasil memesan tiket kereta api mudik lewat situs PT KAI maupun aplikasi KAI Access. Agar tiket tersebut tidak hangus Anda harus segera membayar tagihan tiket tersebut. Cara yang paling cepat dan efisien yaitu melalui Internet Banking atau SMS Banking, selain tidak perlu keluar rumah di tengah malam metode pembayaran ini juga mudah digunakan untuk siapa saja. Sementara itu opsi lain yakni bayar via jaringan minimarket atau lewat ATM.

5. Manfaatkan Tiket Prioritas

Opsi terakhir jika benar-benar kehabisa tiket kereta api reguler yakni memanfaatkan tiket prioritas. Harganya memang jauh lebih mahal hingga 2 kali lipat dari tiket biasa, tapi persaingan untuk membeli tiket ini lebih sedikit sehingga peluang untuk mendapatkan tiket pulang kampung semakin besar.

PT KAI sendiri sudah mulai menjual tiket mudik mulai bulan ini, jadi bagi Anda yang berencana mudik tahun ini jangan sampai ketinggalan ya. Semoga beruntung


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja